Kecelakaan Kerja, Empat Pekerja Proyek RSI Unisma Tewas  

Korban tewas tertimpa lift proyek  

Malang, IDN Times - Sebuah insiden menyebabkan kecelakaan kerja terjadi di proyek pembangunan Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang. Empat orang pekerja proyek tewas setelah tertimpa lift proyek yang diduga putus tali slingnya.

Kejadian tersebut terjadi pada pada Selasa (8/9/2020) siang sekitar pukul 12.30 WIB saat pekerja akan kembali memulai aktifitas usai istirahat. 

1. Tali sling lift diduga putus

Kecelakaan Kerja, Empat Pekerja Proyek RSI Unisma Tewas  Kondisi RSI Unisma pasca kejadian empat pekerja tewas tertimpa lift proyek. Dok/Istimewa

Empat pekerja bangunan yang tewas tersebut tertimpa lift proyek diduga putus tali sling. Saat kejadian, keempat pekerja tersebut tepat berada di bawah lift. Kemudian secara tiba-tiba, lift tersebut terjatuh dan menimpa keempat pekerja itu.

Keempatnya langsung meninggal seketika di tempat kejadian. Pasca kejadian tersebut petugas tim evakuasi dari TRC Malang, BPBD, dan tenaga medis langsung mengevakuasi korban. Jenazah empat pekerja itu langsung dievakuasi dan dibawa masing-masing satu mobil ambulans ke RS Saiful Anwar, Kota Malang. Keempat korban tewas masing-masing adalah Agus Prataman asal Ngantang, Lukman asal Jabung, Subekti asal Jabung dan Kasianto warga Cokro, Pakis. 

2. Enam orang mengalami luka-luka

Kecelakaan Kerja, Empat Pekerja Proyek RSI Unisma Tewas  Petugas melakukan evakuasi korban dan dibawa ke RS Saiful Anwar. Dok/Istimewa

Selain empat korban meninggal, juga terdapat enam orang pekerja lain yang mengalami luka - luka. Mereka yang luka-luka juga dibawa ke RSSA untuk mendapatkan perawatam intensif. Usai kejadian tersebut, Kasatreskrim Polresta Malang Kota, AKP Azi Pratas Guspitu mengatakan bahwa kecelakaan kerja tersebut terindikasi karena adanya kelalaian manusia. Dalam hal ini adalah para pekerja proyek yang tengah menyelesaikan bangunan RSI Unisma itu. 

"Indikasinya memang ada human error. Tetapi secara detailnya kami belum tahu dan sedang mendalami kejadian ini. Kami juga akan mengumpulkan informasi dengan meminta keterangan saksi kejadian dari pengawas dan pekerja. Dugaan sementara slingnya putis," kata Azi, Selasa (8/9/2020). 

Baca Juga: Misi Kenalkan Budaya, Djoko Bentuk Cokelatnya Jadi Topeng Malang

3. Total 10 orang jadi korban

Kecelakaan Kerja, Empat Pekerja Proyek RSI Unisma Tewas  Kondisi RSI Unisma pasca kejadian empat pekerja tewas tertimpa lift proyek. Dok/Istimewa

Sejauh ini berdasar pemeriksaan di lapangan, Azi memastikan bahwa ada 10 pekerja yang menjadi korban. Empat orang menjadi korban tewas dan enam lainnya mengalami luka-luka. Para korban kini sudah mendapatkan perawatan di RSSA. Sementara untuk korban meninggal juga sudah dievakuasi untuk nantinya diserahkan kepada pihak keluarga. 

"Ada 10 orang yang menjadi korban. Data itu sesuai dengan keterangan saksi mata. Empat orang meninggal dunia dan enam luka-luka," pungkasnya. 

Baca Juga: 9 Kondisi Tubuh yang Kamu Rasakan Ketika Berada di Dalam Lift Jatuh

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya