Hindari Kerumunan, Pemkot Malang Godok Aturan Soal Iduladha

Petakan titik-titik pembagian daging kurban  

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mulai mempersiapkan diri jelang perayaan Iduladha. Persiapan yang dilakukan utamanya untuk mempersiapkan diri dalam hal penerapan protokol kesehatan. Pasalnya tahun ini, perayaan Hari Raya Iduladha masih dalam masa pandemik COVID-19. Mereka sedang menggodok aturan penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban. 

1. Masih tata aturan pembagian daging kurban

Hindari Kerumunan, Pemkot Malang Godok Aturan Soal IduladhaWalikota Malang, Sutiaji saat melohat langsung proses rapid test di Pasar Induk Gadang. Dok/Humas Pemkot Malang

Saat ini, Pemkot Malang tengah menyiapkan aturan tertulis mengenai penyembelihan dan pembagian daging kurban. Wali Kota Malang, Sutiaji mengakui bahwa aturan tersebut diperlukan untuk menata agar pembagian daging kirban bisa teratur sesuai dengan protokol pencegahan COVID-19.

"Biasanya pembagian daging kurban past bergerombol. Untuk itu saat ini semua akan kami tata," ucap Wali Kota Malang, Sutiaji (21/7/2020). 

2. Petakan titik-titik pembagian hewan kurban

Hindari Kerumunan, Pemkot Malang Godok Aturan Soal IduladhaWali Kota Malang, Sutiaji memimpin rapat koordinasi penyusunan Perwal transisi new normal. Dok/ Humas Pemkot Malang

Guna memaksimalkan protokol pencegahan COVID-19 saat pembagian hewan kurban, Pemkot bakal melakukan pemetaan titik-titik yang biasa dijadikan pusat pembagian daging kurban. Pemetaan dilakukan demi mempermudah penataan agar tak terjadi kerumunan.

Sutiaji pun menegaskan tidak ada larangan pelaksanaan salat Iduladha. Namun ia meminta masyarakat tetap mengacu pada penerapan protokol COVID-19 sesuai dengan Perwali Kota Malang Nomor 19 tahun 2020. 

Baca Juga: Ini 3 Tip Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam untuk Iduladha

3. Pastikan petugas penyembelihan hewan kurban sehat

Hindari Kerumunan, Pemkot Malang Godok Aturan Soal IduladhaPemkot Malang imbau masyarakat shalat ied di rumah. Dok/ Humas Pemkot Malang

Terpisah, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko meminta petugas yang melakukan penyembelihan hewan kurban untuk terlebih dahulu dipastikan sehat. Hal itu untuk memastikan agar hewan kurban yang nantinya didistribusikan kepada masyarakat benar-benar bersih dan sehat. Selain itu, hewan kurban yang akan disembelih juga harus dipastikan kesehatannya. 

"Petugas yang menyembelih harus betul-betul sehat. Pelaksanaannya betul-betul harus memerhatikan protokol COVID-19," tandasnya.  

Baca Juga: Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Iduladha dan 1 Zulhijjah Sore Ini

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya