Comscore Tracker

Terima Logistik Pilkada, KPU Kab.Malang Langsung Lakukan Penyortiran

Sortir dan lipat perlu waktu 4-5 hari

Malang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang telah menerima logistik untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang. Logistik sendiri terdiri atas kotak suara, alat coblos dan surat suara.

Total surat suara yang diterima oleh KPU Kabupaten Malang adalah sebanyak 2.055.464 lembar. Setelah menerima logistik tersebut, KPU kini mulai melakukan penghitungan dan pelipatan surat suara sebelum nantinya mulai didistribusikan ke setiap kecamatan. 

1. Sortir dan lipat perlu waktu 4-5 hari

Terima Logistik Pilkada, KPU Kab.Malang Langsung Lakukan PenyortiranKotak suara sudah tiba di KPU Kabupaten Malang. Dok/istimewa

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini menjelaskan bahwa setelah tiba, logistik tersebut kini dalam tahap pemeriksaan dan penghitungan di gudang KPU Kabupaten Malang. Sementara, untuk surat suara juga akan dilakukan penyortiran serta pelipatan. Ia menyebut bahwa untuk proses tersebut memerlukan waktu 4-5 hari hingga semua selesai dan siap untuk didistribusikan. 

"Paling tidak target kami dalam 4-5 hari prpses penyortiran dan pelipatan selesai," terangnya Kamis (26/11/2020).

2. Tetap kedepankan protokol kesehatan

Terima Logistik Pilkada, KPU Kab.Malang Langsung Lakukan PenyortiranLogistik pilkada Kabupaten Malang sudah berada di gudang KPU. Dok/istimewa

Selama proses pelipatan dan penyortiran, KPU Kabupaten Malang tetap mengedepankan protokol kesehatan. Petugas yang melakukan penyortiran dan pelipatan diberikan jarak satu meter tiap meja agar lebih aman Namun demikian, KPU tidak akan melakukan penyemprotan disinfektan lantaran bisa berpotensi merusak logistik pemilu.

"Tidak bisa sembarangan melakukannya. Karena masih pandemik, tentu harus mengedepankan protokol COVID-19," tambahnya. 

3. Mulai distribusi awal Desember

Terima Logistik Pilkada, KPU Kab.Malang Langsung Lakukan PenyortiranSurat suara pilkada Kabupaten Malang sudah berada di gudang KPU. Dok/istimewa

Untuk distribusi sendiri rencananya bakal mulai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 6 Desember mendatang. Setelah itu, secara bertahap pada tanggal 7 dan 8 Desember, logistik bakal didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sebelum semua proses distribusi dilakukan terlebih dahulu kelengkapan logistik diepriksa untuk memastikan tidak ada yang kurang. 

"Untuk logistik kotak suara sudah semua ter-setting. Beberapa logistik ada yang di dalam kotak juga ada yang di luar kotak," sambungnya. 

Baca Juga: Nabilah Vadaq, Arek Malang yang Dapat 5 Yes di Indonesian Idol! 

4. Juga terima logistik APD

Terima Logistik Pilkada, KPU Kab.Malang Langsung Lakukan PenyortiranLogistik pilkada Kabupaten Malang sudah berada di gudang KPU. Dok/istimewa

Selain logistik untuk Pilkada, KPU Kabupaten Malang juga menerima logistik berupa Alat Pelindung Diri (APD). Rinciannya, hand sanitizer sejumlah 5.554 botol, sabun cuci tangan sebanyak 5.554 botol, dan disinfektan sebanyak 5.977 liter. Lalu masker kain sebanyak 20.832 buah, kemudian sarung tangan plastik 2.003.608 pasang, tissue 20.452 pak, kantong plastik tempat sampah 10.943 buah, face shield 47.595 buah, sprayer 4.999 unit dan fasilitas cuci tangan sebanyak 9.998 paket.

Selain itu, KPU juga menyediakan baju hazmat untuk masing-masing TPS satu buah. Baju hazmat tersebut sebagai antisipasi manakala ada pemilih yang sedang isolasi mandiri atau sedang dirawat di rumah sakit.

"Saat ini yang sudah diturunkan ke PPK adalah logistik APD. Semua kecamatan sudah selesai mulai tanggal 23 kemarin 24 November kemarin," tandasnya. 

Baca Juga: Soal Penundaan Pilkada, KPU Malang : Kami Ikut Instruksi Pusat  

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul KPU Kabupaten Malang Mulai Terima Logistik Pilkada  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya