Comscore Tracker

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitar

Mana dulu yang mau kamu kunjungi?

Jawa Timur selalu punya destinasi wisata yang gak akan habis buat dikunjungi. Setiap kota selalu punya lokasi wisata yang menarik. Salah satunya di Blitar.

Mungkin tak banyak yang tahu kalau Blitar punya "harta karun" tempat wisata yang ngehits. Kalau kamu sedang berkunjung ke sana, wajib rasanya mendatangi 10 tempat wisata paling populer di Blitar berikut ini.

1. Pantai Tambakrejo

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitarinstagram.com/lindaoctuvw

Berada di Desa Tambakrejo, pantai ini selalu ramai pengunjung. Pantai ini punya pasir putih dan air yang jernih. Spot yang pas untuk menyegarkan badan setelah melepas penat dari hingar bingar perkotaan. Kamu juga bisa berenang di sini.

Selain menikmati keindahan pantai, kamu bisa melihat kampung nelayan di bibir pantai. Terdapat pula tempat pelelangan ikan, sehingga kamu bisa membeli hasil tangkapan laut dari para nelayan yang tentunya masih segar. 

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp6.000

2. De Karanganjar Koffieplantage

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitarinstagram.com/uncle_garrylommy

De Karanganjar Koffieplantage merupakan sebuah perkebunan kopi di Desa Karanganyar Timur, Blitar. Tak hanya sekadar melihat proses pembuatan kopi, kamu juga bisa menikmati kopi enak di kafenya. Meskipun masih baru, tempat ini mulai ramai dikunjungi banyak orang.

Uniknya, salah satu baristanya adalah warga asing yang sedang melakukan penelitian di sana. Terdapat beberapa museum yang bisa dikunjungi, yakni RoemahLodji, Moesioem Poerna Bhakti, Moesioem Mblitaran, dan Moesioem Poesaka.

Dulunya, De Karanganjar Koffieplantage merupakan pabrik kopi peninggalan Belanda. Kalau kamu pengin mengenal sejarah tempat ini lebih mendalam, mintalah tour guide.

Lokasi: Dusun Karanganyar, Desa Karanganyar Timur, Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00

Harga: hari biasa seharga Rp10 ribu, sedangkan weekend dan hari libur seharga Rp15 ribu.

3. Candi Penataran

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitarinstagram.com/hellodalila

Kamu yang ingin wisata sejarah bisa datang ke Candi Penataran. Namanya sudah sangat tersohor. Kerap disebut juga sebagai Candi Palah, candi ini dipercaya sebagai situs candi terluas di Jawa Timur. Berdiri sejak Kerajaan Kediri pada tahun 1200 Masehi.

Candi Penataran berada di Desa Penataran, Kabupaten Blitar. Bentuk reliefnya khas, yakni wujud manusia digambarkan sebagai wayang kulit. 

Lokasi: Desa Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00

Harga: Rp3.000

4. Petilasan Rambut Monte

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitarinstagram.com/orfanurmaa

Kawasan Gunung Kawi seringkali dikenal karena ritual pesugihannya, tapi siapa sangka terdapat sebuah telaga cantik di dalamnya. Namanya Rambut Monte. Terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, tempat wisata ini merupakan sumber mata air.

Meski tidak luas, kejernihan airnya berhasil memancing perhatian wisatawan. Telaga ini dihuni oleh ratusan ikan sengkarin yang konon dikeramatkan penduduk setempat.

Kepercayaan yang beredar menyebutkan siapa pun yang sengaja mengambil ikan tersebut, maka akan mendapatkan kutukan. Terlepas dari itu, Petilasan Rambut Monte layak masuk daftar kunjungan karena tempatnya indah banget.

Lokasi: Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00

Harga: untuk dewasa seharga Rp3.000, sedangkan anak-anak hanya Rp2.000

5. Makam Bung Karno

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitarinstagram.com/tiaaputribd

Makam Bung Karno merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai sosok presiden pertama Indonesia, Soekarno. Terletak di Utara Kota Blitar, tempat ini berdiri di lahan yang sangat luas.

Kompleks makan Bung Karno sendiri memiliki bentuk bangunan joglo dan diapit oleh makam kedua orang tuanya. Selain area makam, kamu bisa mengunjungi perpustakaan yang menyimpan semua buku bacaan Bung Karno dan beberapa karyanya. Beberapa lukisan dan barang peninggalan Bung Karno juga ada di sana.

Sepulang dari sana, pengetahuan sejarahmu dijamin bakal makin kaya.

Lokasi: Jalan Ir. Soekarno Nomor 152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-16.00

Harga: Rp3.000

6. Kampung Cokelat

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitarinstagram.com/dikadara

Di Jawa Timur, Kota Blitar memegang predikat sebagai kota penghasil kakao atau cokelat. Maka dari itu, masyarakatnya menyulap perkebunan cokelat menjadi tempat wisata.

Kampung Cokelat sangat cocok dinikmati bareng keluarga, karena kamu bisa sekaligus menambah ilmu tentang proses pembuatan cokelat dari awal hingga akhir. Setelah itu, kamu bisa menikmati hasil cokelatnya, seperti milkshake, nasi goreng cokelat, dan es krim. 

Lokasi: Jalan Banteng - Blorok Nomor 18, Desa Plosorejo, Kademangan, Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.30

Harga: Rp5.000

Baca Juga: Info Wisata Candi Prambanan: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

7. Wisata Gunung Butak

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitarinstagram.com/sajad.farqan

Buat kamu yang suka aktivitas mendaki gunung, cobalah ke Gunung Butak. Kamu bisa memulai dari jalur pendakian Sirah Kencong yang ada di Kabupaten Blitar. Sirah Kencong sendiri merupakan perkebunan teh di Desa Ngadirenggo.

Sesampainya di puncaknya, rasa lelah habis mendaki dijamin akan sirna setelah melihat pemandangan hamparan perkebunan teh. Dari puncak Gunung Butak, kamu bisa melihat puncak Gunung Arjuno, Welirang, dan Mahameru. 

Lokasi: perbatasan Kabupaten Blitar dan Malang

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: ketika registrasi, kamu membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang. Terdapat biaya tambahan bagi yang membawa kendaraan, yakni Rp5.000 untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil. 

8. Pantai Peh Pulo

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitarinstagram.com/ab.prasetyo90

Pantai yang berada di Desa Sumbersih, Kabupaten Blitar, ini cukup berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Blitar. Pantai Peh Pulo masih jarang dikunjungi wisatawan, kamu pun bisa berendam di bagian bibir pantai. 

Bagian tengah air laut yang dekat bibir pantai, terdapat pulau-pulau kecil yang sangat indah kalau diabadikan. Terumbu karang di pantai ini bisa kamu lihat dengan cara diving, tapi harus membawa sendiri peralatannya, karena masih belum ada yang mengakomodir.

Lokasi: Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: tidak dipungut biaya

9. Curug dan Kedung Badrun

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitarinstagram.com/deaatmaji

Destinasi wisata satu ini berbentuk pemandian dan air terjun yang berada di Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Mengajak keluarga ke tempat ini menjadi pilihan yang cocok, karena kamu bisa melihat keindahannya dengan berbagai spot foto yang menawan.

Akses ke sini cukup melewati jalur dari Blitar, yakni Jalan Raya Trisula. Curug Badrun terdiri dari air terjun bertingkat dengan kedung di bawahnya.

Ketinggian curug pun mencapai delapan meter dan lebar sekitar 10 meter. Suasana sejuk dan asri akan kamu dapatkan di sini. Dijamin betah!

Lokasi: Dusun Bakung, Desa Bakung, Kecamatan Bakung , Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: gratis

10. Agrowisata Belimbing Karangsari

Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata Paling Populer di Blitarinstagram.com/devrinfrancisca

Agrowisata ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Blitar dan menjadikan buah belimbing sebagai ikonnya. Kota Blitar merupakan salah satu kota penghasil belimbing yang unggul.

Tidak hanya melihat-lihat keadaan perkebunan, kamu diperbolehkan memetik dan memakan langsung buahnya. Rasa belimbing di sini sangat manis dan berukuran cukup besar.

Awalnya, destinasi wisata ini hanya dibuka saat akhir pekan dan tanggal merah saja, sehingga cocok banget sebagai tempat melepas penat bareng keluarga. Tetapi saat ini, kamu bisa berkunjung setiap hari.

Lokasi: Jalan Jeruk, Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00

Harga: Rp10 ribu

Nah, sudah lihat kan destinasi wisata paling populer di Blitar? Gak kalah sama kota-kota lain di Jawa Timur, Blitar juga cocok buat dijadikan pilihan liburanmu. Selain murah, destinasi wisata di Blitar juga layak kamu abadikan di handphone. Jepret, upload, bikin caption, sukses deh bikin teman-temanmu iri pengin main ke Blitar.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Pilihan Baim Wong & Paula Verhoeven di Luar Negeri

Topic:

  • Dida Tenola
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya