Kembangkan Bumdes Kabupaten Malang, LADUB Siapkan Si Bumbu Malang  

Si Bumbu Malang, program kerja sama Bumdes dan pemerintah 

Malang, IDN Times - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Malang nomor urut dua, Lathifah Shohib - Didik Budi Muljono (LADUB) siapkan sejumlah program pembangunan untuk Kabupaten Malang. Program-program yang disiapkan tersebut terfokus pada beberapa bidang.

Khusus untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), mereka menyiapkan program Si Bumbu Malang (Koalisi Bumdes Kabupaten Malang). Program tersebut adalah kolaborasi antar Bumdes di Kabupaten Malang dengan pemerintah dan juga pihak swasta dengan tujuan menggenjot perkonomian desa dengan Bumdes berskala lebih besar dan nilai tawar lebih tinggi. 

1. Koalisi antar Bumdes penting

Kembangkan Bumdes Kabupaten Malang, LADUB Siapkan Si Bumbu Malang  Lathifah- Didik Budi Muljono saat pendaftaran bacabup dan bacawabup di KPU Kabupaten Malang beberapa waktu lalu. IDN Times/Alfi Ramadan

Lathifah dalam penjelasannya mengatakan bahwa koalisi antar Bumdes akan bernilai penting. Utamanya untuk mempercepat pergerakan perekonomian di Kabupaten Malang. Jika program tersebut bisa berjalan, maka juga akan mampu menjadi pendukung program satu desa satu produk unggulan. 

"Koalisi antar Bumdes ini tentu akan mempercepat perkembangan perekonomian di desa," terangnya saat debat kedua Pilkada Kabupaten Malang, Jumat (20/11/2020). 

2. Kembangkan BUMD satu data

Kembangkan Bumdes Kabupaten Malang, LADUB Siapkan Si Bumbu Malang  Paslon Lathifah-Didik menunjukkan nomor urut mereka usai undian di Gedung DPRD Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain koalisi Bumdes, Lathifah menambahkan bahwa pihaknya juga menyiapkan program lain yakni BUMD satu data berbasis online. Bentuknya adalah database BUMD untuk mempermudah pengambilan kebijakan, pemetaan sektor serta pengembangan. Terlebih, potensi masing-masing desa di Kabupaten Malang terutama wilayah dekat pantai memang perlu terus digenjot. 

3. Kembangkan koperasi wanita

Kembangkan Bumdes Kabupaten Malang, LADUB Siapkan Si Bumbu Malang  Lathifah Shohib saat pendaftaran calon kepala daerah di KPU Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk mendukung koalisi Bumdes dan BUMD, Lathifah menyebut bahwa pihaknya sudah menyiapkan program pengembangan koperasi wanita yang ada di setiap desa. Permodalan juga bakal dieprmudah dan akan diakomodir oleh bank daerah. 

"Bisa juga melalui BPR yang ada di daerah untuk mempermudah bantuan pinjaman modal," sambungnya. 

4. Setiap desa miliki potensi unggulan

Kembangkan Bumdes Kabupaten Malang, LADUB Siapkan Si Bumbu Malang  Paslon Lathifah-Didik menunjukkan simbol dua jari jempol telunjuk yang menjadi tagline mereka. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, calon Wakil Bupati Malang, Didik Budi Muljono menyebut bahwa setiap desa pasti memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Potensi itulah yang nantinya bakal dimaksimalkan oleh Bumdes. Terlebih, dalam situasi pandemik seperti saat ini, potensi produk unggulan tersebut harus digenjot dan dimaksimalkan. 

"Paling tidak harus ada sentra ekonomi untuk menampung produk unggulan tersebut," pungkasnya. 

Baca Juga: HC-Gunadi Siapkan Holding untuk Dampingi Bumdes di Kabupaten Malang

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya