Comscore Tracker

Bukan Makanan, 5 Oleh-oleh Kediri Ini Juga Layak Kamu Beli

Pernah beli jenitri?

Berkunjung ke Kediri, biasanya identik dengan kulinernya yang khas, salah satunya Brem Kediri. Tapi bukan hanya kuliner lho yang bisa kamu beli. Melainkan oleh-oleh berupa suvenir juga bisa kamu jadikan oleh-oleh dan pastinya bisa jadi kenang-kenangan karena sifatnya yang gak akan cepat habis. Ini dia rekomendasi oleh-oleh awet yang bisa kamu beli!

1. Batik Kediri

Bukan Makanan, 5 Oleh-oleh Kediri Ini Juga Layak Kamu Beliinstagram.com/bakolbatikmurah

Motif batik mungkin sering kamu temui di berbagai daerah. Tapi batik khas Kediri memiliki motif batik bolleches yang artinya kumpulan titik-titik yang berasal dari sejarah rakyat Kediri saat dijajah Belanda. Motif yang bisa kamu pilih, di antaranya motif Simpang Lima Gumul dan motif garuda. Harganya pun berkisar mulai Rp30 ribuan. Murah kan?

2. Tenun Ikat Bandar

Bukan Makanan, 5 Oleh-oleh Kediri Ini Juga Layak Kamu Beliinstagram.com/towelgift_

Di daerah Bandar Kidul, Mojoroto-Kediri kamu akan menjumpai komunitas pengrajin ikat tenun Bandar. Mulai dari tenun biasa hingga tenun dari kain sutera semua tersedia. Bahkan tenun-tenun ini telah di ekspor ke berbagai negara salah satunya Jepang dan Amerika. Wah, bangga dong! Kamu bisa membeli tenun ini mulai dari Rp150 ribu.

Baca Juga: Tahukah Kamu Sate Nol Dua? Kuliner dari Kediri yang Enak & Unik

3. Jenitri

Bukan Makanan, 5 Oleh-oleh Kediri Ini Juga Layak Kamu Beliinstagram.com/cha_collections3

Gelang-gelang etnik yang bisa kamu beli di Kediri ialah gelang genitri, tapi sering disebut gelang jenitri. Nama jenitri berasal dari poho dengan nama yang sama. Tak hanya gelang, biji-bijian ini biasanya juga berupa kalung, tasbih hingga gantungan kunci. Gelang ini bisa kamu beli mulai harga tiga ribuan.

4. Suvenir tempurung kelapa

Bukan Makanan, 5 Oleh-oleh Kediri Ini Juga Layak Kamu Beliinstagram.com/ besek.online.murah

Masyarakat Kediri sangat kreatif dalam memanfaatkan tempurung kelapa yang tidak terpakai lho, guys! Tempurung kelapa yang tak terpakai dijadikan aneka suvenir berupa mangkok, cangkir dan berbagai perabotan lainnya. Biasanya suvenir ini dijual di sekitar simpang lima gumul dnegan harga mulai Rp30 ribu. Wah, asyik nih sambil wisata dan beli oleh-oleh!

5. Kerajinan bambu

Bukan Makanan, 5 Oleh-oleh Kediri Ini Juga Layak Kamu Beliinstagram.com/besek_khasjogja

Selain tepurung kelapa, kerajinan bambu merupakan alternatif oleh-oleh yang bisa kamu pilih. Kerajinan bambu dalam bentuk tempat tisu hingga lampu duduk bisa kamu temukan. Harganya pun berkisar sekitar seratus hingga tiga ratus ribuan tergantung tingkat kesulitannya dalam pembuatannya.

Itu dia oleh-oleh khas Kediri yang bisa kamu beli selain makanan. Jadi, pilih yang mana nih?

Baca Juga: Plesiran ke Kediri, 5 Tempat Wisata Alam Ini Wajib Kamu Kunjungi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Akbar di IDN Times Community dengan judul Bukan Kuliner, 5 Oleh-oleh Kediri Ini Juga Layak Dibeli

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya