Comscore Tracker

Cocok Dijadikan Destinasi, 6 Keunikan yang Dimiliki Kabupaten Jember

Kalau ke Jember biasanya kamu pergi ke tempat wisata apa?

Kabupaten Jember terletak di sebelah tenggara Jawa Timur. Jember masuk dalam wilayah Tapal Kuda yang memiliki ragam budaya masyarakat. Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS), luas Jember sebesar  3.293,34 kilometer persegi.

Jember juga punya berbagai macam destinasi wisata maupun kuliner. Berikut 6 ciri khas dan keunikan yang dimiliki Kabupaten Jember!

1. Salah satu produsen tembakau terbesar di Indonesia

Cocok Dijadikan Destinasi, 6 Keunikan yang Dimiliki Kabupaten Jembertwitter.com/thinkway_ID

Tidak banyak yang tahu bahwa Jember merupakan salah satu produsen tembakau terbesar di Indonesia. Dilansir dari website resmi indonesia.go.id, Jember dapat dikategorikan sebagai daerah penghasil cerutu terbaik di dunia dan banyak dari produksinya telah di ekspor ke luar negeri.

Hal tersebut membuat Jember memiliki julukan sebagai 'Kota Tembakau'. Bagi kamu pecinta cerutu ataupun rokok, wajib banget nih mengunjungi sentra penghasil tembakau ini untuk belajar lebih lanjut mengenai proses produksinya.

2. Jember Fashion Carnaval (JFC) yang spektakuler

Cocok Dijadikan Destinasi, 6 Keunikan yang Dimiliki Kabupaten Jembertwitter.com/samjeef

Banyak orang yang tidak menyangka kalau Kota Jember memiliki festival budaya berkelas dunia. Jember Fashion Carnival atau JFC merupakan sebuah pertunjukan kostum yang diadakan setahun sekali. Masyarakat dunia juga telah mengakuinya sebagai salah satu festival budaya terkeren yang pernah ada.

Hal itu dapat dibuktikan pada situs resmi New York Post yang menyebutkan bahwa Jember Fashion Carnival memiliki daya tarik tersendiri pada kostum warna-warni yang dipertunjukkan. Oleh karena itu, kamu tak perlu bertanya-tanya lagi mengenai apa sebenarnya keindahan kota Jember.

3. Budaya Pandhalungan sangat melekat di masyarakat Jember 

Cocok Dijadikan Destinasi, 6 Keunikan yang Dimiliki Kabupaten Jembertwitter.com/Zonajatim1

Jika berkunjung ke Jember dan menetap beberapa minggu di sana, kamu pasti akan mengetahui bahwa kota ini memiliki beragam budaya dan bahasa. Budaya Pandhalungan merupakan ciri khas dari Kota Jember yang tak dimiliki oleh wilayah lain.

Pandhalungan memiliki arti sebagai perpaduan budaya antara suku Jawa dan Madura. Oleh karena itu, jangan heran jika kamu pernah mendengar orang-orang Jember yang memakai bahasa campur-campur dalam berkomunikasi setiap harinya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Pantai yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika di Jember

4. Jember memiliki puluhan pantai yang cukup eksotis

Cocok Dijadikan Destinasi, 6 Keunikan yang Dimiliki Kabupaten Jemberinstagram.com/lintangharianti

Banyak orang yang setuju bahwa garis selatan Pulau Jawa menyimpan beragam keindahan pantai yang tak dapat diragukan lagi. Semua anggapan tersebut akan dibuktikan jika kamu berkunjung ke Kota Tembakau ini. Jember memiliki lebih dari lima pantai yang cukup indah.

Gambar yang tertera di atas merupakan potret dari Pantai Papuma. Pantai tersebut memiliki pasir sangat putih serta air jernih yang dapat memanjakan mata. Ditambah cuaca yang begitu panas menyengat akan membuatmu merasakan kesegaran pantai. Maka dari itu, kamu tak akan menyesal jika berkunjung ke kota yang cukup indah ini.

5. Jember memiliki minuman khas dengan nama dan rasa yang cukup unik yaitu Wedang Cor 

Cocok Dijadikan Destinasi, 6 Keunikan yang Dimiliki Kabupaten Jemberinstagram.com/tyana6107

Berbicara tentang kuliner, Jember memiliki salah satu minuman yang memiliki rasa dan nama yang cukup unik. Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar istilah 'wedang cor'? Intinya bukan minuman yang terbuat dari cor beton ya!

Minuman ini terbuat dari campuran susu, jahe, dan ketan hitam yang dijamin nikmat. Wedang cor sangat cocok dinikmati ketika suhu udara sedang dingin-dinginnya. Oleh karena itu, jangan banyak berpikir lagi jika ingin berkunjung ke Jember ya!

6. Penghasil kedelai edamame terbesar di Indonesia

Cocok Dijadikan Destinasi, 6 Keunikan yang Dimiliki Kabupaten Jemberinstagram.com/edamamejatim

Edamame merupakan kedelai yang berasal dari negara-negara di Asia Timur. Di Indonesia sendiri, produsen terbesar dari edamame ini terletak di Kota Jember. Situs resmi GNFI menyebutkan bahwa Kota Jember berhasil memproduksi sebanyak 9000 ton setiap tahun.

Edamame memiliki rasa yang cukup nikmat jika disantap saat musim penghujan tiba. Cara pengolahannya adalah dengan merebusnya sampai isinya jadi empuk. Jika kamu berkunjung ke Jember, jangan lupa bawa oleh-oleh kedelai edamame untuk kawan-kawanmu ya!

Dari keenam fakta unik di atas, sudah tidak ada keraguan lagi 'kan untuk mengunjungi Jember? Setelah pandemi berakhir, jadikan Kota Jember sebagai tujuan utama destinasi wisata, ya!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Jadi Rekomendasi Liburan Serumu!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Hamas Nurhan di IDN Times Community dengan judul 6 Ciri Khas Kota Jember yang Unik Banget, Cocok Dijadikan Destinasi!

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya