Sidak Kesiapan TPS, Khofifah Minta Pemilih Patuh Protokol  

TPS sudah didesain mengikuti standar protokol COVID-19  

Malang, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakulan sidak ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Malang jelang hari pencoblosan pilkada serentak. Setidaknya ada dua TPS di wilayah Mulyoagung, Dau, Kabupaten Malang yang disidak oleh Khofifah bersama Forkopimda Provinsi Jawa Timur. Secara umum, orang nomor satu di Jatim itu cukup puas dengan kesiapan masing-masing TPS di Kabupaten Malang. 

1. TPS sudah penuhi standar protokol COVID-19

Sidak Kesiapan TPS, Khofifah Minta Pemilih Patuh Protokol  Khofifah melihat kelengkapan protokol COVID-19. IDN Times/Alfi Ramadana

Dalam sidak tersebut, Khofifah melihat langsung kelengkapan protokol COVID-19 yang ada. Mulai dafi tempat cuci tangan, alat pengukur suhu, face shield pengaturan bilik suara, kelengkapan protokol dari petugas KPPS sendiri. Termasuk juga bilik khusus bila ditemui ada warga yang sata hari pencobolsan suhu tubuhnya lebih dari 37 derajat celcius. Ia menyebut bahwa secara umum dari dua TPS yang disidak sudah memenuhi standar protokol COVID-19.


"Kami lihat bahwa TPS sudah menyiapkan format penyelenggaraan sesuai dengan protokol kesehatan. Bahkan kami juga melihat langsung bilik khusus bagi yang mereka suhu tubuhnya 37 atau lebih," terangnya Selasa (8/12/2020). 

2. Minta pemilih patuhi protokol

Sidak Kesiapan TPS, Khofifah Minta Pemilih Patuh Protokol  Khofifah melihat kesiapan TPS di Kabupaten Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Setelah memastikan TPS siap dengan protokol COVID-19, Khofifah kemudian meminta kepada para pemilih untuk bisa mematuhi protokol pencegahan COVID-19 saat menyalurkan hak pilihnya. Selain wajib menggunakan masker, warga juga harus mengikuti alur yang sudah diatur di TPS. Saat pemilih datang terlebih dahulu harus mencuci tangan karena memang sudah disiapkan tempat cuci tangan.


" Kalau nanti setelah di thermogun kemudian ada yang suhu tubuhnya 37 derajat atau lebih maka harus mengikuti aturan dengan memilih di bilik khusus yang sudah disiapkan. Jangan merasa kenapa saya harus dipisahkan dengan anak, atau suami atau istrinya. Ini dilakukan untuk memberikan proteksi bagi seluruh penyelenggara. Tetapi juga semua harus menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin dan jangan golput," tambahnya. 

3. Seluruh TPS sudah siap

Sidak Kesiapan TPS, Khofifah Minta Pemilih Patuh Protokol  Ketua KPU Jatim, Choirul Anam saat sidak TPS di Kabupaten Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menegaskan bahwa seluruh TPS sudah siap menyelenggarakan pemilihan. Total ada 48.607 TPS di seluruh Jatim yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah, Rabu (9/12/2020). Dari total tersebut, Anam memastikan bahwa tiadak ada TPS yang harus menunda pemilihan. Semua sudah sesuai dengan persiapan yang dilakukan. 

"Insha Allah besok tidak satupun TPS yang sampai ditunda terutama misalnya kekurangan SDM KPPS. Meskipun memang dari hasil proses rapid test yang kami lakukan ada beberapa kawan-kawan KPPS ada yang terkonfirmasi reaktif. Tetapi kami melakukan treatment termasuk dilakukan rapid ulang. kalaupun kalau masih reaktif juga maka kami lakukan uji swab. Bagi yang positif, kami pastikan tidak ditugaskan," katanya. 

4. Logistik sudah terkirim semua

Sidak Kesiapan TPS, Khofifah Minta Pemilih Patuh Protokol  Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim saat mengecek kesiapan TPS. IDN Times/Alfi Ramadana

Berikutnya terkait logistik pemilu, Anam memastikan bahwa semuanya sudah terdistribusi ke tiap TPS. Memang ada beberapa lokasi yang sempat sedikit terkendala seperti di Bawean dan beberapa kepulauan di Madura seperti Masalembu. Kendala yang dihadapi adalah gelombang tinggi yang menyulitkan kapal pengirim logistik untuk bisa mendekat ke lokasi. 

"Tetapi untuk Bawean sudah kami kirim menggunakan Susi Air. Untuk kekurangannya seperti sarung tangan latek, kami meminjam terlebih dahulu dari Puskesmas setempat agar bisa digunakan oleh petugas KPPS. Karena memang masih ada kendala gelombang tinggi untuk menuju beberapa lokasi kepulauan," pungkasnya. 

Baca Juga: Khofifah Minta Taruna Siaga Bencana Ikut Amankan Pilkada

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya