Comscore Tracker

'Wonderful Banyuwangi Hot Deals', Jurus Pemkab Genjot Turis Awal Tahun

Paket murah berlibur akan berlangsung hingga Maret 2019

Banyuwangi, IDN Times - Untuk menggenjot jumlah turis di awal tahun, di Banyuwangi mengadakan paket wisata murah 'Wonderful Banyuwangi Hot Deals' yang didukung Kementerian Pariwisata. Paket ini terutama diperuntukkan untuk memikat kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) asal Malaysia.

 

1. Strategi saat low season

'Wonderful Banyuwangi Hot Deals', Jurus Pemkab Genjot Turis Awal TahunIDN Times/Humas Pemkab Banyuwangi

 

Paket Hot Deals diluncurkan seiring menurunnya kunjungan wisatawan yang selalu terjadi di awal tahun.

”Awal-awal tahun biasanya memang low season, karena wisatawan sudah liburan semua saat akhir tahun, dengan dukungan Kementerian Pariwisata, kini ada program Wonderful Banyuwangi Hot Deals yang berlaku mulai Januari sampai Maret 2019," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (10/1)

Baca Juga: Ada 225 Tewas, Korban Laka Lantas di Banyuwangi Mayoritas Anak Muda  

2. Paket Hot Deals akan disajikan dengan harga murah.

'Wonderful Banyuwangi Hot Deals', Jurus Pemkab Genjot Turis Awal TahunIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Paket Hot Deals berlibur ke Banyuwangi bertarif 995 MYR (Ringgit Malaysia) atau setara Rp 3,8 juta. Dalam paket tersebut, berisi tiket pesawat Kuala Lumpur-Banyuwangi (berangkat-pulang) menggunakan pesawat Citilink. Sampai di Banyuwangi wisatawan bakal mendapat penginapan hotel berbintang, transportasi lokal dan tentunya mengunjungi destinasi wisata dan berkuliner.

"Ini merupakan strategi untuk mendongkrak kunjungan Wisman ke Banyuwangi. Semua pemangku kepentingan dilibatkan, mulai hotel, pengelola destinasi, hingga agen perjalanan wisata," paparnya.

Dia meyakini strategi tersebut bisa menggerakkan pariwisata lokal di saat low season. Apalagi paket Hot Deals menawarkan banyak menawarkan banyak potongan harga.

”Karena perilaku konsumen pasti senang dengan diskon. Apalagi kalau diskonnya besar seperti paket Wonderful Banyuwangi Hot Deals ini,” ujarnya.

3. Model diskon berwisata akan ada lagi di momen Ramadan

'Wonderful Banyuwangi Hot Deals', Jurus Pemkab Genjot Turis Awal TahunIDN Times/Humas Pemkab Banyuwangi

 

Program potongan harga berlibur juga bakal diberikan lagi saat low season di Bulan Ramadan. Pada bulan tersebut, kunjungan Wisman maupun wisatawan dalam negeri selalu menurun dari tahun ke tahun.

"Bisa dipastikan tingkat kunjungan wisatawan nusantara menurun, apalagi bagi Banyuwangi yang mengandalkan wisata alam seperti pegunungan, pantai, dan taman nasional. Maka pas bulan puasa nanti, paket wisatanya kita konsentrasikan ke pasar non-Muslim. Wisatawan Australia, misalnya. Kita galang mereka lewat Bali melalui paket wisata di Banyuwangi,” paparnya.

Baca Juga: Intensitas Hujan Meningkat, 40 Hektar Sawah di Banyuwangi Terendam

Topic:

  • Mohamad Ulil Albab
  • Faiz Nashrillah

Just For You