TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Warung Lontong Balap di Sidoarjo, Rasanya Autentik

Perpaduan taoge, tahu, lento, dan petisnya bikin nagih!

Seporsi lontong balap dengan sate kerang. IDN Times/Talita Hariyanto

Lontong balap menjadi salah satu hidangan khas Surabaya yang populer dan digandrungi banyak orang. Tak hanya warga lokal yang menyukainya, wisatawan dari luar kota pun rela berkunjung ke daerah sekitar Surabaya dan Sidoarjo untuk mencicipi cita rasa lontong balap yang autentik.

Konon katanya, nama lontong balap bermula dari wadah serupa gentong yang dipikul penjualnya. Agar tidak ketinggalan pembeli, mereka sering kali memikul dagangannya dengan setengah berlari. Karena itulah mereka terlihat seolah saling berkejaran atau dalam bahasa Jawa disebut balapan.  

Seporsi lontong balap biasanya dilengkapi lontong, taoge, tahu, lento, dan kerupuk yang disajikan dengan kuah sedap yang khas. Sebagai pelengkap, orang-orang sering kali menambahkan sate kerang dan sambal petis di dalamnya. Di Sidoarjo, ada beberapa warung lontong balap yang worth it untuk dikunjungi. Yuk, simak!

1. Lontong Balap Pak Kumis

Lontong Balap Pak Kumis berlokasi di Jalan Taruna, Maripadi, Gubah, Kedungturi, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Warung ini menyajikan menu utama lontong balap dengan cita rasa yang autentik. Makanan khas Surabaya ini cocok disantap dengan sate kerang dan kerupuk.

Lontong balap dibanderol dengan harga Rp10 ribu, sedangkan kerupuk dan sate kerangnya dibanderol harga Rp2.000. Untuk minumannya, kamu bisa menikmati es dawet khas Ponorogo seharga Rp5 ribu, es degan, es jeruk, es sinom, es beras kencur, es sari ketan hitam, es sarsapapilla, es temulawak, es coffee beer, atau es sari zuurzak. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.30. 

Baca Juga: 4 Warung Mie Bangladesh di Sidoarjo, Ada yang Buka 24 Jam 

2. Warung Lapindo

Warung Lapindo berlokasi di Jalan Nggrekmas, Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 15.00. Tempatnya begitu strategis karena terletak di dekat pertigaan. Jadi, kamu gak perlu kesulitan untuk menemukannya. 

Di sini menyajikan menu utama lontong balap, lontong kupang, lontong kikil, sate kerang, dan sate cecek. Makanan ini cocok disantap dengan sambal petis yang menggugah selera. Lontong balap dibanderol dengan harga Rp11 ribu, sedangkan sate kerangnya seharga Rp1.000 per tusuk. Agar makin nikmat, kamu harus memesan es sinom yang legit seharga Rp6.000 per botol.  

3. Lontong Balap Barokah

Lontong Balap Barokah berlokasi di Jalan Sepanjang Tani, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Warung ini telah berdiri sejak puluhan tahun silam, jadi tak heran jika disebut legendaris. Dengan harga Rp12 ribu, kamu sudah bisa menikmati seporsi lontong balap yang nikmat dan melimpah.

Semua isian lontong balap tampak fresh, termasuk kecambah yang dimasak secara tepat sehingga tidak terlalu lembek maupun keras. Dalam seporsi lontong balap, kamu bisa menikmati tahu, dadar jagung, dan lento goreng. Kamu juga bisa menambah sate kerang yang tak kalah menggiurkan untuk dicoba. Warung ini buka setiap Senin sampai Sabtu mulai pukul 15.00 sampai 22.00. 

4. Warung Lontong Balap Pilang

Di Jalan Raya Banar Pilang No. 215, Banar, Pilang, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, kamu bisa menemukan Warung Lontong Balap Pilang. Warung ini buka selama enam hari mulai pukul 09.30 hingga 15.00 dan tutup khusus hari Jumat. Warung ini begitu mudah ditemukan karena terletak di samping SPBU Pilang. Tak hanya menjadi favorit warga Sidoarjo, warung ini juga sering dikunjungi pecinta kuliner dari luar kota. 

Warung Lontong Balap Pilang menyajikan menu utama lontong balap, lontong kupang, dan sate kerang. Lontong balap yang dibanderol seharga Rp10 ribu ini tidak terlalu manis, sehingga kamu tidak perlu takut enek. Untuk minumannya, kamu bisa memesan es degan yang menyegarkan. Dengan begitu, makan siangmu pasti terasa semakin sempurna.    

5. Lontong Balap Luwung

Lontong Balap Luwung berlokasi di Jalan Raya Luwung Sarirogo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. Di sini, kamu juga bisa menikmati view sawah yang asri. Warung ini buka selama enam hari mulai pukul 12.00 hingga 19.00 dan tutup khusus hari Jumat. Dengan harga Rp10 ribu, kamu sudah bisa menikmati seporsi lontong balap yang menggugah selera. 

Sebagai pelengkap, kamu juga bisa memesan sate kerang yang dibanderol Rp2.000 per tusuk. Dengan rasa yang lezat dan tidak amis, kamu dijamin tidak puas jika hanya mengambil sedikit sate. Untuk memuaskan rasa haus, kamu bisa memesan es teh seharga Rp3.000.    

6. Kupang Lontong Cak Slamet

Kupang Lontong Cak Slamet berlokasi di Jalan Raya Pasar Suko No. 6, RT. 1, RW. 1, Suko, Kabupaten Sidoarjo. Meski warungnya bernama Kupang Lontong Cak Slamet, tempat ini tetap menyediakan menu lain seperti lontong balap, sate kerang, lontong kikil, soto kikil, soto ayam lamongan, nasi rawon, bakso, gado-gado, dan rujak cingur. 

Warung tradisional ini menyajikan aneka menu andalan, salah satunya adalah lontong balap yang segar dan sedap. Lontongnya bertekstur lembut tetapi tidak terlalu lembek, jadi cocok di lidah semua orang. Sate kerang sebagai pelengkapnya juga terkenal berukuran besar-besar. Saat weekend, kamu harus sedikit bersabar sebab banyak pelanggan yang juga singgah ke warung ini. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 20.00. 

Verified Writer

Talita Hariyanto

Manusia hina sebagai makhluk mulia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya