TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Rekomendasi Tempat Makan Ikan Bakar Terenak di Sidoarjo

Tersedia berbagai jenis ikan dengan bumbu-bumbu spesial

Ilustrasi ikan bakar, ayam bakar, cah kangkung, dan es teh. Unsplash/Innasafa

Tak hanya sebagai pusat kegiatan ekonomi, Sidoarjo juga terkenal dengan keberagaman kulinernya. Karena terletak di dekat pesisir, akses ke bahan makanan segar seperti seafood dan ikan menjadi daya tarik Sidoarjo. Salah satu olahan ikan yang terkenal di Sidoarjo adalah ikan bakar. Ikan bakar memiliki cita rasa yang khas. Dengan rasa lezat dan aroma smoky dari proses pembakaran, ikan bakar banyak dicari pencinta kuliner. Berikut 10 rekomendasi tempat makan ikan bakar terenak di Sidoarjo yang wajib kamu kunjungi. Yuk, simak!      

1. Ikan Bakar Lakone

Satu ekor ikan bakar dan sambal. Instagram/Ikanbakar_lakone

Buat kamu yang lagi cari rekomendasi ikan bakar, ini jawabannya. Dengan harga Rp20 ribu, kamu bisa menikmati cita rasa ikan bakar yang gurih. Ikan Bakar Lakone juga sering mengadakan promo, lho! Ikan-ikan yang tersaji pasti fresh, langsung dipanen dari laut. Bumbunya juga beraneka rasa, ada pilihan manis, asam, dan gurih.

Salah satu menu best seller di sini adalah asam-asam kepala manyung. Biasanya, kepala manyung disajikan dengan dibakar terlebih dahulu, tapi di sini kepala ikannya disajikan fresh. Kuah spesial yang sedap di mulut juga menggugah selera. Selain menu ikan, ada juga krengsengan jeroan ikan laut yang rasanya cenderung pedas. Sop ikan goreng juga tak kalah menarik untuk dicoba. Aneka hidangan di sini disajikan lengkap dengan lalapan seperti mentimun, kemangi, kubis, dan tomat. Tempat makannya luas, nyaman, dan tersedia dua lantai. Ada juga pilihan lesehan dan duduk di kursi.   

  • Lokasi: Jalan Basuki Rahmat No. 23, Sidoarjo (depan Pasar Larangan)
  • Jam Operasional: Setiap hari mulai pukul 10.30 hingga 20.00
  • Harga: Range Rp20 ribu sampai Rp60 ribu

2. Warung Ikan Bakar CJDW H. Ony

Warung Ikan Bakar CJDW H. Ony menawarkan pilihan lesehan atau duduk di kursi. Untuk menu ikan bakar, ikan akan dimasak dengan cara digoreng terlebih dahulu, barulah dibakar dengan api yang besar. Aroma smoky begitu terasa, menjadikan santapan ini bertambah lezat. Uniknya, kamu bisa memilih ikan sendiri sesuai budget. Tenang saja, semua ikannya fresh dan terjaga kualitasnya. Sambal di sini juga dibuat dadakan ketika kamu memesan. Sambal yang baru diuleg dan dipindah ke cobek akan disajikan dengan lalapan. Aneka menu ikan bakar yang berukuran besar cocok memuaskan rasa laparmu. 

  • Lokasi: Perumahan Gading Fajar II Blok D3 No. 9-10, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 20.00
  • Harga: Mulai dari Rp45 ribu

3. Ikan Bakar Dewata

Aneka menu di Ikan Bakar Dewata Sidoarjo. Instagram/Ikan.bakar.dewata.sidoarjo

Ikan Bakar Dewata menyajikan cita rasa unik, sebab seafood di sini dibakar dengan sabut kelapa. Rasa dan aroma yang dihasilkan tentu lebih nikmat. Berbagai seafood yang bisa kamu pilih yaitu putihan, gurame, baronang, kakap merah, kerapu, lobster, sate gurita, dan lain-lain. Tak hanya ikan, ada juga pilihan ayam dan telur. Menu lain seperti kerang, udang telur asin, cah brokoli, sapi lombok ijo, dan kerang bakar jimbaran juga tak kalah menarik untuk dicicipi. Salah satu menu best seller di sini adalah ikan kakap bakar. Aneka sambal yang tersedia, yaitu sambal mercon, sambal matah, sambal kecap, dan sambal tomat. Bumbu bakarannya terasa manis dan gurih, didukung ikannya yang lembut dan enak.

  • Lokasi: Jalan Raya Taman Tiara No. 3, Pagerwoco, Kecamatan Buduran, Sidoarjo
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.30 (kecuali weekend buka hingga pukul 22.00)
  • Harga: Range Rp15 ribu sampai Rp95 ribu

4. Warung Lesehan dan Kolam Pancing CSDW

Menu bandeng bakar di Lesehan CSDW Sidoarjo. Instagram/Lesehan.csdw

Tak hanya menyediakan tempat makan, di sini juga terdapat kolam pemancingan. Ada alat pancing bambu sederhana yang bisa kamu gunakan untuk memancing. Oh iya, kamu juga bisa mereservasi tempat ini untuk berbagai agendamu.  

Warung Lesehan CSDW juga terkenal cepat penyajiannya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin datang secara berombongan. Menu makanan yang bisa kamu nikmati, yaitu gurame, nila, patin, bandeng, udang, ayam, cumi-cumi, kepiting, iga buntut, sayur lalapan, mentok, dan ikan gabus. Menu best seller di warung ini adalah gurame asam manis, gurame bakar, dan asem-asem ikan gabus. Aneka sambal pelengkap sajian, yaitu sambal terasi, sambal pencit (mangga muda), sambal merah, dan sambal kecap.  

Tak hanya itu, ada juga pilihan snack seperti pisang krispi cokelat keju, tahu krispi, kentang goreng, dan cireng salju. Minuman tradisional seperti beras kencur dan sinom juga bisa kamu nikmati sambil memancing ikan. Waktu terbaik untuk menikmati hidangan sekaligus suasana di sini adalah sore hari.

  • Lokasi: Candi RT 06 RW 02, Kalipecabean, Kecamatan Sidoarjo
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 20.00
  • Harga: Range Rp25 ribu hingga Rp75 ribu

5. Warung Ikan Bakar Anis

Meski kaki lima, cita rasa Warung Ikan Bakar Anis tidak kalah dengan restoran-restoran ternama. Berbagai pilihan menu, yaitu gurame bakar, gurame bakar pedas, ayam klemis, ayam klemis mini, dan tahu tempe bacem. Seporsi makanan disajikan lengkap dengan lalapan sayur dan sambal yang khas. Ikan bakarnya berukuran besar, bahkan bisa dinikmati 2-3 orang. Ikan bakar yang fresh dengan bumbu meresap ke daging akan memuaskan rasa laparmu. 

Di sini juga tersedia menu ceker mercon dan ceker rica-rica. Jangan khawatir, menu ceker di sini terkenal empuk, bahkan tulangnya bisa dimakan. Hanya di sini kamu bisa makan ceker tanpa effort. Tak perlu diragukan lagi, tempat ini terkenal murah, enak, dan banyak pelanggan.

  • Lokasi: Jalan Pasar Baru Porong, Juwet, Juwetkenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 16.00 hingga 23.00
  • Harga: Range Rp45 ribu hingga Rp100 ribu

6. Ikan Bakar Gubuk Bambu

Salah satu menu di Ikan Bakar Gubuk Bambu Sidoarjo. Instagram/Ikan_bakar_gubuk_bambu

Di sini, kamu bisa menikmati ikan bakar dengan free sambal, lalapan, dan kerupuk. Menu yang jadi langganan konsumen adalah gurame, kakap merah, dorang, kerapu, patin, dan cumi. Kamu juga bisa memilih ikan sendiri, barulah ditimbang untuk menentukan harganya. Aneka pilihan bumbu bakaran untuk menemani santapanmu, yaitu pedas manis, madu, rica-rica, dan mentega. Beberapa menu best seller yang wajib kamu coba adalah gurame bakar bumbu madu, kakap bakar pedas manis, dan kerapu bakar rica-rica. Untuk mencicipi sambal rica, pastikan kamu doyan pedas ya. Beberapa pilihan sambal lainnya, yaitu sambal mentah dengan mangga muda, sambal kecap, dan sambal dabu-dabu.

  • Lokasi: Jalan Raya Sukolegok, Dusun Legok, Sukodono, Sidoarjo
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 22.00 
  • Harga: Mulai Rp8 ribu per ons

7. Ikan Bakar Nur Lestari

Menu patin bakar madu di Lesehan Ikan Bakar Nur Lestari Sidoarjo. Instagram/Ikanbakarnurlestari

Ikan Bakar Nur Lestari menyediakan berbagai olahan ikan gurame, nila, patin, bandeng, udang, lele, dan ayam. Karena ikannya besar, seporsi menu makanan bisa dinikmati hingga 2-3 orang. Ada banyak pilihan bumbu yang bisa kamu coba, misalnya bumbu rujak, bumbu asam manis, bahkan bumbu madu. Meski bumbu madu biasanya disajikan di resto, Ikan Bakar Nur Lestasi juga menyediakan bumbu lezat ini dengan harga terjangkau dan cita rasa yang tidak kalah enak. Semua bumbunya meresap sampai ke daging ikan.

Satu menu yang harus kamu coba adalah nila pesmol. Nila pesmol dibuat dari ikan nila goreng yang dibalur dengan bumbu kuning khas Sunda. Perpaduan rasa nila pesmol yaitu gurih, asam, pedas, dan manis. Di sini juga tersedia paket ayam bakar, termasuk nasi dan es teh, dengan lalapan dan sambal sepuasnya. Potongan ayamnya juga besar dan empuk. Ikan Bakar Nur Lestari juga menyediakan paket keluarga untuk 2 orang hingga 20 orang dengan harga yang relatif murah. Lokasi rumah makan juga luas, cocok untuk makan beramai-ramai. Ikan Bakar Nur Lestari juga tersedia di GoFood dan ShopeeFood.  

  • Lokasi: Jalan Perumahan Jenggolo Asri, Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo (Pujasera Bumdes Pagerwojo Wakpa)
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 23.00
  • Harga: Range Rp20 ribu sampai Rp60 ribu

8. Kolam Pancing dan Ikan Bakar Podomoro

Menu Gurame bakar khas Ikan Bakar Podomoro. Instagram/ikanbakarpodomoro_sidoarjo

Tak hanya tempat makan, Ikan Bakar Podomoro juga menyediakan kolam pancing. Di sini, kamu bisa menikmati ikan hasil tangkapanmu sendiri. Berbagai menu yang tersedia, yaitu gurami bakar, gurami asam manis, patin asam manis, ayam bakar, cah kangkung, dan urap-urap. Semua menu masakannya terkenal lezat.

Tempat ini masih menjadi hidden gem karena letaknya kurang terlihat dari jalan besar. Tapi, berkunjung ke tempat ini tentulah worth it. Dengan rasa yang memuaskan, harga terjangkau, dan suasana pedesaan yang asri, kamu bisa mendapat pengalaman kuliner yang luar biasa. Ikan olahan di sini juga terkenal besar dan tidak amis. 

  • Lokasi: Jalan Bendo Niten No. 369, Bendo, Urangagung, Sidoarjo 
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.30
  • Harga: Mulai dari Rp25 ribu

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Ikan Segar Supaya Tidak Amis, Pakai Jeruk Lemon!

9. Bale Apung

Menu ikan kakap bakar saus madu di Bale Apung. Instagram/Baleapung.sidoarjo

Bale Apung menyediakan tempat makan lesehan tepat di atas kolam yang luas. Karena terletak di pinggir jalan besar, Bale Apung dapat kamu temukan dengan mudah. Tempat ini menyediakan aneka menu, seperti bandeng, pepes, ayam bakar/goreng, sayur, sambal, gurame, nila, kakap, kerapu, dorang, udang, cumi, dan kerang. Beberapa pilihan saus yang bisa kamu pilih, yaitu saus jimbaran, madu, padang, asam manis, bangkok, rujak, dan rica-rica. Di sini juga menyediakan nasi kebuli dalam nampan yang dapat dinikmati 4-5 orang mulai harga Rp100 ribu. 

Suasana di Bale Apung sangat bagus, apalagi saat malam hari ketika lampu warna-warni turut mempercantik suasana. Tak hanya outdoor, di sini juga tersedia area indoor ber-AC yang muat hingga 70 orang. Sebagai hiburan anak, ada playground yang bisa digunakan. Tempat ini cocok untuk mengadakan acara apapun atau sekadar nongkrong.

  • Lokasi: Jalan Raya Gelam No. 45, Gelam, Candi, Sidoarjo
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00
  • Harga: Mulai dari Rp25 ribu

Verified Writer

Talita Hariyanto

Manusia hina sebagai makhluk mulia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya