TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UB akan Bantu Mahasiswa Korban Kabel Fiber Optik di Jalan

UB siap beri bantuan hukum pada Sultan

Sultan Rif’at Alfatih mengirimkan surat pada Jokowi. (IDN Times/Istimewa)

Malang, IDN Times - Pihak kampus Universitas Brawijaya (UB) memastikan akan memberi perhatian pada Sultan Rif'at Alfatih, mahasiswa UB yang menjadi korban terjerat kabel fiber optik di Jakarta. Akibat kecelakaan tersebut, Sultan mengalami luka parah di leher yang membuat dirinya tidak bisa makan ataupun berbicara.

Pihak UB pun menyampaikan keprihatinannya atas kejadian yang mengalami mahasiswanya. Mereka berjanji akan membantu Sultan soal perkuliahan sampai proses hukumnya.

Baca Juga: Keluarga Korban Jeratan Kabel Optik Tolak Tawaran Rp2 Miliar

1. Kondisi Sultan masih tidak memungkinkan untuk berkuliah, disarankan cuti dahulu

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD ketika menjenguk Sultan Rif'at Alfatih di RS Polri, Jakarta Timur. (Dok. Polhukam

Rektor UB, Prof Widodo menyampaikan jika pihak UB telah mendatangi rumah Sultan untuk melihat kondisi anak didiknya. Ia menyampaikan jika kondisi Sultan memang tidak memungkinkan untuk melanjutkan studi di Malang untuk sementara waktu. Widodo mengatakan agar Sultan kini fokus dalam pemulihan saja, sementara perkuliahannya bisa ditunda.

"Kita mempertimbangkan kondisi yang bersangkutan terlebih dahulu. Jika memang tidak memungkinkan, bisa terminal (cuti) terlebih dahulu," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (08/08/2023).

Widodo menyampaikan jika memang kondisi Sultan mulai membaik, tapi tetap tidak memungkinkan untuk meninggalkan rumah terlalu jauh, apalagi harus ke Malang untuk berkuliah. Oleh karena itu, ia juga menawarkan perkuliahan hybrid, sehingga ia bisa melanjutkan kuliah secara online.

2. Pihak UB juga bersedia membantu Sultan secara hukum

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD ketika menjenguk Sultan Rif'at Alfatih di RS Polri, Jakarta Timur. (Dok. Polhukam

Tidak hanya dari segi pendidikan, UB juga siap membantu Sultan dari aspek hukum. Pasalnya kini keluarga Sultan tengah menuntut PT Bali Towerindo Sentra Tbk selaku pemilik kabel fiber optik yang menjerat leher Sultan.

Meskipun demikian, Widodo berharap agar permasalahan ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Menurutnya semua pihak kini haris lebih dulu memfokuskan diri pada kesembuhan Sultan. Sehingga energi yang digunakan lebih efektif.

"Kita siap memberi bantuan hukum pada keluarga Sultan. Tapi alangkah lrbih baik jika bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Karena pasti akan membutuhkan energi yang banyak dalam menyelesaikan ini, tapi kita berkomitmen untuk membantu," tegasnya.

Baca Juga: Perbedaan Kabel Coaxial dan Fiber Optik, Mana yang Lebih Bagus?

Verified Writer

Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya