Comscore Tracker

Bersepeda Menggunakan Masker, Amankah?

Buat pemula, bersepeda cukup 30 menit

Jakarta, IDN Times - Selama masa pandemik, masyarakat memiliki tren baru yaitu bersepeda. Untuk mengantisipasi masuknya virus corona, para pesepeda pun menggunakan masker. Namun, akhir-akhir ini banyak beredar informasi memakai masker saat berolahraga, termasuk bersepeda, bisa membahayakan kesehatan. Benar kah?

1. Kapasitas oksigen tak berkurang meski menggunakan masker

Bersepeda Menggunakan Masker, Amankah?Ilustrasi bersepeda (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Tim Dokter Sports, Shoulder & Spine Clinic Siloam Kebon Jeruk, dr Henry Suhendra mengatakan, memakai masker saat bersepeda tidak mengurangi kapasitas oksigen yang masuk ke dalam tubuh manusia.

"Memang ada penelitian menggunakan masker pada atlet hasilnya tidak ada perbedaan dan pengaruh ke kapasitas oksigen yang dibutuhkan manusia, jika berpengaruh dan timbul komplikasi, maka bukan maskernya, namun orangnya yang punya kelainan," kata dia dalam Zoom Meeting, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga: Komisaris Pertagas Meninggal Saat Bersepeda karena Serangan Jantung

2. Jika mau aman, cek jantung dulu sebelum gowes

Bersepeda Menggunakan Masker, Amankah?IDN Times/Dewi Suci

Untuk itu, Henry menyarankan, jika masyarakat ingin bersepeda sebaiknya memeriksakan kesehatan jantung terlebih dahulu. Saat ini, banyak orang yang bersepeda hanya mengikuti tren, namun tidak memikirkan kesehatannya.

"Sering kali bersepeda hanya karena ikut rombongan, jadi lupa bahwa tiap orang punya limit masing-masing. Cek dulu, aman gak jantungnya? Jangan sampai kita bersepeda sehat, pulang tinggal nama," ujar dia.

3. Bagi pemula, bersepeda maksimal cukup 30 menit

Bersepeda Menggunakan Masker, Amankah?Warga bersepeda di kawasan BSD City, Tangerang, Banten (28/6/2020) (IDN Times/Herka Yanis)

Henry juga menyarankan, bagi pemula bersepeda secara bertahap sesuai heart rate. Karena tujuan bersepeda adalah meningkatkan waktu heart rate, sehingga harus dilakukan pelan-pelan hingga bisa mencapai heart rate sesuai target.

Namun, menurut Henry, idealnya jika masyarakat ingin sehat cukup bersepeda selama 30 menit.

"Jika tujuan sehat maka olahraga cukup 30 menit namun rutin, jika lama tidak bersepeda dan berolahraga jangan langsung cepat, tapi bertahap," kata dia.

4. Yang tak kalah penting, jangan lupa pemanasan

Bersepeda Menggunakan Masker, Amankah?IDN Times/Dwi Agustiar

Henry mengingatkan sebelum melakukan olahraga, termasuk bersepeda, sebaiknya melakukan stretching, untuk menghindari cedera.

"Kalau stretching banyak yang melakukan pasif stretching ini sama dengan karet dingin, kita tarik putus. Makanya maka pilih stretching dinamik, dan perlahan-lahan," kata dia.

Baca Juga: Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya