TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Rekomendasi Nasi Timbel di Surabaya, Sayur Asemnya Juara!

Ada pilihan lauk ayam goreng, empal, udang, dan lain-lain

Ilustrasi nasi timbel. (istockphoto.com/Habibi Alisyahbana)

Rasanya ada yang kurang jika kamu belum mencicipi masakan tradisional Indonesia saat kulineran di Surabaya. Tak hanya makanan khas Jawa Timur, di Surabaya juga ada rumah makan yang menyajikan makanan khas daerah lain, misalnya nasi timbel yang berasal dari Jawa Barat.

Nasi timbel biasanya disajikan dengan daun pisang sebagai pembungkusnya. Ini memberikan aroma khas, bahkan berpengaruh juga terhadap tekstur nasi. Uniknya, seporsi nasi timbel biasanya disajikan lengkap dengan lauk pauk seperti ikan asin, ayam goreng, empal, udang, dan sebagainya. Ada juga lalapan, sambal, dan kremesan yang semakin melengkapi kelezatan nasi timbel. Buat kamu yang lagi di Surabaya, kami sudah merangkum 7 rekomendasi tempat makan nasi timbel yang worth it buat dicoba. Yuk, simak!     

1. Fusia Restaurant

Fusia Restaurant memiliki banyak cabang di Surabaya, seperti di Jalan Kendangsari, Jalan Dr. Soetomo, Pakuwon City Mall, Pakuwon Trade Center Mall, dan Galaxy Mall. Salah satu cabang yang selalu ramai dikunjungi pelanggan terletak di Jalan Dr. Soetomo No. 134, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00.

Sesuai tagline-nya, Fusia Restaurant menjadikan nasi timbel sebagai menu andalan. Satu porsi nasi timbel dilengkapi dengan lauk pauk yang melimpah, seperti tahu sutra tepung, tempe tepung, ikan asin jambrong, sayur asem, dan lalapan. Sebagai pelengkap, kamu bisa mengambil sambal dan kremesan sepuasnya. Ada juga additional menu, seperti ayam, empal gepuk, bebek, iga, dan lain-lain. Harga seporsi nasi timbel dibanderol mulai dari Rp31 ribu.  

Baca Juga: 5 Toko Keramik di Surabaya Terlengkap

2. Kampoeng Timbel

Kampoeng Timbel berlokasi di Jalan Bubutan No. 1-7, Lantai GL, Kecamatan Bubutan, Surabaya. Restoran yang buka setiap hari ini terletak di BG Junction Mall. Jam operasinya mulai pukul 10.00 hingga 22.00. 

Kampoeng Timbel menyediakan aneka menu paket, salah satunya nasi timbel rakyat. Dengan memesan paket ini, kamu sudah bisa mendapat nasi timbel, tempe goreng, ikan asin, tahu goreng, kol goreng, lalapan, minuman, dan lauk. Beberapa pilihan lauk yang ada, yaitu ayam goreng, bebek goreng, empal suwir, babat goreng, paru goreng, lidah goreng, usus goreng, bakwan goreng, telur goreng, ceker goreng, jeroan mix, dan ati ampela. Harganya dibanderol mulai Rp25 ribu hingga Rp56 ribu. Ada juga additional menu seperti pete goreng, ikan asin, kulit goreng, tahu dan tempe goreng, sayur asem, dan masih banyak lagi.         

3. Tip-Top Nasi Timbel

Tip-Top Nasi Timbel berlokasi di Jalan Manyar Kertoarjo Gang V No. 38, Mojo, Gubeng, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Rumah makan ini beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00. 

Di sini, kamu bisa mencicipi menu nasi timbel dengan aneka lauk, seperti ayam, empal, udang, iga, bebek, bandeng, dan bakwan. Satu porsi nasi timbel di sini sudah dilengkapi dengan sayur asem, tahu, tempe, ikan asin, dan daging cacah. Harganya dibanderol mulai Rp28 ribu. Meski rumah makan ini memiliki menu spesial nasi timbel, mereka juga menyediakan variasi lain agar pelanggan bisa mencicipi kelezatan cita rasa dari menu lain. Tip-Top Nasi Timbel juga menyediakan nasi kalasan, pecel, urap, dan lodeh. 

4. Warung Abah Bandung

Warung Abah Bandung berlokasi di Perumahan Permai Nomor 03, Jalan Ketintang Madya, Kecamatan Gayungan, Surabaya. Rumah makan ini buka setiap Selasa sampai Minggu mulai pukul 07.00 hingga 20.00.

Seperti kebanyakan warung khas Sunda, Warung Abah Bandung menyediakan masakan rumahan ala Sunda seperti pepes dan sayur asem. Beberapa menu pepes yang tersedia, yaitu pepes tahu, pepes ikan patin, pepes ikan mas, pepes ikan asin peda, dan pepes ayam kampung. Di sisi lain, menu andalan di tempat makan ini adalah nasi timbel yang dilengkapi dengan lalapan segar, sambal yang menggugah selera, ikan asin, dan tahu tempe. Buat kamu yang suka rasa manis, kamu disarankan memesan nasi timbel gepuk. Buat kamu yang cenderung suka asin, kamu bisa memilih nasi timbel ayam. Harganya dibanderol mulai Rp30 ribu.          

5. Bon Ami Restaurant

Bon Ami Restaurant memiliki banyak cabang di Surabaya, seperti di Jalan Dr. Soetomo, Jalan Kombes Pol. M. Duryat, Jalan Simpang Darmo Permai, dan Jalan Raya Dharmahusada. Salah satu cabang yang selalu ramai dikunjungi pelanggan terletak di Jalan Dr. Soetomo No. 94, Darmo, Kecamatan Tegalsari, Surabaya. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00.

Bon Ami Restaurant menyajikan aneka hidangan steak, soup, salad, omelet, pasta, burger, sandwich, hot plate, dan aneka nasi. Salah satu menu nasi andalan di sini adalah nasi timbel. Seporsi nasi timbel Bon Ami dilengkapi dengan sayur asem, telur asin, ikan asin, tempe goreng, sambal goreng kacang teri, lalapan, dan sambal. Ada dua pilihan lauk, yaitu ayam dan empal. Nasi timbel ayam dibanderol Rp80 ribu, sedangkan nasi timbel empal dibanderol Rp85 ribu.   

6. Kampar Batik and Resto

Kampar Batik and Resto berlokasi di Jalan Indragiri No. 43, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Rumah makan ini beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 20.30. 

Di sini, kamu bisa menikmati aneka nasi timbel dengan berbagai pilihan, seperti nasi timbel empal goreng bumbu, nasi timbel empal kisi, dan nasi timbel ayam goreng. Harganya dibanderol mulai Rp31 ribu hingga Rp36 ribu. Agar pelanggan semakin puas, rumah makan ini juga menyediakan menu spesial nasi timbel komplit seharga Rp54 ribu. Selain itu, di sini juga menyediakan aneka menu penyetan, menu sayur, menu kuah, dan menu ikan.  

Verified Writer

Talita Hariyanto

Manusia hina sebagai makhluk mulia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya