Comscore Tracker

Dinilai Menghina Presiden, Politikus PDIP akan Polisikan Rocky Gerung

Keributan bermula dari pembahasan perpanjangan izin FPI

Jakarta, IDN Times - Pernyataan Rocky Gerung di acara Indonesia Lawyers Club (ILC), pada Selasa malam (3/12), berbuntut panjang. Dalam diskusi tersebut, Rocky menyebut Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai sosok yang tidak mengerti Pancasila.

"Presiden juga gak ngerti Pancasila kan, dia hafal tapi gak paham. Kalau dia paham, dia gak berutang gitu, dan gak langgar undang-undang lingkungan, gitu," ujar Rocky Gerung.

Buntut pernyataan itu, politikus PDIP, Junimart Girsang akan melaporkan Rocky ke polisi. Menurutnya, Rocky telah menghina Jokowi.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Presiden Tak Paham Pancasila dan Ormas

1. Nilai Rocky Gerung telah menghina simbol negara

Dinilai Menghina Presiden, Politikus PDIP akan Polisikan Rocky Gerung(Presiden Jokowi memberikan keterangan pers, di Bandar Lampung, Jumat 15 November 2019) Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Junimart menegaskan, presiden adalah simbol negara. Maka, pernyataan Rocky tersebut dianggapnya sebagai penghinaan atas simbol negara.

"Karena Presiden Jokowi dari PDIP dan atas seizin pengurus, saya akan melaporkan karena sudah menghina simbol negara," ujar Junimart saat menghadiri acara yang sama.

2. Berawal dari polemik perizinan FPI

Dinilai Menghina Presiden, Politikus PDIP akan Polisikan Rocky GerungIDNTimes/Abdurrahman

Keributan tersebut berawal dari pembahasan perpanjangan izin FPI yang tersandung isi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) FPI.

Rocky Gerung berpendapat, banyak logika yang salah timbul dari polemik perizinan FPI. Selain itu, menurut dia, pemerintah juga terlihat tidak konsisten dengan aturan yang dikeluarkan.

"Ormas harus berasaskan ideologi negara loh, di depan gak perlu, sekarang dibilang perlu. Itu kan dua hal yang ngaco logikanya, gitu. Karena negara ingin mengangkangi segala hal," ujar Rocky.

3. Menurut Rocky, ormas memang harus berbeda dengan pemerintah

Dinilai Menghina Presiden, Politikus PDIP akan Polisikan Rocky Gerung(Ketua Umum FPI Sobri Lubis dalam jumpa pers soal kasus pimpinan FPI Rizieq Shihab di Arab Saudi) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Menurut Rocky, dalam kehidupan demokrasi semua hal itu harus diizinkan, kecuali hal-hal yang memang dilarang. "Tapi sekarang dibalik, semua dilarang kecuali minta izin," ujar dia.

Sebuah ormas, kata Rocky Gerung, memang hakikatnya berbeda dengan pemerintah. "Kalau ormas itu sama dengan pemerintah namanya orneg, organisasi negara, neg jadinya tuh," kata dia, berkelakar.

Baca Juga: Rocky Gerung Deklarasi Beroposisi dengan Prabowo Subianto

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya