Kasus COVID-19 Terus Melonjak, Pemkab Tuban Terapkan Jam Malam

Masyarakat Tuban juga dilarang menggelar pesta tahun baru
Tuban, IDN Times - Kasus penyebaran COVID-19 yang terus melonjak selama sepekan terakhir, membuat Pemerintah Kabupaten Tuban kembali menerapkan pembatasan jam malam. Penerapan jam malam sendiri, dimulai hari ini, Kamis 17 Desember hingga 5 Januari 2021.

1. Pemkab Tuban melarang acara yang dapat menyebabkan terjadinya kerumunan

Kasus COVID-19 Terus Melonjak, Pemkab Tuban Terapkan Jam MalamIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)
Selain pembatasan jam malam, Pemkab Tuban juga melarang masyarakat menggelar acara yang dapat menyebabkan terjadinya kerumunan massa, seperti resepsi pernikahan, hajatan dan pentas seni.
"Iya mas benar, Pemkab Tuban menerapkan aturan jam malam, yang dimulai hari ini sampai 5 Januari 2021 mendatang," kata Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Percepat Penanganan COVID-19 Tuban Endah Nurul Komariyati, Kamis (17/12/2020)

2. Masyarakat Tuban diminta untuk tidak menggelar pesta tahun baru

Kasus COVID-19 Terus Melonjak, Pemkab Tuban Terapkan Jam MalamKantor Dinas Kesehatan Tuban. IDN Times/Imron

Tak hanya itu, seluruh masyarakat Tuban juga dilarang menggelar pesta penyambutan tahun baru 2021. Sementara bagi masyarakat luar Tuban atau pendatang juga diminta untuk menunjukkan hasil rapid test kepada RT setempat.

"Intinya kalau sudah ada instruksi seperti ini, mari kita patuhi bersama dan kita berharap Tuban bisa cepat keluar dari zona merah," harapnya.

3. Masyarakat abai terhadap protokol kesehatan

Kasus COVID-19 Terus Melonjak, Pemkab Tuban Terapkan Jam MalamIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)
Endah mengatakan, melonjaknya kasus COVID-19 di bumi Wali tersebut dipicu karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan aturan protokol kesehatan, seperti pengunaan masker, jaga jarak maupun lainnya.
 
"Banyak masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan. Terkait dengan denda bagi mereka yang melanggar protokol mungkin kapok, tapi bagi mereka yang belum terjaring razia mereka abai," pungkasnya.

Baca Juga: Belum Sembuh dari COVID-19, Dua Komisioner KPU Tuban Absen Pleno

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya