Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Petik Buah Naga di Banyuwangi, Dijamin Puas 

Yuk wisata sehat dengan petik buah di kebun langsung

Apakah kamu pernah melihat kebun buah naga yang dipenuhi lampu saat malam hari? bila belum, kamu bisa coba datang ke Kabupaten Banyuwangi. Di sana banyak areal persawahan yang ditanami buah naga, bahkan lengkap dengan paket wisata petik dan makan di tempat.

Luas areal pertanaman buah naga di kabupaten Banyuwangi mencapai 3.786 hektar dengan produksi mencapai 82.544 ton per tahun. Potensi yang besar tersebut sebagian juga dimanfaatkan untuk wisata edukasi petik buah naga.

Dari jumlah tersebut, sekitar 1.362 hektar lahan buah naga yang tersebar di daerah Pesanggaran, Siliragung, Tegaldlimo, Bangunrejo dan Purwoharjo Banyuwangi sudah teraliri listrik.

Bisnis mananam buah naga di Banyuwangi memang sebagian tergantung pada listrik untuk penerangan lampu. Sebab lampu ini yang akan menjadikan produktivitas buah naga semakin tinggi, agar bisa berbuah di luar musim. Selain itu, nyala ratusan lampu di kebun buah naga juga jadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

Bila kamu ingin makan buah naga sambil belajar tentang pertanian buah naga bisa langsung ke 5 tempat ini.

Baca Juga: 5 Cara Menanam Buah Naga, Mudah dan Praktis untuk Dicoba

1. Astaga Dragon  

5 Tempat Wisata Petik Buah Naga di Banyuwangi, Dijamin Puas Lokasi wisata Astaga Dragon/Instagram.com @edwinnofiansyah

Wisata petik buah naga Astaga Dragon berada di Dusun Komis Wetan, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono. Di sana, pemilik kebun buah naga menyediakan akan berbagi banyak hal tentang buah naga sambil menikmati buahnya di lokasi. Kamu bisa belajar mengenal jenis buah naga, cara mengawinkan buah naga, proses perawatan dan potensi bisnisnya.

Jangan dibayangkan kebun buah naga di Astaga Dragon membuatmu kepanasan, sebab terdapat rerimbunan tanaman markisa yang menjalar di sepanjang lorong. Sementara kanan kirinya sudah dipenuhi tanaman buah naga. Untuk berlibur ke sana, kamu cukup membayar karcis masuk sebesar Rp5 ribu per orang. Wisata ini buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB.

2. Naga Svarna Agrowisata  

5 Tempat Wisata Petik Buah Naga di Banyuwangi, Dijamin Puas Wisata Naga Svarna/Instagram.com @naga_svarna

Selanjutnya yang tidak kalah menarik yakni Naga Svarna yang ada di kawasan Jl. Raya Jember-Banyuwangi, Krikilan, Kecamatan Glenmore. Tidak hanya wisata petik buah naga, di sana tersedia beragam paket wisata untuk Anak-anak TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan masyarakat umum.

Wisatawan bisa belajar menanam buah naga yang benar, teknik pemupukan, metode menanam dalam pot, pemanfaatan limbah kulit buah naga, game hingga pelatihan agrobisnis.

Tidak hanya itu, di Naga Svarna juga tersedia beragam fasilitas seperti gazebo, kafe, sound system, kolam ikan dan sarana outbound.

3. Agro wisata buah naga Ringinsari

5 Tempat Wisata Petik Buah Naga di Banyuwangi, Dijamin Puas Ilustrasi wisata petik buah naga/Instagram.com @tourbanyuwangi

Agro wisata buah naga di Dusun Ringinsari, Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Kawasan Pesanggaran memang jadi salah satu yang mengawali pertanian buah naga menggunakan lampu untuk meningkatkan produktivitas. Bila kamu mampir ke sana, lokasi agrowisata Ringinsari sudah satu arah menuju wisata Pulau Merah.

Tidak hanya wisata petik buah naga, di sana juga tersedia aneka olahan buah naga seperti mi buah naga, sirup buah naga dan beragam olahan makanan berbahan buah naga.

4. Wisata buah naga malam hari di Kecamatan Purwoharjo

5 Tempat Wisata Petik Buah Naga di Banyuwangi, Dijamin Puas Petik buah naga malam hari/Dok Pemkab Banyuwangi

Tahukah kamu bahwa saat malam hari kebun buah naga di Banyuwangi diterangi dengan ratusan lampu yang menyala. Lampu-lampu ini selain jadi daya tarik wisatawan, ternyata juga bermaksud untuk mempercepat produktivitas buah naga. Hasilnya, serupa pengganti fotosintesis, terang lampu membuat buah naga bisa terus berbuah meski belum musim berbuah. Harga buah di luar musim pun juga semakin mahal.

Wisata buah naga di malam hari juga dikelola oleh kelompok petani yang ada di Dusun Tambakrejo, Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo. jadi bila kamu ingin menikmati buah naga meski bukan saat musim berbuah, bisa datang ke sana. Tidak hanya makan buah naga, namun kamu juga bisa belajar berbisnis buah naga kepada para petani.

5. Agrowisata buah naga dan jeruk milik Paguyuban Sekar Arum Naga

5 Tempat Wisata Petik Buah Naga di Banyuwangi, Dijamin Puas Wisata petik buah naga/Instagram.com @wisata_nagalistrik

Selanjutnya yang tidak kalah menarik yakni agrowisata petik jeruk dan naga listrik yang berada di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran. Di sana, tersedia banyak fasilitas untuk spot foto berlatar kebun buah naga. Paguyuban Sekar Arum Naga juga menyediakan panggung tempat berfoto.

Tempat ini tentu juga menyediakan paket wisata edukasi petik buah hingga belajar mengawinkan buah naga. Agrowisata ini juga menyediakan tanaman jeruk yang bisa kamu petik untuk oleh-oleh. Lokasi wisata petik buah naga dan jeruk berada di jalur wisata Pulau Merah.

 

Itu tadi 5 wisata petik buah naga di Banyuwangi. Berwisata alam sambil memetik,  menikmati, sekaligus belajar bertaman buah naga tentu bakal jadi pengalaman tak terlupakan.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Warung Makan Menu Lokal Banyuwangi untuk Sarapan

Mohamad Ulil Albab Photo Community Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya