Sekolah Tatap Muka di Kabupaten Madiun Dilangsungkan Januari 2021

Instansi terkait sudah melakukan pembahasan

Madiun, IDN Times – Pemkab Madiun berencana melangsungkan kembali sekolah tatap muka pada Januari atau semester genap tahun tahun ajaran 2020/2021. Rencana itu telah dibahas antar instansi terkait, seperti Sekretariat Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Kementerian Agama, dan perwakilan SD/SMP di Kabupaten Madiun. “Kami mengacu pada SKB (Surat Keputusan Bersama) 4 Menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemik COVID-19,” kata Sekda Kabupaten Madiun Tontro Pahlawanto, Sabtu (12/12/2020).

1. Pihak sekolah diharuskan menerapkan protokol kesehatan

Sekolah Tatap Muka di Kabupaten Madiun Dilangsungkan Januari 2021Fasilitas wastafel harus tersedia di sekolah. IDN Times/Nofi

SKB itu diteken Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. Di dalamnya, menjelaskan tentang teknis sekolah tatap muka, salah satunya tentang keharusan mematuhi protokol kesehatan di masing-masing sekolah.

“Pemkab juga telah menginstrusikan kepada seluruh sekolah untuk mempersiapkan secara teknis, sarana dan prasarana protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka,” ia menjelaskan.

2. Rapid test masal bakal digelar

Sekolah Tatap Muka di Kabupaten Madiun Dilangsungkan Januari 2021Ilustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Madiun, Pudji Wahyu Widodo mengatakan bahwa sebelum sekolah tatap muka kembali dilangsungkan pihak orang tua dan sekolah harus menyepakati aturan kegiatan.

Pihak orang tua menandatangani surat izin bagi anaknya untuk mengikuti pembelajaran langsung yang dikirimkan sekolah. “Kami juga akan melakukan rapid test bagi seluruh guru dan murid,” ujar Widodo dihubungi terpisah.

Baca Juga: Semangati Para Siswa, Risma Jadi Guru IPS di Sekolah Tatap Muka

3. Simulasi sekolah tatap muka telah dilangsungkan

Sekolah Tatap Muka di Kabupaten Madiun Dilangsungkan Januari 2021Pembelajaran tatap muka di Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofik

Nantinya, rapid test COVID-19 bakal diikuti sekitar 75 guru dan murid SD/SMP yang ada di Kabupaten Madiun. Apabila hasilnya non reaktif, maka sekolah yang bersangkutan dapat melangsungkan kembali pembelajaran tatap muka. Namun, apabila sebaliknya harus ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Widodo lantas menjelaskan persiapan yang telah dilakukan untuk kegiatan pembelajaran tatap muka. Menurut dia, sejak beberapa hari lalu simulasi telah dilakukan pihak sekolah. Siswa di masing-masing sekolah mengikutinya secara bergilir. 

Baca Juga: Diduga Sudah Meninggal 4 Hari, Pria di Kota Madiun Ditemukan Membusuk

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya