Comscore Tracker

Survei Indikator Sebut Ganjar Ungguli Anies dan Prabowo

Ganjar dan Anies berebut suara milenial dan Gen Z

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kembali unggul dalam survei calon presiden 2024. Hasil survei nasional pada April 2021 yang diselenggarakan Indikator Politik Indonesia, menyebutkan jika Pemilihan Presiden diadakan sekarang, mayoritas pemilih akan memilih Ganjar. 

Ganjar mengungguli calon kuat lain seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sementara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di urutan keempat.

"Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ridwan Kamil adalah empat nama teratas dan relatif berimbang sebagai capres pilihan saat ini," ujar Direktur Eksekutif Burhan Muhtadi dalam rilis bertema "Persepsi Ekonomi dan Politik Jelang Lebaran" yang dirilis pada Selasa, 4 Mei 2021.

Baca Juga: Survei Capres 2024: Prabowo-Ganjar Bersaing Ketat, Anies-Sandi Melorot

1. Ganjar dan Anies berebut suara Gen Z dan milenial

Survei Indikator Sebut Ganjar Ungguli Anies dan PrabowoGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berolah raga saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Dalam survei tersebut, Ganjar Pranowo memiliki tingkat elektabilitas sebesar 15,7 persen, sedangkan Anies Baswedan memiliki 14,6 persen. Persentase yang dimiliki Ganjar lebih banyak dipilih laki-laki sebesar 17,1 persen dibandingkan perempuan yang hanya 14,2 persen. Sedangkan, Anies kebalikannya, lebih unggul di kalangan perempuan sebesar 15,5 persen. 

Kemudian dari segi usia, keduanya diminati oleh generasi Z dan milenial. Ganjar memegang andil pada masyarakat berusia 22-25 tahun ke atas sebesar 18,4 persen, dan Anies banyak dipilih masyarakat usia 21 tahun ke bawah dengan persentase 16,5 persen.

Dan jika berdasarkan wilayah selain tempat di mana kedua tokoh tersebut menjabat sebagai gubernur, Ganjar mengungguli wilayah Banten sebesar 16,4 persen, lalu Anies mengungguli wilayah Sulawesi sebesar 18,1 persen.

2. PDIP masih menjadi partai yang paling banyak dipilih

Survei Indikator Sebut Ganjar Ungguli Anies dan PrabowoKonferensi Pers Ultah PDIP ke-74 dan Rakernas 1 PDIP oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Selain pilihan nama capres, masyarakat juga ditanyai pilihannya terkait partai atau asal partai capres yang ingin dipilih. Hasil survei menunjukkan di antara partai lainnya, PDIP memiliki keunggulan lebih jauh dipilih sebesar 25,3 persen dan di posisi kedua Partai Gerindra sebesar 13,1 persen.

Kemudian, Golkar 9,2 persen, Demokrat 8 persen, PKB 7,2 persen, PKS 7,2 persen, PPP 2,4 persen, dan Nasem 2,3 persen. Sedangkan partai lainnya lebih sedikit didukung masyarakat. 

3. Survei melibatkan 1.200 responden, yang dipilih secara acak dan digelar pada rentang 13-17 April 2021

Survei Indikator Sebut Ganjar Ungguli Anies dan PrabowoDirektur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Untuk mendapatkan hasil survei terkait pilihan masyarakat terhadap calon presiden dan partai, Indikator Politik Indonesia melakukan survei menggunakan kontak telepon dengan sampel sebanyak 1.200 responden, yang dipilih secara acak dan digelar pada rentang 13-17 April 2021.

Kemudian, dari ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, yang berasal dari seluruh provinsi dan terdistribusi secara proporsional. 

Baca Juga: Survei LSI: Prabowo Kandidat Capres Terkuat, Ganjar-Anies Seteru Ketat

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya