Bupati dan Ribuan Lansia Tulungagung Terima Suntikan Vaksin COVID-19

Bupati Tulungagung disuntik vaksin dosis kedua

Tulungagung, IDN Times - Setelah menunggu selama 28 hari, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis kedua. Bersama sejumlah anggota DPRD, Maryoto mendapatkan suntikan vaksin di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Bersamaan dengan ini, ratusan lansia di Tulungagung juga mendapatkan suntikan vaksin. Untuk tahap awal ini terdapat 1900 lansia yang akan disuntik.

1. Tahap awal lansia di satu kecamatan yang akan divaksin

Bupati dan Ribuan Lansia Tulungagung Terima Suntikan Vaksin COVID-19Proses pemeriksaan kesehtan bagi lansia yang disuntik vaksin. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmad menjelaskan untuk vaksinasi lansia tahap pertama ini, petugas akan fokus di wilayah Kecamatan Kedungwaru saja. Penyeberan COVID-19 di wilayah tersebut masih cukup tinggi sehingga lansia menjadi salah satu prioritas pemberian vaksin. Total terdapat 19 desa di Kecamatan tersebut. Setiap desa terdapat 100 lansia yang akan disuntik vaksin. "Tentu ini masih kurang, kami juga menunggu kiriman tambahan vaksin agar prosesnya berjalan lancar," ujarnya, Kamis (25/3/2021).

Baca Juga: 4 Lokasi di Sekitar IAIN Tulungagung Dibobol Maling dalam Semalam

2. Vaksinasi lansia dilakukan di balai desa

Bupati dan Ribuan Lansia Tulungagung Terima Suntikan Vaksin COVID-19Proses pemeriksaan kesehtan bagi lansia yang disuntik vaksin. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Proses penyuntikan vaksin lansia ini akan berlangsung hingga Sabtu depan. Setelah menerima suntikan dosis pertama, mereka akan menunggu selama 28 hari kedepan, untuk mendapatkan suntikan dosis kedua. Vaksinasi ini dilakukan di setiap balai desa. Petugas dari faskes akan berkeliling ke balai desa. "Vaksinasi lansia tahap pertama ini ditargetkan selesai Sabtu depan, hanya satu kecamatan terlebih dahulu," tuturnya.

3. Tunggu kiriman vaksin untuk jadwal selanjutnya

Bupati dan Ribuan Lansia Tulungagung Terima Suntikan Vaksin COVID-19Pemberian suntikan vaksinasi lansia di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Untuk wilayah kecamatan lain, Kasil menjelaskan akan segera dijadwalkan setelah kiriman vaksin tiba. Selama ini mereka menerima kiriman vaksin Sinovac, dan tidak memperoleh kiriman vaksin astrazeneca.

Vaksin tersebut diketahui masa kadaluwarsanya akan berkahir pada bulan Maret ini, sehingga harus segera digunakan. "Ada beberapa wilayah yang mendapat kiriman vaksin astrazeneca, kalau tidak segera habis mungkin akan disalurkan ke daerah lain," pungkasnya.

Baca Juga: Berusia 90 Tahun, Dam di Tulungagung Dijadikan Monumen

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya