Comscore Tracker

Bikin Tahan Lama dan Gak Bau, 8 Tips Menyimpan Daging di Lemari Es

Pesta daging berhari-hari nih

Idul Adha biasanya identik dengan momen di mana stok dapur akan dipenuhi dengan daging. Tentu kita tidak bisa langsung menghabiskan daging dalam sehari.

Kita butuh lemari es atau freezer untuk menyimpan stok daging yang melimpah. Nah, tips-tips berikut akan berguna buat kamu yang ingin menyimpan daging di kulkas supaya tahan lama. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Daging jangan dicuci sebelum disimpan

Bikin Tahan Lama dan Gak Bau, 8 Tips Menyimpan Daging di Lemari Esliveplayeat.com

Biasanya banyak yang menyarankan mencuci bahan makanan sebelum disimpan. Namun, hal ini gak berlaku untuk daging, karena akan meningkatkan kadar air di dalam daging.

Selain itu, berpotensi menyebabkan daging terpapar mikroba. Jadi, sebaiknya jangan mencuci daging sebelum disimpan. 

2. Potong daging sesuai dengan kebutuhan

Bikin Tahan Lama dan Gak Bau, 8 Tips Menyimpan Daging di Lemari Esseriouseats.com

Sebaiknya potong daging menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan. Pisahkan daging yang sudah dipotong ke dalam beberapa wadah yang berbeda.

Dengan begitu, kamu cukup ambil satu wadah untuk satu kali masak. Tujuannya supaya kondisi daging lainnya akan tetap terjaga. 

3. Daging dan jeroan sebaiknya dipisah

Bikin Tahan Lama dan Gak Bau, 8 Tips Menyimpan Daging di Lemari Esseriouseats.com

Sebaiknya pisahkan daging dan jeroan. Disarankan untuk menyimpan di kulkas atau freezer yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi silang, karena jeroan akan lebih cepat rusak daripada daging. 

4. Pilih wadah yang bersih untuk menyimpan daging

Bikin Tahan Lama dan Gak Bau, 8 Tips Menyimpan Daging di Lemari Esfarmfieldtable.com

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, pilih wadah yang bersih dan dalam kondisi baik, sehingga bisa menutup rapat. Menggunakan wadah yang tepat akan membuat daging terjaga kebersihannya. Wadah yang baik juga akan mencegah cairan daging mentah mengenai bahan makanan yang lain. 

Baca Juga: 7 Resep Olahan Ayam Saat Idul Adha buat Kamu yang Gak Suka Daging

5. Perhatikan kondisi kulkas atau freezer

Bikin Tahan Lama dan Gak Bau, 8 Tips Menyimpan Daging di Lemari Escleanipedia.com

Selain wadah, kamu juga harus memerhatikan kondisi kulkas atau freezer yang akan digunakan. Pastikan kulkasmu dalam keadaan bersih.

Selain itu, perhatikan pula bagian rak atau sudut kulkas. Jika kulkas kotor, maka bakteri dapat mengontaminasi daging, sehingga daging akan lebih cepat busuk.

6. Beri label tanggal penyimpanan

Bikin Tahan Lama dan Gak Bau, 8 Tips Menyimpan Daging di Lemari Esbetterhealth.vic.gov.au

Jika kamu punya stok daging yang cukup banyak, sebaiknya beri label tanggal penyimpanan pada setiap wadah. Fungsinya sebagai pengingat, sehingga kamu bisa mengontrol waktu kedaluwarsa daging.

Jika kamu mengatur suhu kulkas di bawah 4 derajat Celsius, maka daging dapat tahan lama sekitar 4-5 hari. Sedangkan, suhu freezer di bawah 10 derajat Celcius dapat bertahan lama sekitar 4-12 bulan, tergantung kondisi daging tersebut. 

7. Atur suhu kulkas atau freezer

Bikin Tahan Lama dan Gak Bau, 8 Tips Menyimpan Daging di Lemari Estipsmake.com

Kamu juga harus memperhatikan suhu kulkas atau freezer yang digunakan. Supaya kualitas daging terjaga dengan baik, gunakan suhu yang tepat, yakni suhu di bawah 4 derajat Celsius untuk kulkas dan di bawah 10 derajat Celsius untuk freezer.

8. Hindari memasukkan kembali daging yang sudah gak beku

Bikin Tahan Lama dan Gak Bau, 8 Tips Menyimpan Daging di Lemari Eseatathomecooks.com

Jika kamu sudah mengeluarkan daging beku dan kondisi suhunya sudah cair, sebaiknya jangan disimpan kembali di kulkas. Hal ini bisa menyebabkan mikroba muncul lebih banyak dan akan membuat daging lebih cepat busuk. 

Itulah cara menyimpan daging di kulkas dengan benar, supaya kualitasnya tetap terjaga baik. Yuk, coba terapkan tips ini supaya stok dagingmu tetap terjaga kualitasnya!

Download aplikasi mencari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing yang Harus Kamu Pahami

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya