TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Tahap Perkembangan Menakjubkan Janin yang Perlu Kamu Tahu

Keajaiban Tuhan memang benar-benar mengagumkan

loveubaby.in

Memiliki anak merupakan saat-saat yang sangat dinanti seluruh (calon) ibu di dunia. Selain itu, saat sedang hamil rasanya sangat tidak sabar ingin segera bertemu dengan sang bayi yang berada di dalam kandungan. Untuk itu, biasanya para (calon) orangtua akan penasaran bagaimana sebenarnya proses perkembangan janin dalam kandungan tersebut.

Nah, berikut ini informasi mengenai perkembangan serta pertumbuhan bayi ketika berada di dalam kandungan. Yuk, ikut dalam tahapan perjalanan menakjubkan ini!

1. Usia kehamilan 1 bulan

irfantarhan.com

Pada usia satu bulan, biasanya bayi masih berbentuk embrio yang memiliki ukuran sangat kecil layaknya kacang hijau. Sebab, calon janin yang berada di dalam perut baru saja mengalami pembentukan. Fase pertama ini sangat rawan, sehingga ibu yang tidak berhati-hati bisa kehilangan calon bayinya.

2. Usia kehamilan 2 bulan

pinterest.com

Pada tahap usia dua bulan biasanya embrio yang ada pada rahim sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Di mana organ-organ dan jaringan tubuh seperti struktur dasar otak, mulut, mata, dan hidung mulai terbentuk. Namun bagian-bagian tersebut masih sangat amat kecil. 

3. Usia kehamilan 3 bulan

babycenter.com.au

Memasuki usia 3 bulan senantiasa membuat perut sang ibu akan bertambah besar. Hal ini menandakan jika semua tulang dan semua organ vital sudah terbentuk sempurna dan sudah dapat berfungsi dengan baik. Hanya saja, pada usia ini, bayi belum mampu membuka matanya dan mengaktifkan kemampuan panca indranya.

Baca Juga: Katanya, Gender Janin Bisa Dikenali dari Detak Jantungnya, Benarkah?

4. Usia kehamilan 4 bulan

annediyor.com

Ketika memasuki usia 4 bulan, bayi sudah mulai dapat bergerak, mendengarkan suara, hingga tertidur. Percaya atau tidak, bayi yang tidur di dalam kandungan juga dapat bermimpi layaknya ketika sudah lahir. Selain itu, bayi yang berkembang dalam tahap ini sudah dapat diprediksi jenis kelaminnya.

5. Usia kehamilan 5 bulan

fabricbook.net

Memasuki usia 5 bulan, berat badan dan ukuran tinggi janin sudah sangat berkembang. Selain itu, tulang rawan yang membentuk janin mulai berubah menjadi tulang keras pada umumnya. Hal ini diikuti pula dengan lapisan lemak yang mulai tumbuh untuk menjaga suhu tubuh bayi setelah lahir.

6. Usia kehamilan 6 bulan

babycenter.ca

Perkembangan janin yang telah mencapai 6 bulan membuat jenis kelamin janin sudah bisa dipastikan dengan jelas. Meskipun tergantung pada posisinya juga, yang akan memudahkan atau menyulitkan identifikasi jenis kelaminnya. Selain itu, mata bayi juga mulai berkembang dan sensitif terhadap cahaya. 

7. Usia kehamilan 7 bulan

babycentre.co.uk

Pada usia 7 bulan, sistem organ dan tubuh janin sudah menuju sempurna. Mulai dari sistem indera, sistem saraf, dan beberapa sistem lainnya, hingga ibu dapat merasakan sang calon bayi sedang terbangun atau tidur. Hal ini biasanya ditandakan dengan gerakan sadar yang dilakukan bayi seperti menghisap jempol.

8. Usia kehamilan 8 bulan

bpcentre.org

Janin yang memasuki usia 8 bulan pada dasarnya disebut sebagai tahap pematangan. Perkembangan tersebut biasanya berpengaruh pada berat badan dan ukuran janin. Selain itu, janin juga mulai berputar menuju arah jalan keluar.

Baca Juga: Lagi Hamil? 7 Hal Ini Dirasakan Janinmu Saat Kamu Berhubungan Seks

Berita Terkini Lainnya