Comscore Tracker

5 Destinasi Warisan Kerajaan di Jawa Timur, Belajar Sejarah Yuk!

Arsitektur bangunan kuno yang cocok untuk spot foto

Pulau Jawa tak lepas dari sejarah kejayaan kerajaannya. Karena, sebelum Republik Indonesia terbentuk sistem pemerintahan masih monarki. Beberapa peninggalan kejayaan kerajaan masih terawat hingga kini.

Kali ini kita akan menelusuri destinasi peninggalan lima kerajaan yang ada di Jawa Timur. Selain bernilai sejarah, kelimanya masih memukau lho hingga sekarang. Apa saja itu?

1. Candi Jago, Kerajaan Singasari

5 Destinasi Warisan Kerajaan di Jawa Timur, Belajar Sejarah Yuk!instagram.com/pegi_pegi

Berdasarkan Kitab Negarakertagama dan Pararaton, Candi Jago ternyata memilki nama asli Jajaghu yang memiliki arti keagungan. Destinasi peninggalan Kerajaan Singasari ini lokasinya berada di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Malang.

Konon, candi ini didirikan sebagai penghormatan kepada Raja Singasari ke-4 yaitu Raja Jaya Wisnuwardhana. Menurut dokumen yang berasal dari Perpunas, pengerjaan Candi Jago berlangsung sejak tahun 1268 M hingga 1280 M.

2. Candi Bajang Ratu, Kerajaan Majapahit

5 Destinasi Warisan Kerajaan di Jawa Timur, Belajar Sejarah Yuk!instagram.com/adityarevianur

Diperkirakan berdiri antara abad ke-13 dan ke-14, Candi Bajang Ratu salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit selain Candi Tikus. Lokasi Candi Bajang Ratu tidak jauh juga dari Candi Wringin Lawang, tepatnya berada di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Jadi buat kalian yang berlibur ke Mojokerto, datangi saja tiga sekaligus candi ini.

Didominasi dengan batu bata merah, menurut para ahli sejarah mengatakan jika berdirinya Candi Jago ini diperkirakan sebagai penghormatan kepada Jayanegara. Hal itu terbukti dengan adanya relief Sri Tanjung di bagian kaki gapura candi.

Baca Juga: Bernuansa Kerajaan Majapahit, 10 Alasan Wajib ke Lembah Tumpang Resort

3. Candi Brahu, Kerajaan Mataram Kuno

5 Destinasi Warisan Kerajaan di Jawa Timur, Belajar Sejarah Yuk!instagram.com/fh_lukman

Candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini diperkirakan sebagai candi Buddha. Terlihat dari gaya arsitektur bangunannya yang terdapat sisa profil ala stupa. Terletak di Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Candi Brahu diperkirakan berdiri pada abad ke-15 M.

Banyak pendapat mengatakan jika candi ini tertua dibandingkan dengan candi-candi lainnya yang berada di sekitar Trowulan. Dan menurut masyarakat yang tinggal di sekitar Candi Brahu menyebutkan jika, dahulu Candi Brahu adalah tempat pembakaran jenazah raja-raja Brawijaya.

4. Candi Panataran, Kerajaan Panataran

5 Destinasi Warisan Kerajaan di Jawa Timur, Belajar Sejarah Yuk!instagram.com/novemlawalata

Berada di Kota Blitar, Candi Panataran dalam Kitab Negarakertagama disebut juga sebagai Candi Palah. Berlatar belakang eloknya Gunung Kelud konon, candi ini dahulu ialah tempat untuk pemujaan gunung tersebut. Agar masyarakat maupun kerajaan yang tinggal di sekitar Gunung Kelud terlindungi dari malapetaka.

Candi yang dibangun pada abad ke-12 M ini, ialah peninggalan Kerajaan panataran. Bangunan candi dilengkapi oleh 2 arca penjaga pintu atau biasa disebut Dwarapala pada bagian pintu masuk. Pada pelataran candi, terdapat 6 bekas bangunan dan salah satu bangunan yang bernama Bale Agung, ialah bangunan terpenting di pelataran. Lalu ke bagian tengah bangunan candi, terdapat 7 bangunan bekas. Dan terakhir, terdapat candi induk yang dijaga oleh Dwarapala.

5. Candi Badhut, Kerajaan Kanjuruhan

5 Destinasi Warisan Kerajaan di Jawa Timur, Belajar Sejarah Yuk!instagram.com/dianevaa

Dipugar pada tahun 1925-1926, menurut para ahli purbakala, Candi Badhut berdiri pada tahun 760 M atas perintah Raja Gajayana dari Kerajaan Kanjuruhan. Berlokasi di Desa Karang Besuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, candi ini diperkirakan dibangun jauh sebelum masa pemerintahan Airlangga masuk ke Jawa Timur.

Pahatan Kalamakara yang menghiasi ambang pintu Candi Badhut, ialah salah satu bentuk keunikan yang membedakan candi ini dengan candi-candi lain di Jawa Timur. Disekitar candi pernah ditemukan juga Prasasti Dinoyo yang kini telah tersimpan dengan baik di Museum Nasional, Jakarta.

Nah, itulah tadi destinasi peninggalan dari lima kerajaan di Jawa Timur. Kalian yang tinggal di sekitar Jawa Timur, sudah pernah berkunjung ke salah satunya belum? Jangan sampai belum pernah sama sekali ya karena sejarah ialah cerminan bangsa.

Baca Juga: 5 Wisata Sejarah di Blitar yang Seru untuk Napak Tilas Zaman Kerajaan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Tifani Topan di IDN Times Community dengan judul Ini Destinasi Peninggalan 5 Kerajaan di Jawa Timur yang Masih Memukau

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya