TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Jajanan Jadul Terenak di Sekitar ITS, Bikin Nostalgia!

Ada kue lekker, otak-otak, es jelly, bahkan es puter

Ilustrasi kue lekker. (istockphoto.com/MielPhotos2008)

Jajanan jadul selalu bisa memikat hati banyak orang, terutama bagi kamu yang pengin bernostalgia. Jajanan jadul seperti kue lekker, es puter, bahkan es susu jeli cukup sering dicari-cari. Gak cuma menggugah selera, jajanan jadul juga membawa kembali kenangan dari masa kecil yang penuh canda tawa.

Di sekitar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, kamu bisa menemukan banyak jajanan jadul, sebab daerah ini menjadi pusatnya jajanan dan kuliner bagi mahasiswa bahkan dosen dari berbagai daerah. Biar gak bingung, berikut 7 rekomendasi jajanan jadul terenak di sekitar ITS yang bisa bikin kamu makan enak sambil bernostalgia. Yuk, simak!

1. Kue lekker

Kue lekker adalah jajanan tradisional yang bentuknya mirip dengan crepes, tapi ukurannya lebih kecil dan lebih tipis. Kue ini bertekstur renyah di bagian tepinya tapi lembut di bagian tengahnya. Isian kue lekker sangat beragam, mulai dari yang memiliki cita rasa manis sampai asin. Harga makanan ini pun sangat terjangkau.

Kamu bisa mendapatkan kue lekker yang enak di sekitar apartemen Puncak Kertajaya. Ada pilihan menu pisang cokelat, pisang cokelat susu, pisang cokelat keju, pisang milo, pisang blueberry, pisang strawberry, pisang milo susu, pisang keju susu, dan special mix. Harganya dibanderol mulai Rp1.500 hingga Rp7.000 ber biji.

Baca Juga: Rekomendasi Kafe Buat Nugas di Sekitar ITS

2. Es susu jeli

Es susu jeli terbuat dari susu kental manis yang diencerkan dengan air, lalu ditambah jeli. Jeli biasanya terbuat dari bubuk agar-agar dengan berbagai rasa dan warna, sehingga minuman ini tampak menarik dan kaya akan tekstur. Es susu jeli sangat disukai karena perpaduan cita rasanya yang manis, kenyal, dan segar. 

Kamu bisa mendapatkan es susu jeli yang segar di sekitar Jalan Gebang Lor No. 82, Gebang Putih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Jajanan ini dijual tepat di sebelah kiri Masjid Assyafi'ah yang bercat hijau. Ada tiga pilihan gelas yang bisa disesuaikan keinginanmu, yaitu gelas kecil yang dibanderol Rp5.000, gelas sedang yang dibanderol Rp7.000, dan gelas besar yang dibanderol Rp10.000.  

3. Es puter Toeng-toeng

Es puter adalah es krim tradisional yang terbuat dari santan kelapa, sehingga rasanya lebih gurih dibandingkan es krim biasa yang menggunakan susu. Makanan ini dinamakan "es puter" karena dalam proses pembuatannya, semua bahan diputar secara manual dalam wadah besar yang dikelilingi es batu dan garam untuk membantu proses pembekuan.

Kamu bisa menemukan jajanan es puter di sekitar Bundaran ITS, tepatnya sebelum SPBU Shell. Jam bukanya mulai pukul 18.30 hingga 23.00. Es Puter Toeng-toeng menjadi favorit banyak orang, sebab dengan harga Rp10 ribu kamu sudah mendapat 6 scoop es puter nikmat. Ada juga pilihan porsi mangkuk seharga Rp15 ribu dan liter box seharga Rp35 ribu. 

Di sini, kamu bisa mencoba beragam varian rasa seperti nangka, cokelat, alpukat, oreo, durian, dan kelapa muda. Untuk toppingnya, kamu bisa memilih meses, milo, roti, susu, atau pun oreo. Uniknya, Es Puter Toeng-toeng juga melayani pesan antar, lho!  

4. Otak-otak Pak Rohmat

Otak-otak adalah jajanan tradisional yang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan. Biasanya, bahan bakunya menggunakan ikan tenggiri yang dibungkus dengan daun pisang, lalu dipanggang atau dikukus hingga matang. Kadang-kadang, jajanan ini juga diolah dengan cara digoreng. Otak-otak disukai karena teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih.

Kamu bisa mendapatkan jajanan otak-otak di Jalan Arief Rahman Hakim No. 21, Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Jajanan ini dijual tepat di depan Masjid Jami' As-Sa'adah. Penjualnya stand by di sana mulai pukul 10.00 hingga 15.00. Gak cuma otak-otak, di sini kamu juga bisa mencicipi tahu dan cireng yang gak kalah enak. Kamu bisa membelinya sesuai keinginanmu, bisa Rp5.000 maupun lebih banyak.     

5. Pentol

Pentol adalah jajanan populer yang terbuat dari campuran daging ayam, sapi, atau ikan beserta tepung. Adonan ini dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil mirip bakso. Pentol biasanya disajikan dengan tambahan saus kacang, sambal, kecap, maupun saus tomat agar rasanya semakin nikmat.

Kamu bisa mencicipi lezatnya pentol di Halte PENS, tepatnya di Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya. Di sini menyediakan pilihan pentol bakso, tahu, dan siomay. Ada juga bumbu kacang, saus tomat, saus sambal, maupun kecap sebagai pelengkapnya. Kamu bisa membelinya sesuai keinginanmu, bisa seharga Rp3.000 saja bahkan Rp10 ribu. Pentol menjadi camilan sederhana dan praktis yang cocok dinikmati siapa saja, entah itu anak-anak maupun orang dewasa.      

6. Kebab Seho

Kebab biasanya terbuat dari daging yang dipanggang dengan balutan roti tortilla. Biasanya, isian kebab juga terdiri dari sayuran, saus, dan keju. Jajanan ini disukai karena perpaduan daging panggang yang gurih dengan sayuran segar dan saus yang creamy menjadi kombinasi sempurna untuk memuaskan lapar.

Di sekitar ITS, kamu bisa menikmati lezatnya Kebab Seho di Jalan Sidosermo IV No. 5, Kecamatan Wonocolo, Surabaya. Banyak pilihan menu yang bisa kamu nikmati, seperti kebab sosis ayam, kebab sosis sapi, kebab beef, kebab telur, kebab daging, dan masih banyak lagi. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp7.000 hingga Rp15 ribu saja. Ada juga pilihan kebab pisang dan burger yang gak kalah lezatnya.

7. Piscok Bos Kecil

Pisang goreng cokelat terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung, lalu digoreng dan dilumuri cokelat di bagian atasnya. Pisang yang kriuk berpadu dengan cokelat yang manis menciptakan sensasi memuaskan. Pisang goreng cokelat sering kali menjadi jajanan andalan.

Di daerah ITS, kamu bisa menemukan penjual pisang goreng cokelat di seberang makam Islam Gebang Lor, Jalan Gebang Lor No. 5-12, Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Di sini menyediakan beragam pilihan menu seperti pisang cokelat keju, pisang cokelat, pisang karamel, pisang cokelat karamel, pisang karamel keju, pisang blueberry, dan pisang strawberry. Harga semua varian hanya dibanderol Rp10 ribu, lho!  

Nah, itulah 7 rekomendasi jajanan jadul paling enak yang wajib kamu coba di sekitar ITS. Eits, hati-hati kalap, ya!

Baca Juga: 6 Hotel Dekat Kampus ITS Surabaya, Mulai Rp300 Ribuan Per Malam

Verified Writer

Talita Hariyanto

Manusia hina sebagai makhluk mulia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya