Comscore Tracker

Campur Bakso hingga Pecel, 6 Warung Rawon Paling Maknyus di Banyuwangi

Cuma di Banyuwangi kalian bisa nemu rawon hybrid kayagini

Tak cuma wisatanya, Banyuwangi juga dikenal dengan keunikan kulinernya. Ada banyak makanan unik yang bisa dinikmati di daerah dengan juluka The Sunrise of Java ini. Salah satunya adalah rawon. Tak sekadar disajikan biasa, rawon di Banyuwangi juga dikenal sebagai makanan hybrid alis campu-campur. 

Yang penasaran, coba mampir ke 5 warung rawon terenak di Banyuwangi ini.

1. Rawon Warung Pangklang Asri

Campur Bakso hingga Pecel, 6 Warung Rawon Paling Maknyus di Banyuwangiinstagram.com/kho_muhammad

Terletak di Jalan Letjen S Parman No 3, Sobo, Banyuwangi. Buka dari jam enam pagi sampai sembilan malam. Menu andalan warung ini adalah nasi rawon pecel.

Terdiri dari nasi pecel yang diberi potongan daging sapi dan disiram kuah rawon. Tak lupa topping peyek buat variasi tekstur renyah. Kalau dirasa masih kurang kalian bisa tambah lauk misal perkedel kentang, telur asin dan kerupuk udang. Makannya cukup tebus dengan harga Rp27.000 sekalian sudah dapat es jeruk. Enak nan murah!

Selain rawon pecel, kalian tetap bisa menikmati nasi rawon original. Seporsi nasi ditumpangi potongan daging sapi lalu disiram kuah bumbu kluwek. Biasanya didampingi sambal, irisan seledri, bawang goreng dan kecambah mentah.

Kalian bisa coba menu lainnya mulai nasi campur, nasi pecel, nasi sop daging dan lain lain.

2. Rawon Warung Yu'ah

Campur Bakso hingga Pecel, 6 Warung Rawon Paling Maknyus di Banyuwangiinstagram.com/hobimakan.banyuwangi

Khas warung ini adalah potongan daging yang dicampur lemak bikin kuahnya sedikit oily namun gurihnya berlipat. Cocoknya disantap saat masih panas.
Makannya pakai nasi pulen dengan telur asin dan kerupuk udang. Untuk mencobanya cukup siapkan Rp15.000 di kantong.

Sajian berkuah lainnya yang wajib dicicipi disini adalah sop buntut sapi. Daging buntutnya lembut berpadu dengan kuah kaldu yang pekat bercitarasa gurih. Biar makin greget kuahnya bisa dicampur sama sambal. Kalau mau ada sensasi segarnya jangan lupa diberi kucuran jeruk.

Beralamat di Jalan Singosari No 5, Banyuwangi. Buka jam tujuh pagi sampai delapan malam.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Seru dan Kekinian, Hits Abis!

3. Warung Rawon Mak Tini

Campur Bakso hingga Pecel, 6 Warung Rawon Paling Maknyus di Banyuwangiinstagram.com/eddy.9un

Alamatnya di Jalan Jenderal Sudirman 167, Banyuwangi. Buka dari jam lima pagi sampai empat sore. Nasi rawon disini cukup ditebus Rp12.000.

Isi semangkuk rawon terdiri dari potongan daging beserta lemak berpadu dengan tahu masak merah dan mie kuning. Komposisinya pas banget buat mengimbangi rasa kuah kluweknya yang tidak terlalu pekat.

Untuk memanjakan lidah kalian bebas piilh lauk aneka jeroan sapi goreng mulai babat, usus, paru, limpa dan empal. Sejak tahun 1960, warung rawon ini selalu konsisten dalam hal rasa. Pastikan segera mencoba guys!

4. Rawon Bik Ati

Campur Bakso hingga Pecel, 6 Warung Rawon Paling Maknyus di Banyuwangiinstagram.com/yongyen88

Racikan rawonnya variatif banget mulai dari rawon lidah, rawon buntut sapi, rawon daging juga aneka jeroan sapi. Ada paru, usus, babat, empal dan limpa.
Istimewanya lagi makan rawon disini bisa dicampur dengan nasi pecel. Tambahan lauk gorengan hangat seperti tempe juga jadi favorit penikmat rawon warung ini.

Depot rawon legendaris dari Banyuwangi ini telah ada sejak tahun 1948. Sampai sekarang rasa yang ditawarkan tetap sama enaknya. Harga menunya dibanderol kisaran Rp10.000 sampai Rp50.000. Worth it sama porsi dan rasa.

Menu makanannya gak sebatas rawon tapi ada aneka lalapan dan bakso juga lho! Lokasinya gampang dicari yakni tersebar di Jalan Ahmad Yani 83, Jalan Raya Situbondo dan Jalan Jember 50, Banyuwangi.

5. Rawon Bakso Warung Sumber Rejeki

Campur Bakso hingga Pecel, 6 Warung Rawon Paling Maknyus di Banyuwangiinstagram.com/hobimakan.banyuwangi

Menu gabungan memang hits banget di Banyuwangi. Salah satunya rawon bakso ini. Cukup siapkan Rp12.500, kalian bisa mencicipi sepiring nasi dengan potongan daging sapi, beberapa butir bakso dan kecambah mentah yang disiram kuah kluwek nan gurih.

Kalau suka yang lebih unik cobain nasi pecel rawon bakso. Sesuai namanya hidangan ini merupakan campuran dari tiga menu yakni nasi pecel, rawon dan bakso. Komposisi super komplit ini pastinya bikin sensasi rasa yang kaya banget. Nano-nano nikmat kalau udah kena lidah.

Warung sumber rejeki alamatnya di Jalan Johar, Brak, Kalipuro, Banyuwangi. Biasanya buka mulai jam enam pagi sampai sembilan malam.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Nasi Rawon Paling Favorit di Surabaya, Nikmat Abis!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Fatiya di IDN Times Community dengan judul 5 Warung Rawon Paling Enak di Banyuwangi, Rasanya Mantap!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya