Sampaikan Duka Cita, Jokowi Mengaku Dapat Pesan dari Gus Sholah

Bangsa Indonesia kehilangan sosok Gus Sholah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melayat ke rumah duka almarhum Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, Senin (3/2) pukul 07.34 WIB. Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, Jokowi mengucapkan rasa duka cita mendalam atas kepergian tokoh nasional sekaligus ulama Nahdlatul Ulama itu.

"Saya atas nama pemerintah, negara, dan seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam, atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Kiai Haji Doktor Insinyur Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, tadi malam jam 08.55 di Rumah Sakit Harapan Kita," ujar Jokowi saat hendak meninggalkan rumah duka, Jakarta Selatan, Senin (3/1).

Jokowi mengatakan, Gus Sholah adalah sosok cendekiawan Muslim yang menjadi panutan bagi masyarakat Indonesia. Presiden mengatakan Indonesia sangat kehilangan sosok seperti Gus Sholah.

Jokowi juga mengaku Gus Sholah sempat berpesan kepadanya tentang keislaman dan kenegaraan. "Ya terakhir saya bertemu Beliau di Istana, sebelumnya di Jombang Tebuireng," kata dia.

"Intinya Beliau banyak menyampaikan mengenai keislaman, keindonesiaan, saya kira hal yang terkait dengan Islam dan kebangsaan yang disampaikan Beliau kepada saya, banyak titipan kepada kita, tetapi saya kira tidak perlu saya sampaikan di sini," kata Jokowi, menambahkan.

Jenazah Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah akan dimakamkan di kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/1) sore.

Jenazah adik kandung Presiden keempat Abdurrahman Wahid itu akan diberangkatkan dari rumah duka pada pukul 08.30 WIB, dan akan diterbangkan ke Bandara Juanda, Surabaya, melalui Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 10.00 WIB.

Jenazah ulama Nahdlatul Ulama (NU) itu kembali diberangkatkan menuju ke Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng yang diperkirakan tiba pada pukul 12.00 WIB. Sebelum dimakamkan, jenazah Gus Sholah akan disemayamkan di Masjid Pondok Pesantren Tebuireng pada pukul 14.00 WIB. Setelah itu, pada pukul 16.00 WIB jenazah akan dimakamkan di kawasan pesantren.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Gus Sholah, Adik Gus Dur yang Lekat dengan Tebuireng

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya