TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ditolak FPI, Ceramah KH Marzuki di Surabaya Tetap Berjalan Lancar

Alhamdulillah

Pengajian Kiai Marzuki di Masjid Al-Huda Surabaya. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Surabaya, IDN Times - Kegiatan ceramah dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri Mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Maruzuki Mustamar di Masjid Al-Huda, Tenggumung Surabaya, Sabtu (28/9/2024) meski ditolak Front Persaudaraan Islam (FPI) Kota Surabaya.

Pantauan IDN Times petugas keamanan dari kepolisian berjaga di sekitar masjid. Bahkan, terlihat ada ratusan Banser yang juga bersiaga.

Kiai Marzuki tiba di lokasi sekitar pukul 18.30 WIB. kemudian memulai ceramah pukul 19.00. Ceramah selesai sekitar pukul 20.00 WIB. Sejak masuk ke dalam area masjid dan keluar, Kiai Marzuki nampak dikawal Banser.

Ketua Takmir Masjid Al-Huda Tenggumung, H Mochammad Darna mengatakan, pihaknya sudah berencana mengundang Kiai Marzuki sejak satu tahun lalu. Namun, mendekati acara, ternyata FPI menyatakan menolak kehadiran Kiai Marzuki.

"Memang ada berita bahwa dari FPI mendukung kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, namun menolak kedatangan Kiai Marzuki karena dia ceramahanya terlalu membahas nasab," ujarnya ditemui di lokasi.

Baik FPI maupun Takmir Masjid melakukan mediasi yang dilakukan di Kecamatan Semanpit untuk mendapatkan titik temu. Hasilnya masjid tetap mengadakan kegiatan

"Sampai saat (acara yang dihadiri Kiai Marzuki) ini berjalan aman lancar tidak ada halangan rintangan. Kami dibantu keamanan dari Polsek, Polres maupun Banser dan lain-lain, Alhamdulillah lancar aman," kata dia.

Darna menyebut, selama ceramah, Kiai Marzuki tidak menyampaikan hal-hal yang menyinggung nasab habaib. Isi ceramah Kai Marzuki murni tentang Nabi Muhammad SAW.

"Mulai awal kita melaksanakan kegiatan, Kiai Marzuki tidak pernah menyampaikan hal yang menyimpang. Kalau menyimpang kita beri tahu ke kiai, saat ceramah tidak menyampaikan soal nasab, benar-benar ini pelaksanaan hari lahir nabi," pungkas dia.

Baca Juga: Banser Disiagakan Jaga Ceramah Kiai Marzuki yang Ditolak FPI

Topik:
Berita Terkini Lainnya