Paslon Tunggal di Pilkada Ngawi Targetkan 90 Persen Suara

Harapkan swing voters berubah

Ngawi, IDN Times - Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar-Dwi Rianto Jatmiko optimistis dapat mengalahkan 'kotak kosong' dalam pilkada serentak, Rabu (9/12/2020). Pasangan calon tunggal ini bahkan menargetkan kemenangan lebih dari 90 persen.

"Dari hasil survei kemarin, perolehan suara kami 86 persen dan swing voters-nya 9 persen. Target kami yang swing voters bisa berubah dan  perolehan suara kami bisa di atas 90 persen," kata Ony usai mencoblos di TPS 07 Kelurahan Margomulyo, Kecamatan/Kabupaten Ngawi. 

1. Belum dapat memprediksi penghitungan secara manual

Paslon Tunggal di Pilkada Ngawi Targetkan 90 Persen SuaraCabup Ngawi Ony Anwar tunjukkan surat suara. IDN Times/Nofik

Namun, pria yang menjabat sebagai wakil bupati selama dua periode mendampingi bupati Budi Sulistyono (periode 2010-2015, 2015 - 2020) ini tidak menyebut nama lembaga survei yang dimaksud. Mereka hanya menjadikan hasil survei sebagai salah satu alternatif mengukur suara yang diperoleh.

"Kami belum bisa memprediksi jumlah suaranya, karena belum dihitung (ditingkat TPS)," ujar pria yang memiliki latar belakang pengusaha ini. Ony pun mengaku lebih memilih menunggu penghitungan di tingkat TPS. Dari situ setidaknya dapat diketahui perkiraan total  perolehan suara berdasarkan rekapitukasi di beberapa TPS  lain. 

2. Dukungan penuh untuk pasangan ini 

Paslon Tunggal di Pilkada Ngawi Targetkan 90 Persen SuaraIlustrasi Tolak Isu SARA (IDN Times/Mardya Shakti)

Wajar saja jika mereka cukup optimistis dan menargetkan suara mutlak. Pasangan ini didukung oleh sepuluh partai pengusung dan pendukung. Partai-partai itu adalah PDIP, Golkar, PKB, Gerindra, PKS, PAN, NasDem, (Hanura), dan Partai Demokrat. Partai itu menguasai 45 atau keseluruhan kursi DPRD Ngawi. Selain itu, mereka juga mendapat restu dari kalangan pondok pesantren se-Kabupaten Ngawi, tokoh masyarakat, dan komunitas lainnya.

Baca Juga: 625 Surat Suara di KPU Ngawi Rusak

3. Diawali dengan sungkem sebelum ke TPS

Paslon Tunggal di Pilkada Ngawi Targetkan 90 Persen SuaraIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Meski mendapatkan dukungan dari semua partai yang ada di DPRD, Ony mengaku tidak meninggalkan tradisi Jawa. Ia menyempatkan untuk sungkem untuk memohon restu kepada kedua orangtuanya yang bernama Harsono dan Ulfainun Maisyaroh. 

Iya (tadi saya sungkem kepada bapak dan ibu)," ujar Ony.

Baca Juga: KPU Ngawi Kekurangan 1.168 Surat Suara untuk Pilkada

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya