Comscore Tracker

UB Peroleh Pendanaan Rp11,98 M dari 71 Judul Penelitian

Semoga penelitiannya aplikatif buat masyarakat ya

Malang, IDN Times - Universitas Brawijaya (UB) menjadi perguruan tinggi yang mendapatkan pendanaan terbesar untuk penelitian dari Kemenristek atau BRIN. Tercatat, UB menerima dana sebesar Rp11,98 miliar.

Dana tersebut diberikan untuk berbagai kategori penelitian kompetitif nasional dan desentralisasi. Setidaknya ada 71 judul penelitian yang sudah diajukan UB dengan berbagai macam kategori penelitian. 

1. Penelitian yang diajukan sudah disetujui

UB Peroleh Pendanaan Rp11,98 M dari 71 Judul PenelitianUniversitas Brawijaya tetap produkrif selama masa pandemik COVID-19. Dok/Humas UB

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UB, Bambang Susilo menjelaskan bahwa sebanyak 71 judul penelitian tersebut telah disetujui pusat untuk mendapatkan pendanaan Kepala Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM - Kemenristek/ BRIN). Pendanaan yang diperoleh itu diharapkan bisa berkontribusi dalam meningkatkan reputasi UB di kancah internasional.

"Output dari penelitian yang sudah dilakukan ini tentunya adalah publikasi internasional. Publikasi internasional melalui jurnal internasional terindeks scopus dan Webs of Sciences nanti akan berpengaruh pada reputasi atau peringkat UB di kancah internasional," urainya Rabu (24/2/2021). 

2. Diharapkan bisa berkembang jadi inovasi

UB Peroleh Pendanaan Rp11,98 M dari 71 Judul PenelitianIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Bambang menambahkan bahwa setelah mendapat pendanaan, bukan berarti semua sudah selesai. Ada tanggung jawab moral yang harus dipikul. Hasil penelitian tersebut diharapkan bisa menjadi penemuan yang menarik. Jika itu bisa dilaksanakan maka akan bermanfaat untuk masyarakat. 

"Jadi selain untuk penelitian dengan Kesiapterapan Teknologi (TKT), harapannya nanti bisa berkembang menjadi  inovasi. Setelah itu, inovasi yang dihasilkan bisa dikerjasamakan dengan industri agar bisa diaplikasikan ke masyarakat," imbuhnya. 

Baca Juga: Satu Mahasiswa Positif Corona, Begini Langkah Universitas Brawijaya

3. Kemenristekdikti total alokasikan Rp632 miliar

UB Peroleh Pendanaan Rp11,98 M dari 71 Judul PenelitianIlustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Menteri Riset dan Teknologi atau Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang PS Brodjonegoro mengumumkan pendanaan penelitian untuk perguruan tinggi negeri non badan hukum (PTN non BH) tahun 2021 yang bersumber dari Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) sebesar Rp632 miliar pada Kamis (18/02).

UB menjadi perguruan tinggi non PTNBH yang menerima penerima pendanaan penelitian terbesar yaitu  Rp11,98 miliar. UB mengungguli sejumlah universitas ternama seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Bina Nusantara hingga Universitas Andalas. 

Baca Juga: Tahun Ini Universitas Brawijaya Terima 6 Ribu Maba Jalur SBMPTN   

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Ajukan 71 Penelitian, UB Peroleh Pendanaan Rp11,98 M

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya