Comscore Tracker

7 Hal yang Bikin Berpikir Ulang Jika Mau Liburan Akhir Tahun ke Batu

Sudah macet-macetan, eh hujan..

Jawa Timur punya beragam destinasi wisata. Salah satu tujuan wisatawan adalah Kota Batu. Nama Batu memang sudah cukup tersohor sebagai salah satu tujuan berwisata. Pemandangan alam yang dipadukan dengan beberapa arena taman bermain, menjadikan batu sebagai primadona wisata.

Tapi, kalau mau liburan sekarang, saat momen akhir tahun, sebaiknya kamu punya pertimbangan yang cukup matang untuk mewujudkan list liburanmu ke Batu. Masa high season seperti sekarang, membuat Batu kurang nyaman untuk dipilih sebagai lokasi liburan.

Kenapa ya? Ini 7 alasannya. IDN Times sendiri merasakan langsung betapa 'menantangnya' berlibur ke Batu saat musim liburan akhir tahun seperti sekarang. Yuk disimak!

1. Hampir pasti kesabaranmu diuji saat berhadapan dengan kemacetan

7 Hal yang Bikin Berpikir Ulang Jika Mau Liburan Akhir Tahun ke BatuKemacetan di tol Malang. IDN Times/Atirah Esa

Siapa sih yang betah macet? Semua bayangan indah liburan bisa kacau balau kalau kamu terjebak macet. Apalagi yang nyetir sendiri pakai mobil manual. Kedua kakimu harus betah lincah, menginjak dan melepas kombinasi pedal gas, kopling, dan rem.

Banyak orang yang menuju ke Batu. Maka bisa dipastikan, jalanan ke arah Batu sangat super padat! Apalagi jalanan di Kota Batu tidak terlalu lebar, sehingga rawan macet. Saat liburan panjang, sering diadakan buka tutup jalan.

Biasanya mulai dari arah Pendem hingga gapura selamat datang Batu, suasana jalanan jadi amat padat. Kalau memang memaksa ke Batu, pintarlah mencari jalan. Bisa lewat Karangploso atau Junrejo. 

2. Mau liburan, eh malah hujan

7 Hal yang Bikin Berpikir Ulang Jika Mau Liburan Akhir Tahun ke BatuSpot foto andalan The Onsen Hot Spring Resort, Batu, Jawa Timur. IDN Times/Reza Iqbal

Banyak destinasi wisata di Batu yang semi outdoor. Kalau sudah bermain di luar, kita gak bisa berharap banyak dengan cuaca.

Nah, Desember ini hujan deras datang lebih sering, sehingga bisa mengacaukan itinerary liburanmu di Batu. Sudah jauh-jauh ke Batu, eh malah hujan. Kan syediiiihh, duh!

3. Harga penginapan di Batu melonjak saat akhir tahun

7 Hal yang Bikin Berpikir Ulang Jika Mau Liburan Akhir Tahun ke BatuPenginapan di Batu, Jawa Timur. IDN Times/Reza Iqbal

Batu punya beragam pilihan penginapan. Tapi kamu harus mencatat, harga penginapan di sana jelas melonjak tajam pada masa-masa akhir tahun seperti sekarang.

Bersyukurlah buat kamu yang sudah memesan penginapan sejak jauh-jauh hari. Harganya masih lumayan bisa disesuaikan dengan budget liburanmu.

Tapi, kalau kamu spontan pengen ke Batu selama beberapa hari tanpa mempersiapkan tempat penginapan pada akhir tahun ini, sebaiknya pikir-pikir deh. Bisa-bisa anggaran liburanmu lebih banyak dihabiskan untuk pindah tidur. Lebih baik cari alternatif tempat berlibur lain, guys.

Sebagai kota wisata, gak heran kalau harga penginapan di Batu melonjak drastis. Beruntunglah kalau kamu sudah memesan dari jauh hari. Kalau kamu belum pesan hingga saat ini, lebih baik mencari alternatif tempat liburan lainnya.

3. Berbagai tempat wisata di Batu lebih sesak ketimbang hari-hari biasa

7 Hal yang Bikin Berpikir Ulang Jika Mau Liburan Akhir Tahun ke BatuSuasana liburan di Jatim Park, Batu. IDN Times/Reza Iqbal

Saat libur akhir tahun seperti sekarang, akan ada banyak orang yang berwisata ke Batu. Hal ini menjadikan tempat-tempat wisata ramai dan sesak. Lebih padat daripada weekend biasa. Terkadang beberapa tempat juga memberikan harga khusus, sehingga lebih mahal.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaik di Dunia, Indonesia Nomor Satu Lho!

4. Mengantre wahana jadi lebih lama

7 Hal yang Bikin Berpikir Ulang Jika Mau Liburan Akhir Tahun ke BatuSuasana mengantre wahana di Alun-alun Batu. IDN Times/Fina Wahibatunnisa

Pengalaman ini sudah dirasakan saat liburan akhir tahun di Jatim Park 1. Setiap pengin naik wahana, setidaknya kamu harus antre selama sejam. Waktumu jadi terbuang sia-sia, kan?

Kalau sekadar jalan-jalan, berenang, atau wisata kuliner di dalamnya bisa saja. Hal serupa juga terjadi di Selecta. Lebih baik bawa tikar dari rumah, itu pun kalau tidak hujan.

5. Butuh perjuangan hebat dan kesabaran ekstra untuk cari tempat parkir

7 Hal yang Bikin Berpikir Ulang Jika Mau Liburan Akhir Tahun ke BatuIDN Times/Hana Adi Perdana

Naik motor memang jadi pilihan nyaman untuk berwisata di Batu. Namun, mengingat cuaca yang tak menentu, naik mobil jadi pilihan terbaik. Sayangnya, mencari parkiran mobil saat liburan akhir tahun akan terasa melelahkan.

7. Relatif lebih sepi, Malang bisa dijadikan alternatif

7 Hal yang Bikin Berpikir Ulang Jika Mau Liburan Akhir Tahun ke BatuSuasana di Kampung Warna-warni, Malang, Jawa Timur. IDN Times/Siantita Novaya

Di saat Batu ramai, Malang justru relatif sepi. Hal ini bisa jadi alternatif liburan, kalau kamu merasa kurang nyaman di Batu. Malang punya beragam destinasi wisata yang gak kalah seru.

Ada puluhan pantai indah, kolam renang Sengkaling, ratusan tempat wisata kuliner, kampung wisata, museum, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah tujuh alasan sebaiknya tidak menghabiskan liburan akhir tahun di Batu. Masih banyak alternatif destinasi liburan yang relatif lebih sepi dan seru, kok!

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Sebaiknya Tak Memilih Bali untuk Liburan Akhir Tahun

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya