TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bukan dari Partainya, Sanusi-Lathifah Kantongi Surat Rekomendasi PKB

Bermunculan baliho Sanusi-Lathifah dengan panggilan Salaf

Bupati Malang, Muhammad Sanusi. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Malang, IDN Times - Bakal Calon Bupati Malang incumbent, Muhammad Sanusi akhirnya mengantongi surat rekomendasi untuk maju kembali dalam Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati (Pilbub) Malang 2024. Uniknya, ia tidak mendapatkan surat rekomendasi dari partainya sendiri Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), ia justru mendapatkan surat rekomendasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Surat rekomendasi ini membuat Sanusi akan berpasangan dengan kader PKB, Lathifah Shohib sebagai Calon Wakil Bupati Malang. Bahkan, telah terpasang beberapa baliho Sanusi-Lathifah yang disingkat Salaf.

1. Ketua DPC PKB benarkan surat rekomendasi untuk Sanusi-Lathifah

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Malang, Kholiq membenarkan jika Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB telah memberikan surat rekomendasi untuk pasangan Sanusi-Lathifah. Ia mengatakan jika surat rekomendasi ini telah turun sejak hari Minggu (18/8/2024) lalu.

"Memang benar kalau surat rekomendasi telah turun sejak hari Minggu kemarin. Jadi Bu Nyai Lathifah akan berpasangan dengan Abah Sanusi nantinya," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (20/8/2024).

Kholiq mengatakan jika surat rekomendasi ini diterima langsung oleh Lathifah dari Muhaimin Iskandar di Jakarta. Memastikan dukungan PKB untuk Sanusi-Lathifah di Pilbub Malang 2024.

Baca Juga: Nama Sanusi Kembali Muncul di Bursa Pilbub Malang

2. Sanusi dipastikan maju kembali di Pilbub Malang 2024

Sanusi dipastikan bisa kembali maju sebagai Calon Bupati Malang 2024, hal ini dikarenakan PKB memiliki 11 kursi di DPRD Kabupaten Malang. Sementara syarat minimal untuk maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang 2024 adalah minimal 10 kursi.

Artinya Sanusi sebenarnya tidak memerlukan lagi surat rekomendasi dari partai lain. Apalagi partai yang menaungi dirinya, PDIP, tak kunjung memberikan surat rekomendasi untuk dirinya. Yang mana PDIP memiliki 13 kursi di DPRD Kabupaten Malang.

3. Sanusi ternyata masih melobi partai-partai lain untuk berkoalisi

Kendati telah dipastikan mendapatkan tiket maju di Pilbub Malang 2024, Sanusi tampaknya masih berambisi mendapatkan dukungan dari partai lain. Ia diketahui tengah melobi partai-partai seperti Golkar hingga Gerindra untuk berkoalisi. Diketahui jika Golkar dan Gerindra masing-masing memiliki 8 kursi di DPRD Kabupaten Malang.

Selain itu, ada NasDem memiliki 6 kursi. Diikuti Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 2 kursi, Partai Hanura 1 kursi, dan Partai Demokrat 1 kursi.

"Gus Muhaimin sudah memberikan pesan agar mengajak koalisi partai-partai lain sebanyak-banyaknya. Informasinya Gerindra segera memberikan surat rekom, dan PDIP sudah ditulis rekomnya," pungkasnya.

Baca Juga: Sanusi di Kabupaten Malang, Didik Gatot Bakal Maju Wali Kota Batu

Verified Writer

Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya