5 Puskesmas di Tuban Tutup Usai Pegawainya Dinyatakan Positif COVID-19

Layanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas terdekat

Tuban, IDN Times - Sebanyak lima Puskesmas di Kabupaten Tuban ditutup selama beberapa hari ke depan. Penutupan dilakukan karena sejumlah pegawai atau tenaga medis yang setiap harinya bertugas dinyatakan positif COVID-19 usai menjalani tes swab.

1. Ada beberapa poli yang tetap buka tapi pelayanannya dibatasi

5 Puskesmas di Tuban Tutup Usai Pegawainya Dinyatakan Positif COVID-19Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tuban, Endah Nurul Komariyati. IDN Times/Imron

Adapun lima Puskesmas di Tuban yang ditutup yakni, Puskesmas Montong, Soko, Palang, Tambakboyo, dan Klotok Plumpang.

"Iya mas ditutup, tapi masih ada beberapa poli di Puskesmas tersebut yang tetap dibuka. Namun pelayanannya kita batasi," kata juru bicara Satgas COVID-19 Tuban, Endah Nurul Komariyati, saat dihubungi IDN Times, Senin (28/12/2020).

2. Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan bisa datang ke Puskesmas terdekat

5 Puskesmas di Tuban Tutup Usai Pegawainya Dinyatakan Positif COVID-19Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. IDN Times/Imron

Bagi masyarakat Tuban yang membutuhkan layanan kesehatan bisa datang ke sejumlah Puskesmas terdekat. Sementara untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, kelima Puskesmas tersebut juga sudah disterilkan dan disemprot dengan disinfektan.

"Di Puskesmas Soko, pelayanan tutup sementara mulai tanggal 27 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021, begitu pula Puskesmas Montong, Klotok Plumpang, sedangkan Puskesmas Tambakboyo mulai buka 4 Januari nanti," imbuhnya.

Baca Juga: Diusir dan Dibentak saat Tracing, Ini Curahan Hati Dokter Asal Tuban

3. Seluruh pegawai Puskesmas diminta untuk melakukan isolasi mandiri

5 Puskesmas di Tuban Tutup Usai Pegawainya Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Selama dilakukan penutupan, lanjut Endah, seluruh pegawai juga diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Jika ada pegawai yang mempunyai gejala mirip dengan COVID-19, mereka diminta segera menghubungi Satgas.

"Imbauan kepada masyarakat itu terus kita lakukan dan semoga zona merah di Tuban ini cepat berakhir," pungkasnya.

Baca Juga: Positif COVID-19, Kadis Pertanian Tuban Meninggal Dunia

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya