Comscore Tracker

Moeldoko Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasi dengan Rizieq Shihab

Pemerintah tak pernah mencekal Rizieq

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia tidak pernah mencekal Rizieq Shihab. Hal itu disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Dia mengatakan bahwa tidak perlu ada rekonsiliasi antara pemerintah dengan Rizieq. Sebab, menurut Moeldoko memang tidak pernah ada masalah.

1. Tidak pernah ada masalah dengan Rizieq

Moeldoko Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasi dengan Rizieq Shihab(Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Beberapa pihak menuntut pemerintah agar mengupayakan rekonsiliasi dengan Rizieq. Namun Moeldoko tak setuju dengan anggapan itu.

"Apanya yang direkonsiliasikan? Wong gak ada apa-apa kok direkonsiliasi. Gak ada masalah," tegas Moeldoko di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (14/11).

Baca Juga: Tak Bisa Pulang ke Indonesia, Ini 6 Fakta Pencekalan Rizieq Shihab

2. Pemerintah tak pernah cekal Rizieq

Moeldoko Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasi dengan Rizieq Shihab(Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Istana Negara, Jakarta) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Moeldoko menambahkan, pemerintah Indonesia tidak pernah mencekal Rizieq. Bahkan, Kemenkum HAM dan Menko Polhukam Mahfud MD juga sudah memberikan keterangan bahwa pemerintah Indonesia tidak pernah mengeluarkan surat pencekalan tersebut.

"Kan itu dirjen sudah menjelaskan, Dirjen Imigrasi. Menko Polhukam juga sudah jelasin. Apa lagi?" tambah mantan Panglima TNI tersebut.

3. Belum terima aduan dari Rizieq soal pencekalan

Moeldoko Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasi dengan Rizieq ShihabYouTube/Fronttv

Pemerintah, Moeldoko, sama sekali tak pernah menghalangi kepulangan Rizieq. Di sisi lain, pemerintah juga belum menerima aduan dari Rizieq terkait pencekalannya itu.

"Setahu saya belum (ada aduan atau dari Rizieq)," ucapnya.

4. Menko Polhukam sebut larangan keluar Arab Saudi bukan dari pemerintah Indonesia

Moeldoko Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasi dengan Rizieq Shihab(Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers kepada wartawan di Kementerian Polhukam) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud MD juga ikut menanggapi tentang larangan Rizieq keluar dari Arab Saudi. Mahfud menjelaskan bahwa larangan bukan karena pencekalan pemerintah Indonesia.

"Itu yang dikirim ke saya itu bukan surat pencekalan. Bukan alasan pencekalan. Tapi surat dari imigrasi Arab Saudi bahwa Habib Rizieq nomor paspor sekian dilarang keluar Arab Saudi, karena alasan keamanan. Itu aja," terang mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu di kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (14/11).

Baca Juga: Bantah Pencekalan Rizieq Shihab, Mahfud: Kalau Butuh Uang Saya Bantu

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You