Comscore Tracker

Lebih Awal, Jemaah Al Muhdhor di Tulungagung Salat Id Hari Ini

Sudah turun temurun tanpa adanya gejolak

Tulungagung, IDN Times - Jika pemerintah dan Muhammadiyah diprediksi baru akan menggelar salat Id pada Minggu (24/5), tidak demikan dengan puluhan anggota jemaah Al Muhdhor di Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Mereka melaksanakan salat Id hari ini, Jumat (22/5) di Masjid Nur Muhammad.

Maklum, jemaah ini juga memulai ibadah puasa dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah. Tradisi ini sudah berjalan sejak puluhan tahun lalu, dan tidak pernah menimbulkan gejolak di masyarakat.

1. Usai salat, para jemaah langsung pulang

Lebih Awal, Jemaah Al Muhdhor di Tulungagung Salat Id Hari IniJemaah Al Muhdhor di Tulungagung gelar Sholat Ied hari ini, Bramanta Pamungkas

Kanit Binmas Polsek Sumbergempol Aiptu Mujito menuturkan, kegiatan salat Id ini diikuti oleh sekitar 40 orang jemaah, yang rata rata masih merupakan kerabat terdekat. Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, usai melaksanakan ibadah, mereka meniadakan tradisi salam salaman. Para jemaah langsung pulang ke rumah sesuai anjuran pemerintah. "Kita sudah mengimbau sebelumnya untuk tidak ada tradisi salam salaman usai shalat, karena masih dalam pandemik corona," ujarnya, Jumat (22/05).

2. Hitungan mereka umumnya lebih cepat dua hari dari pemerintah

Lebih Awal, Jemaah Al Muhdhor di Tulungagung Salat Id Hari IniMasjid Jemaah Al Muhdhor di Tulungagung, Bramanta Pamungkas

Jemaah ini mempunyai hitungan tersendiri, terkait penetapan awal Ramadan dan Syawwal setiap tahunnya. Rata rata mereka memulai dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Tradisi ini sudah berjalan turun temurun selama puluhan tahun. "Alhamdulillah tidak ada masalah selama ini dengan masyarakat," imbuhnya.

3. Bentuk toleransi agama, tidak perlu diperdebatkan

Lebih Awal, Jemaah Al Muhdhor di Tulungagung Salat Id Hari IniPolisi amankan pelaksanaan Salat Id Jemaah Al Muhdhor di Tulungagung, Bramanta Pamungkas

Adanya pelaksanaan salat ini, lanjut dia, diharapkan bisa menjadi contoh keberagaman dan toleransi. Perbedaan dalam menjalankan ibadah merupakan hal yang biasa dan tidak perlu dibesar besarkan.

Bagi masyarakat yang ingin tahu lebih lanjut terkait jamaah ini, diimbau untuk datang langsung dan mengikutinya. "Hal ini diperlukan agar masyarakat bisa mengerti lebih langsung dari sumbernya, bukan melalui orang lain," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkot Malang Imbau Masyarakat Salat Idulfitri di Rumah   

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Jemaah Al Muhdhor di Tulungagung Gelar Salat Id Hari Ini

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya