70 Persen Warga Jatim Gak Pakai Masker, Jokowi: Angka Ini Gede Banget!

Jokowi minta libatkan tokoh agama untuk sosialisasi protokol

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta Pemerintah Daerah dan Gugus Tugas di daerah untuk berkoordinasi dengan para tokoh masyarakat hingga agama untuk menyosialisasikan protokol kesehatan di Jawa Timur.

Sebab, ia mendapat laporan bahwa 70 persen masyarakat Jawa Timur masih tak kenakan masker.

"Tadi disampaikan oleh Gugus Tugas bahwa masih 70 persen yang gak pakai masker. Ini angka yang gede banget," kata Jokowi dalam arahannya di Posko Penanganan COVID-19 Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/6).

1. Jokowi minta Menkes dan Gugus Tugas kirim masker yang banyak ke Jawa Timur

70 Persen Warga Jatim Gak Pakai Masker, Jokowi: Angka Ini Gede Banget!Dok. Biro Pers Kepresidenan

Oleh karena itu, Jokowi pun menginstruksikan agar Gugus Tugas dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto agar berkoordinasi dan mengirimkan masker sebanyak-banyaknya ke Jawa Timur. Hal itu diminta Jokowi agar masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Oleh sebab itu, saya minta hari ini Gugus Tugas nasional dan Pak Menkes kirim masker sebanyak-banyaknya ke Surabaya, ke Jawa Timur," perintahnya.

Baca Juga: Ingatkan Jawa Timur, Jokowi: Jangan Langsung Terapkan Normal Baru!

2. Jokowi minta tokoh agama hingga tokoh masyarakat terlibat untuk sosialisasikan protokol kesehatan

70 Persen Warga Jatim Gak Pakai Masker, Jokowi: Angka Ini Gede Banget!Presiden Jokowi saat mengunjungi Gedung BNPB pada Rabu, 10 Juni 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta semua pihak termasuk tokoh agama, terus menyosialisasikan pentingnya protokol pencegahan COVID-19 seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

"Saya minta kita semuanya mengajak tokoh-tokoh, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menyosialisasikan mengenai protokol kesehatan. Pentingnya memakai masker, pentingnya jaga jarak, pentingnya cuci tangan, terus diulang-ulang," ucap Jokowi.

3. Kenaikan kasus harian di Jawa Timur capai 183, Jokowi sebut angka itu tertinggi di Indonesia

70 Persen Warga Jatim Gak Pakai Masker, Jokowi: Angka Ini Gede Banget!Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi menyampaikan bahwa kenaikan kasus sebanyak 183 pada hari Rabu, 24 Juni 2020, di Jawa Timur menjadi rekor tertinggi. Ia pun memperingatkan para kepala daerah dan Gugus Tugas daerah untuk waspada.

"Ini terbanyak di Indonesia, hati-hati, ini terbanyak di Indonesia, tetapi juga yang menumbuhkan optimisme kita angka kesembuhannya juga berada pada posisi yang lumayan yaitu 31 persen," ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Beri Jawa Timur Waktu Dua Minggu untuk Turunkan Kasus COVID-19

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya