Ada-ada Saja, Kurir Narkoba di Jakbar Selundupkan 75 Kg Ganja di Dodol

Bandarnya jangan lupa ditangkap pak

Jakarta, IDN Times - Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menyita 75 paket narkoba jenis ganja, yang disamarkan di dalam kemasan dodol.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ronaldo Maradona Siregar mengatakan, ada tujuh tersangka yang dibekuk di lima lokasi berbeda, dari Jawa hingga Bali.

"Jadi 75 kilogram ini tersebar di lima wilayah, yaitu Kembangan Jakarta Barat delapan kilogram, Bekasi Jawa Barat delapan kilogram, Subang Jawa Barat tujuh kilorgam, Sidoardjo Jawa Timur tujuh kilogram dan Denpasar Bali 45 kg," kata Ronaldo dalam keterangan tertulis, Rabu (5/8/2020).

1. Tangkapan terbesar ditemukan di sebuah hotel di Bali

Ada-ada Saja, Kurir Narkoba di Jakbar Selundupkan 75 Kg Ganja di DodolGanja dalam dodol (Dok. Humas Polres Jakarta Barat)

Ronaldo menjelaskan jumlah barang bukti terbesar yang berada di Bali, yang ditemukan di sebuah hotel, dengan tersangka berinisial A.

Penangkapan tersangka A dipimpin langsung oleh Kanit III Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Fiernando Andriansyah.

Baca Juga: PKS Wacanakan Ekspor Ganja, PPP: Dalam Dalil Islam, Ganja Itu Haram!

2. Ganja diduga berasal dari jaringan Sumatra

Ada-ada Saja, Kurir Narkoba di Jakbar Selundupkan 75 Kg Ganja di DodolGanja dalam dodol (Dok. Humas Polres Jakarta Barat)

Ronaldo menyebutkan ganja tersebut berasal dari jaringan Sumatra. Kepolisian sudah membuntuti penyelundupan ganja-ganja ini sejak awal, hingga pada proses penangkapan.

"Ganja puluhan kilogram ini merupakan jaringan Sumatra. Jadi kami melalui control delivery yang diikuti dari Jakarta Barat ke lima wilayah tadi," kata dia.

3. Tersangka sudah tiga kali menerima dodol berisi ganja

Ada-ada Saja, Kurir Narkoba di Jakbar Selundupkan 75 Kg Ganja di DodolIlustrasi ganja (IDN Times/Khaerul Anwar)

Sementara, Fiernando mengatakan, tersangka A sudah tiga kali menerima paket dodol yang berisi ganja, dengan jumlah berat bervariasi mulai dari 20, 40 hingga 45 kilogram.

"Kami masih terus kembangkan untuk tangkap bandarnya," kata dia.

Baca Juga: Penampakan Bolu Ganja, Kue yang Dimodifikasi Jadi Narkoba

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya