Comscore Tracker

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hits

Ada air terjunnya juga nih

Berbicara tentang tempat wisata di Jawa Timur, Situbondo termasuk daerah yang layak kamu kunjungi lho. Berbagai sarana, fasilitas, hingga pemasaran sudah dipersiapkan untuk mengembangkan pariwisata di sini. Jadi kamu tidak akan kecewa jika mengunjungi daerah wisata yang ada di Situbondo ini. Ini dia deretan wisata di Situbondo yang perlu kamu kunjungi:

1. Wisata Kampung Kerapu

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hitsinstagram.com/helloindonesia_co

Situbondo merupakan salah satu tempat yang berpotensi dalam budidaya ikan kerapu pada jarring karamba. Dari situ, pemerintah Situbondo ingin menjadikan ikan kerapu sebagai ikon yang dapat menarik wisatawan. Dermaga apung membentuk lingkaran menjadi daya tarik tersendiri untuk sebuah dermaga yang biasanya berbentuk lurus.

Para pengunjung juga dapat merasakan pemandangan sekitar dermaga dengan berbagai titik pandang sepanjang dermaga. Adanya pertunjukan air mancur di tengah dermaga dan permainan cahaya yang menarik di malam hari akan menambah kerennya tempat ini. Kampung Kerapu Berada di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo.

2. Hutan Bakau Kampung Blekok

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hitsinstagram.com/wisatasitubondo

Tempatnya di Dusun Pesisir, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo. Daerah Situbondo memiliki hutan bakau yang cukup luas, dibarengi dengan burung air jenis ardidae yang bersarang di hutan tersebut. Hal ini dimanfaatkan oleh pemerintah untuk membuat daerah wisata baru.

Di kala senja datang, semua burung ardidae atau sering disebut blekok oleh masyarakat sekitar, mulai pulang ke sarangnya. Dengan melewati jembatan disekitar wilayah hutan bakau, kamu akan menjumpai segerombolan Blekok yang hinggap di tumbuhan bakau. Ditambah suasana sunset yang sangat terasa akan tambah daya tarik tempat ini.

3. Wisata Pantai Pasir Putih

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hitsinstagram.com/andre_wibi

Memiliki garis pantai yang panjang, pastilah Situbondo memiliki wisata pantai yang beragam dan unik di setiap titik pantainya. Salah satu yang paling dikenal dari pantai Situbondo adalah Pantai Pasir Putih. Bisa dibilang tempat wisata ini sudah lengkap dengan berbagai fasilitas dan sarana yang memadai. Kamu dapat berenang, naik perahu, menyelam, memancing dan bermain pasir.

Lokasinya di Dusun Kembang Sambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo. Dari jalan pantura kita sudah dapat melihat indahnya pantai Pasir Putih yang ada di Situbondo tersebut.

4. Puncak Rengganis Argopuro

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hitsinstagram.com/adhimas_wiratama

Wisata Puncak Rengganis Argopuro Situbondo adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Baderan, Kabupaten Situbondo. Tempat ini cocok untuk kamu yang suka dalam urusan mendaki.

Lingkungan yang masih bersih dan fasilitas yang memadai akan membuat kamu nyaman berada di tempat wisata yang satu ini. Wisata Puncak Rengganis Argopuro Situbondo memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berbagai cerita mistis dan peninggalan menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya.

5. Wisata Pantai Pathek

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hitsinstagram.com/dha_maik

Selain pantai Pasir Putih, Situbondo masih memiliki banyak pantai lain yang tidak kalah menarik, salah satunya adalah Pantai Pathek. Pantai ini berjarak 5 km dari Kota Situbondo, maka tidak jarang banyak keluarga yang menghabiskan akhir pekan mereka di pantai ini. Selain lebih dekat, sarana dan fasilitasnya tidak berbeda jauh dengan tempat wisata yang lainnya. Jika kamu berada di Situbondo, sempatkan untuk berkunjung ke Pantai Pathek.

Baca Juga: 10 Pantai di Jawa Timur yang Bisa Melihat Rukyatul Hilal

6. Waduk Bajul Mati

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hitsinstagram.com/wisatasitubondo

Berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo, Bajul Mati merupakan salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Yang menjadi daya tarik adalah sebuah gundukan tanah yang menyerupai kepulauan raja ampat. Cari spot foto yang pas maka foto kamu tidak akan beda jauh dengan raja ampat yang asli di Papua sana. Fasilitasnya pun lengkap, ajak keluarga dan sahabat untuk menemani kamu kesini ya.

7. Pantai Tamporah

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hitsinstagram.com/andyreffendi

Pantai Tamporah terletak di Dusun Kalianget, Desa Banyuglugur, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo. Pantai ini memang masih jarang pengunjungnya, juga jarang ada yang tahu karena tertutup oleh lereng yang cukup tinggi. Medan yang cukup susah untuk menjangkaunya menjadikan pantai ini jarang tersentuh banyak orang.

Namun, dari situlah menariknya. Semakin jarang dikunjungi, semakin alami pemandangannya. Keadaan Pantai Tamporah juga masih bersih serta terjaga keindahannya.

8. Air terjun Talempong

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hitsinstagram.com/sayyid_gurez

Buat kamu yang senang dengan wisata alam, air terjun Talempong ini sangat cocok untuk kamu. Seperti namanya, wisata ini terletak di Desa Talempong, Kecamatan Banyuglugur, Situbondo. Jika masih kebingungan dengan lokasinya, kamu dapat mencarinya di Google maps, sudah tertandai disitu. Udara yang dingin akan menyambut kamu setelah masuk daerah Talempong. Pemandangan yang asri ditambah air segar dari pegunungan akan menambah hitsnya tempat wisata ini.

9. Monumen 1000 km Anyer Panarukan

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hitsinstagram.com/adipoer76

Monumen 1000 km Anyer Panarukan dibuat untuk mengenang pembangunan jalan sepanjang 1000 km dari Anyer sampai Panarukan pada tahun 1807-1810. Untuk mengenang jasa yang membuat jalan tersebut maka monumen ini pun dibuat di Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, Situbondo.

Jika sedang melewati jalan pantura, kamu dapat menyempatkan untuk berhenti dan mengambil foto, tidak ada biaya yang harus kamu bayar, kamu dapat mengambil foto sesukamu.

10. Utama Raya Beach

10 Tempat Wisata di Situbondo yang Lagi Hitsinstagram.com/bamz_monzster

Sebelumnya Utama Raya Beach hanya diperuntukkan untuk penginapan hotel saja. Namun seiring tahun ke tahun Utama Raya Beach dibuka untuk umum. Dengan hanya membayar parkir, kamu sudah dapat masuk di wilayah pantai tersebut. Pada masalah fasilitas sudah tidak perlu diragukan lagi, hotel, cafe, mini market, pom bensin hingga taman yang asri juga tersedia disini. Maka, tidak heran jika banyak pengunjung yang berkunjung dan menginap disini.

Sudah ada bayangan mau berlibur ke mana dulu nih? Sehari saja tidak cukup untuk mengelilingi satu per satu tempat wisata di Situbondo. Wisata alamnya yang begitu menarik dan indah akan membuat kamu ketagihan untuk berwisata kembali.

Baca Juga: 10 Potret Cantiknya Madakaripura, Air Terjun Eksotik di Jawa Timur

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Muhammad Rafi Athallah di IDN Times Community dengan judul 10 Tempat Wisata di Situbondo, Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Just For You