Mapolsek hingga Tempat Ibadah di Blitar Rusak Terdampak Gempa

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa gempa ini

Blitar, IDN Times - Ratusan bangunan di Kabupaten Blitar mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi Jumat (21/5/2021) malam. Gempa dengan kekuatan 6,2 magnitudo ini berpusat di 57 Km tenggara Kabupaten Blitar. Berdasarkan data yang dilansir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Mayoritas bangunan yang terdampak masuk dalam kategori rusak ringan.

1. Bangunan rusak tersebar di 15 kecamatan

Mapolsek hingga Tempat Ibadah di Blitar Rusak Terdampak GempaBangunan terdampak gempa di Blitar. IDN Times/ istimewa

Kalaksa BPBD Kabupaten Blitar, Ahmad Cholik menjelaskan berdasarkan pendataan terakhir, terdapat 112 bangunan yang terdampak akibat gempa ini. Bangunan yang rusak tersebut tersebar di 15 Kecamatan di antaranya Bakung, Binangun, Kanigoro, Kesamben dan Wates.

Kerusakan paling banyak terjadi di wilayah Kecamatan Pangungrejo, Wates dan Kesamben. Dari jumlah bangunan yang rusak ini, satu bangunan masuk kategori rusak berat, 4 rusak sedang dan lainnya rusak ringan. "Kerusakan rata rata seperti genteng melorot dan plafon jebol kalau yang rusak ada dapur yang roboh," ujarnya, Sabtu (22/5/2021).

Baca Juga: BMKG: Gempa Blitar Dipicu Subduksi Lempeng Indo-Australia  

2. Tempat Ibadah dan Mapolsek juga rusak ringan

Mapolsek hingga Tempat Ibadah di Blitar Rusak Terdampak GempaBangunan terdampak gempa di Blitar. IDN Times/ istimewa

Selain rumah, terdapat dua tempat ibadah dan satu Puskesmas yang mengalami rusak ringan. Atap plafon di Polsek Wates juga ambrol akibat gempa ini. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Satu orang mengalami luka karena kejatuhan genting, namun saat ini kondisinya sudah membaik setelah sempat mendapatkan perawatan. " Tidak ada korban jiwa, ada satu korban luka ringan saja," imbuhnya.

3. BPBD lakukan kajian dan siapkan bantuan

Mapolsek hingga Tempat Ibadah di Blitar Rusak Terdampak GempaBangunan terdampak gempa di Blitar. IDN Times/ istimewa

Hingga saat ini BPBD terus melakukan pemantauan terhadap dampak gempa tersebut. Mereka terus berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk mendata total jumlah bangunan rusak. BPBD juga akan segera melakukan kajian untuk menentukan kebutuhan pasca gempa.

"Sementara untuk kondisi darurat kita akan memberikan bantuan sembako ke korban terdampak," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Blitar Terasa Hingga Surabaya dan Sidoarjo

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya