Kasus Narkoba Masih Jadi Kriminalitas Tertinggi di Kabupaten Lamongan

Kasus narkoba meningkat dibandingkan tahun sebelumnya

Lamongan, IDN Times- Kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Lamongan menjadi yang tertinggi sepanjang 2020. Ada 106 kasus narkoba yang berhasil diungkap. Sementara untuk kasus lainnya antara lain, penipuan 98 kasus, pencurian dengan pemberatan 86, pencurian 75 dan pencurian sepeda motor 67 kasus.

1. Kecamatan Brondong dan Paciran mendominasi

Kasus Narkoba Masih Jadi Kriminalitas Tertinggi di Kabupaten LamonganData kasus kriminal di Lamongan. IDN Times/Istimewa

Kapolres Lamongan AKBP Harun mengatakan, dari 106 kasus narkoba yang ditangani, hampir 70 persen pelakunya berasal dari dua Kecamatan, yaitu Brondong dan Paciran. Sementara 20 persen menyebar di seluruh kecamatan di Lamongan.

"Untuk peredaran narkoba paling banyak di wilayah Brondong dan Paciran," kata Harun, saat menggelar jumpa pers, Selasa (29/12/2020).

2. Narkoba dipasok dari Pulau Madura dan Surabaya

Kasus Narkoba Masih Jadi Kriminalitas Tertinggi di Kabupaten LamonganKapolres Lamongan AKBP Harun. IDN Times/Dok Humas Polres

Rata-rata, pengedar dan pengguna narkoba yang berhasil ditangkap mengaku memperoleh barang haram tersebut dari Kabupaten Sidoarjo, Surabaya dan Pulau Madura.

"Selama pengungkapan kasus narkoba 2020, kami tidak menemukan bandar atau pengedar yang memproduksi narkoba di dalam Lamongan sendiri, rata-rata dari luar," katanya.

Meski. Namun Harun mengaku prihatin. Sebab tingkat konsumsi narkoba masyarakat Lamongan sangat tinggi. 

"Dibandingkan tahun lalu, kasus penyalagunaan narkoba melonjak. Jika tahun lalu hanya 65 kasus, di tahun 2020 ini menjadi 106 kasus. Ini sangat memprihatikan sekali ternyata pengguna narkoba di Lamongan sangat tinggi," jelasnya.

3. Kapolres minta kepada jajaran agar tidak memberikan ruang gerak bagi bandar dan pengedar narkoba

Kasus Narkoba Masih Jadi Kriminalitas Tertinggi di Kabupaten LamonganIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)
Harun pun berpesan kepada jajaran kepolisian terutama Satnarkoba, agar terus memburu bandar dan pengedar narkoba. 
 
"Jadi modus peredaran narkoba di Lamongan ini juga cukup unik, dimana para pelaku ini saat bertransaksi hanya meletakkan barang narkoba itu di suatu tempat saja. Nanti akan diambil oleh pembeli, itu cara mereka untuk mengelabuhi kami," pungkasnya.
 
Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya