Comscore Tracker

5 Tips Liburan ke Lombok Naik Kapal dari Surabaya, Murah Pol!   

Liburan naik kapal? Siapa takut! 

Mau liburan ke Lombok, tapi takut tiket pesawat mahal? Apalagi kalau berangkatnya rame-rame bersama teman atau keluarga, hmm.. pasti takut berat diongkos, ya?

Jangan khawatir, sekarang liburan ke Lombok bisa lho dengan budget minimal. Salah satu alternatifnya yakni dengan naik kapal laut. Ditambah lagi, saat ini sudah banyak kapal yang rute keberangkatannya dari Surabaya langsung menuju Lombok. Kira-kira, apa saja yang perlu disiapkan? Berikut 5 tips liburan murah ke Lombok menggunakan kapal laut!

1. Cari informasi lengkap keberangkatan kapal 

5 Tips Liburan ke Lombok Naik Kapal dari Surabaya, Murah Pol!   https://hubla.dephub.go.id

Yang pertama, pastikan dulu informasi jadwal keberangkatan kapal yang dituju. Informasi juga dapat diakses melalui aplikasi perusahaan kapal terkait.

Sebagai contoh, kalian ingin berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Kalian bisa menggunakan KM Kirana VII dengan rute tersebut. Untuk lebih jelasnya, kalian juga bisa mengunduh aplikasi DLU Ferry. Disana sudah tersedia lengkap jadwal kapal, harga hingga dapat membeli tiket secara online.

Begitu juga jika kalian menggunakan DLU Oasis, jangan lupa catat tanggal dan jam keberangkatan. Karena kapal dengan rute ini biasanya berangkat setiap dua hari sekali dan dengan jam yang relatif berbeda. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Kapal Pesiar, Bisa Berlayar Sekaligus Liburan!

2. Cek tarif harga penumpang maupun kendaraan

5 Tips Liburan ke Lombok Naik Kapal dari Surabaya, Murah Pol!   Antara

Tarif kapal terhitung jauh lebih terjangkau daripada pesawat. Untuk KM Kirana VII dari Tanjung Perak menuju Lembar, dikenakan tarif mulai Rp160 ribu bagi penumpang dewasa, Rp110 ribu untuk anak-anak dan Rp35 ribu untuk bayi. Sedangkan untuk DLN Oasis, tarif penumpang sekitar Rp95 ribu untuk orang dewasa dan Rp70 ribu untuk anak-anak. 

Meski tergolong murah, informasi harga tiket perlu diperhitungkan secara matang. Apalagi jika kalian membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, karena pasti biayanya akan berbeda. 

Untuk detailnya, kalian bisa cek langsung di website maupun aplikasi perusahaan kapal terkait. 

Baca Juga: Sempat Gangguan, Runway Bandara Juanda Sudah Normal

3. Bawa makanan atau cemilan dari rumah

5 Tips Liburan ke Lombok Naik Kapal dari Surabaya, Murah Pol!   Pixabay

Waktu tempuh kapal dari Surabaya menuju Lombok biasanya sekitar 20an jam. Jadi, kalian akan berada di dalam kapal seharian. Untuk menghemat dan menghindari beli ini itu di dalam kapal, lebih baik bawa sendiri perbekalan dari rumah.

Tapi jika dirasa barang bawaan sudah berat dan enggan membawa makanan sendiri, tidak perlu khawatir karena di dalam kapal juga tersedia stan penjual makanan. Jadi nggak perlu takut kelaparan ya

4. Bawa Powerbank

5 Tips Liburan ke Lombok Naik Kapal dari Surabaya, Murah Pol!   Thinkstock

Karena seharian di dalam kapal, ada baiknya kalian membawa powerbank sendiri. Karena di beberapa kapal, tak jarang dikenakan tarif untuk mengisi daya baterai handphone yang kalian miliki. 

Kalau bisa, saat berangkat pastikan baterai handphone kalian dalam kondisi penuh. Hal ini untuk mengantisipasi jika baterai habis, lalu banyak antrean penumpang yang juga ingin mencharge handphonenya. 

5. Sedia pakaian tebal atau selimut

5 Tips Liburan ke Lombok Naik Kapal dari Surabaya, Murah Pol!   dok. pribadi

Untuk mencegah suhu udara dingin di tengah laut, ada baiknya kalian membawa pakaian tebal atau selimut sendiri. 

Untuk mendapatkan selimut, biasanya dikenakan tarif sewa sendiri. Kecuali jika kalian membeli tiket yang sudah include kamar sekaligus fasilitasnya sih.

Baca Juga: Liburan ke Lombok, Wajib Kunjungi 5 Desa Wisata ini untuk Healing 

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya