TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kafe Viral Terenak Dekat Stasiun Malang, Cocok Buat Quality Time

Tak hanya kopi, ada juga aneka pastry dan sweet food

Ilustrasi dua wanita sedang menikmati aneka menu kafe. (freepik.com)

Kota Malang terkenal dengan keberagaman destinasi wisata kekinian yang menghibur. Tak hanya menggunakan kendaraan pribadi, para wisatawan kerap berkunjung ke kota ini dengan moda transportasi umum, misalnya kereta api. Banyaknya aktivitas di stasiun kereta api menjadikan tempat ini dikelilingi beragam toko, salah satunya toko kopi. 

Tak hanya untuk menunggu jam keberangkatan kereta api, kafe-kafe ini juga dibuat agar kamu bisa menikmati short escape tanpa perlu jauh-jauh meninggalkan stasiun. Dengan begitu, waktu liburanmu pasti lebih efisien. Berikut 7 kafe viral paling enak di dekat Stasiun Malang. Yuk, buruan catat!  

1. Calathea Garden

Suasana Calathea Garden, Malang. (instagram.com/ca.lathea)

Sesuai namanya, Calathea Garden menyajikan suasana asri khas taman di teras rumah. Di sekitar kafe ini, banyak spot-spot estetik karena masih satu kawasan dengan Kampoeng Heritage Kayoetangan. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai snack, minuman, dan makanan berat.

Untuk pemuas lapar, tersedia cheese roll, aci goreng, tahu walik, kentang goreng, snack platter, dan rice bowl katsu. Untuk pemuas haus, ada es kopi susu calathea, caramel latte, red velvet, magnum pleasure, peach tea, sea-sonic blue, dan lain sebagainya.

Jangan ragu datang ke sini, sebab tempat yang nyaman dan estetik siap menyambutmu. Tak sampai lima menit berkendara dari Stasiun Malang, kamu sudah bisa menikmati quality time bersama orang tercinta di tempat terbaik. 

  • Lokasi: Jalan Arif Rahman Hakim IV No.129, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang.
  • Jam operasional: Senin sampai Kamis buka pukul 08.00 hingga 21.00, Jumat sampai Minggu buka pukul 09.00 sampai 22.00
  • Harga: Range Rp8.000 sampai Rp22.000
  • Media sosial: Instagram @ca.lathea

Baca Juga: 7 Noodle Bar di Malang Berkonsep Open Kitchen, Wajib Dicoba!

2. Retawu Deli

Hidangan croissant di Retawu Deli. (instagram.com/retawudeli)

Retawu Deli menyediakan aneka menu makanan seperti sandwich, salad, appetizer, soup, pasta, main dish and brunch, dan dessert. Tak hanya makanan, ada juga aneka minuman seperti almond milk, ice chocolate varlhona, kombucha bottle, soy milk, artisan coffee, healthy drink, dan sebagainya. Di sini juga menyediakan menu sarapan mulai pukul 06.00 hingga 10.00, sedangkan menu all day mulai pukul 10.00 hingga 17.00. 

Toko ini cocok buat kamu yang suka ngopi sambil menyantap croissant. Apalagi buat kamu yang dari luar kota, menikmati kuliner di Retawu Deli tentu menjadi pilihan yang tidak akan mengecewakan. Tak hanya tampilannya yang cantik, rasanya pun juga tak kalah menarik. 

Dengan sudut-sudut berwarna pink dan hijau serta chandelier yang unik, kamu semakin dimanjakan dengan keindahan tempat ini. Beberapa menu best seller yang bisa kamu cicipi yaitu butter croissant, lemon custard pie, dan grandma croissant.   

  • Lokasi: Jalan Retawu No. 4, Kecamatan Klojen, Kota Malang.
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 20.00
  • Harga: Range Rp50.000 sampai Rp88.000
  • Media sosial: Instagram @retawudeli

3. Ruca Koffie

Tampak depan Ruca Koffie, Malang. (instagram.com/rucakoffie)

Ruca Koffie menyediakan aneka menu utama, makanan pendamping, dan minuman kopi maupun nonkopi. Beberapa menu utama yang bisa kamu cicipi yaitu chicken BBQ sauce, chicken soyu sauce, chicken curry, aglio olio, dan chicken mushroom sauce. Untuk menemani aktivitasmu, kamu bisa memesan snack seperti burger, french fries, dan snack platter. Selanjutnya, aneka minuman kopi maupun nonkopi yang siap kamu seruput, yaitu butterscotch latte, caramel macchiato, terrafilatte, choco banana, coco breeze, dan yummy gummy.

Kamu bisa menikmati suasana kafe yang tenang, karena tempat ini terletak di dalam perumahan. Dengan tempat duduk outdoor dan indoor, kamu bisa memilih ruangan sesuai kebutuhanmu. Sambil menunggu jam kereta, kamu bisa coba mampir ke sini untuk menikmati tempat nongkrong yang minimalis dan modern.     

  • Lokasi: Jalan Doktor Sutomo No. 27, Kecamatan Klojen, Kota Malang.
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00
  • Harga: Mulai dari Rp22.000
  • Media sosial: Instagram @rucakoffie

4. Toko Kopi Jaya Klojen

Meja kasir Toko Kopi Jaya. (instagram.com/tokokopijaya)

Sesuai namanya, Toko Kopi Jaya tergolong sukses berdiri. Toko ini bahkan punya beberapa cabang di Kota Malang, seperti di Klojen, Begawan, Sukun, Ijen, Sawojajar, Soekarno Hatta, dan Kepundung. Klojen menjadi salah satu cabang Toko Kopi Jaya yang terdekat dari Stasiun Malang.

Toko Kopi Jaya Klojen terletak di lokasi yang strategis, sehingga tempatnya mudah dicari. Beberapa menu minuman best seller di sini, yaitu kopi susu mantap jaya dan es cokelat hazelnut. Tak hanya minuman, ada juga banyak kuliner yang tersedia di depot dua legenda, seperti nasi ayam kungpao, nasi ayam telur asin, dan dimsum kukus. Ada juga makanan ringan seperti handcut fries coffee sauce, potato wedges, dan pop corn classic. Aneka roti balap dengan topping unik seperti glaze cappuccino, coffee cream, srikaya classic, dan jeruk manis siap memberi cita rasa baru.   

Terkenal dengan vibes jadoel-nya, Toko Kopi Jaya recommended sebagai tempat kumpul-kumpul bareng keluarga maupun sahabat. Tak perlu khawatir, harga yang terjangkau dan rasa kuliner yang enak tak akan bikin kamu menyesal.       

  • Lokasi: Jalan Pajajaran No. 25D, Kecamatan Klojen, Kota Malang.
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 22.30
  • Harga: Range Rp8.000 sampai Rp30.000
  • Media sosial: Instagram @tokokopijaya

5. Kedai Pipir Lepen

Suasana di Pipir Lepen. (instagram.com/pipirlepen)

Kedai Pipir Lepen terkenal dengan suasana asri khas pedesaan karena di sekitar tempat ini terdapat banyak tanaman. Kafe yang berada di dalam Pasar Bunga Splendid ini memiliki view sungai yang menyejukkan. Di pintu masuk kafe, kamu perlu melewati gua terlebih dahulu. Di sini, kamu harus mencoba menu mie goreng mlipir, donat kentang, cireng, es cokelat, dan kopi saring.

Ada juga menu lainnya seperti nasi goreng paci-paci dengan kekhasan bumbu rempah, nasi maya tomat dengan kekhasan ayam suwir, dan nasi ricak ipas dengan kekhasan rica daging sapi. Di sini juga menyediakan paket hemat mulai Rp10 ribu sampai Rp23 ribu seperti AKOPAG (apang dan kopi pagi) serta paket kusi sarapan.   

Buat kamu yang tidak terbiasa pakai cash, jangan khawatir, karena Kedai Pipir Lepen juga menerima pembayaran nontunai. Oh iya, tempat ini terletak sangat dekat dengan Stasiun Malang. Bahkan, kamu bisa berkunjung ke sini hanya dengan jalan kaki. 

  • Lokasi: Jalan Kertanegara, Kecamatan Klojen, Kota Malang.
  • Jam operasional: Buka setiap hari 24 jam
  • Harga: Range Rp13.000 sampai Rp30.000
  • Media sosial: Instagram @pipirlepen

6. Selak Kopi

Dua pemuda berbincang di Selak Kopi. (instagram.com/selakkopi)

Keunikan Selak Kopi terletak pada view rel kereta api ala Vietnam yang bisa kamu nikmati sambil menyeruput kopi. Selain itu, kamu juga bisa memesan kudapan seperti donat, roti maryam, pisang goreng, tempe mendoan, dan french fries untuk melengkapi aktivitas nongkrongmu. Jika ingin makan makanan berat, ada juga pilihan mie goreng, mie kuah, nasi telur pontianak, nasi orak-arik, dan nasi cumi yang bisa kamu coba. 

Rasanya seperti ada yang kurang kalau tidak menikmati sajian minuman otentik khas Selak Kopi. Ada pilihan menu coffee seperti kopsu cinammon, kopsu creamy, dan es kopi jelly, juga ada menu milk based seperti chocolate, matcha, blackpink, dan honey regal.   

Di sini tersedia area indoor dan outdoor. Satu yang perlu dicatat, kamu harus ekstra hati-hati jika memilih area outdoor karena jarak lintasan kereta dengan tempat dudukmu cukup dekat. Dengan sudut-sudut yang instagramable, jangan lupa mengabadikan momen di Selak Kopi melalui media sosialmu, ya!   

  • Lokasi: Jalan Karya Timur No. 24, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 00.00
  • Harga: Range Rp10.000 sampai Rp16.000
  • Media sosial: Instagram @selakkopi

Verified Writer

Talita Hariyanto

Manusia hina sebagai makhluk mulia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya