Comscore Tracker

Pesona Ranu Kumbolo yang Tak Cukup Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup

Asli bikin kerasan dan kepingin balik lagi

Kalau kamu yang hobi mendaki gunung, nama Ranu Kumbolo pasti sudah gak asing di telinga. Kerap dijuluki sebagai surganya Gunung Semeru, danau yang berada pada ketinggian 2.400 mdpl tersebut menyimpan sejuta pesona.

Kalau kamu  belum pernah atau bahkan baru mendengar Ranu Kumbolo, rasanya wajib banget buat menyempatkan waktu untuk datang ke sana. Gak percaya? Nih sensasi yang bakal kamu temukan sepanjang perjalanan.

1. Siapkan stamina untuk berjalan kaki berjam-jam

Pesona Ranu Kumbolo yang Tak Cukup Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupinstagram.com/jamilvablojr

Mencapai Ranu Kumbolo bukan tanpa perjuangan. Butuh stamina ekstra. Soalnya kaki-kaki lincahmu harus kuat untuk berjalan sekitar 5-6 jam untuk sampai ke tepian danau. Lumayan lama bukan? Tapi lelahmu gak akan percuma karena di sepanjang perjalanan kamu bakal melalui trek-trek seru yang bervariasi. Mulai dari perkebunan penduduk, jalan setapak dengan jalur datar maupun membelah hutan, hingga tanjakan-tanjakan yang cukup terjal.

2. Wajib banget berswafoto di spot ini kalau sudah sampai di Ranu Kumbolo

Pesona Ranu Kumbolo yang Tak Cukup Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupinstagram.com/lidiyahhh_

Rasa lelah dan pegal-pegal di sekujur kaki bakal terbayar lunas setelah kamu berhasil menjejakkan kaki di tepian danau Kumbolo. Begitu tiba kamu bakal disuguhi latar belakang pemandangan berupa dua bukit di sisi timur. Pada pagi hari, spot ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menikmati sunrise di Ranu Kumbolo. Kamu juga bisa berswafoto biar bisa dipamerin ke teman-temanmu.

3. Jangan lewatkan sunrise di Ranu Kumbolo

Pesona Ranu Kumbolo yang Tak Cukup Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupinstagram.com/florasaridewi

Memutuskan datang ke Ranu Kumbolo, artinya kamu gak boleh melewatkan fajar di lokasi ini. Selain itu, hampir setiap pagi permukaan Ranu Kumbolo akan diselimuti kawanan kabut tipis. Rasanya enggan beranjak pulang.

Baca Juga: Bermalam di Ranu Kumbolo? 6 Aturan Ini Wajib Kamu Patuhi Lho!

4. Jauh dari hiruk pikuk, Ranu Kumbolo bikin kerasan

Pesona Ranu Kumbolo yang Tak Cukup Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupinstagram.com/novanfernando

Sebab danau ini memang menyimpan pesona yang gak ada habisnya. Banyaknya batang pohon pinus yang tumbang di tepi danau menambah keasrian. Bayangan bukit yang terpantul di permukaan danau menciptakan lanskap yang keren. Benar-benar lokasi yang klop untuk menyendiri sejenak dari hiruk pikuknya perkotaan. Kamu bakal kerasan.

5. Dilihat dari sisi mana pun, Ranu Kumbolo gak bakal bikin bosan

Pesona Ranu Kumbolo yang Tak Cukup Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupinstagram.com/anak_bebek

Coba saja manfaatkan waktu yang kamu punya untuk mengelilingi sebagian tepian Ranu Kumbolo. Walaupun danau dan perbukitan yang kamu lihat sama, tapi dari sisi yang berbeda panorama yang bakal kamu rasakan bakal berbeda. Kamu bisa buktikan sendiri kalau Ranu Kumbolo selalu memesona.

6. Termasuk menikmati Ranu Kumbolo dari dalam tenda, tapi tetap jaga alam ya!

Pesona Ranu Kumbolo yang Tak Cukup Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupinstagram.com/anak_bebek

Hanya saja perlu diperhatikan untuk tidak terlalu dekat mendirikan tenda dari tepian Ranu Kumbolo lho. Jarak mendirikan tenda minimal 15 meter dari bibir danau. Supaya danau juga tidak tercemar dengan ulah tangan-tangan jahil yang membuang sampah seenaknya.

7. Gak boleh ketinggalan merasakan sensasi mendaki Tanjakan Cinta

Pesona Ranu Kumbolo yang Tak Cukup Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupinstagram.com/omusa07

Meski hanya berniat mendaki hingga Ranu Kumbolo saja, gak ada ruginya jika kamu menyempatkan mendaki Tanjakan Cinta. Dua bukit yang menyerupai bentuk hati itu begitu fenomenal. Terutama setelah booming-nya film 5 cm. Selain bisa membuktikan mitos yang melarang untuk melihat ke bawah menanjak, kamu juga  bisa menikmati Ranu Kumbolo dari sisi ketinggian yang lain. Mau sekalian bikin hammock juga boleh. Dijamin, gak rela turun ke bawah deh.

8. Saking cantiknya, Ranu Kumbolo sudah sering dijadikan lokasi foto pre-wedding lho

Pesona Ranu Kumbolo yang Tak Cukup Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupinstagram.com/iis_sedthya

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Pepatah tersebut mungkin tepat buat kamu dan pasangan yang memutuskan memilih Ranu Kumbolo sebagai spot pre-wedding. Kamu bisa capek bareng saat mendaki. Juga bisa sekalian refreshing. Plus dapat kenangan indah yang gak bakal terlupakan. Paket lengkap banget!

Hmmh, sudah terbukti kan kalau Ranu Kumbolo memang gak cukup dikunjungi sekali seumur hidup. Kamu layak menyambanginya berkali-kali, karena pesona dan keindahan yang disuguhkan gak ada habisnya untuk dinikmati. Yuk, ke sana!

Baca Juga: 9 Potret Cantik Ranu Regulo, Gak Kalah Kece dari Ranu Kumbolo!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Intan Deviana di IDN Times Community dengan judul 8 Foto Ini Buktikan Ranu Kumbolo Layak Kamu Sambangi Berkali-kali

Topic:

  • Dida Tenola
  • Septi Riyani

Just For You