Comscore Tracker

Tak Cuma Ledre, 6 Oleh-oleh Khas Bojonegoro yang Cocok Dibawa Pulang

Dijamin camilan khas Bojonegoro bikin lidah bergoyang

Bojonegoro, IDN Times- Bojonegoro tak hanya terkenal dengan lokasi wisata alamnya yang dapat memanjakan mata. Namun kabupaten ini, juga memiliki berbagai jenis oleh-oleh yang wajib dicicipi dan dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga.

Jika menurut kalian oleh-oleh khas Bojonegoro cuma ledre, kalian salah. Bojonegoro juga memiliki batik dan berbagai jenis makanan lain yang cocok dibawa pulang. Berikut ringkasannya.

1. Ledre makanan khas Bojonegoro yang sudah sangat terpopuler

Tak Cuma Ledre, 6 Oleh-oleh Khas Bojonegoro yang Cocok Dibawa PulangLedre makanan khas Bojonegoro. Dok Istimewa

Yang pertama makanan yang wajib anda coba saat berkunjung ke Bojonegoro adalah Ledre. Makanan yang berbahan dasar pisang raja, tepung beras dan terigu dan berbentuk seperti stick roll ini mempunyai rasa yang manis, gurih dan juga legit.

Makanan ini sudah banyak dijual di pusat oleh-oleh khas yang ada di jantung kota Bojonegoro maupun dan di seluruh penjuru wilayah Bojonegoro. Jadi jika anda datang ke Bojonegoro panganan yang satu ini wajib anda bawa pulang.

2. Keripik Tempe, makanan yang cocok disantap saat cuaca dingin

Tak Cuma Ledre, 6 Oleh-oleh Khas Bojonegoro yang Cocok Dibawa PulangKripik tempe. Dok Istimewa

Ada lagi makanan khas Bojonegoro yang wajib dibawa pulang sebagai buah tangan sahabat pencinta traveling adalah keripik tempe. Keripik tempe khas Bojonegoro ini memiliki cita rasa yang unik. Selain renyah, kripik tempe ini juga memiliki rasa yang gurih dan enak.

Keripik tempe yang dibalut dengan tepung ini sangat enak dimakan apalagi jika dimakan pada saat cuaca dingin seperti ini. Jadi jangan lupa ya kalau berkunjung ke Bojonegoro bawa pulang makanan yang satu ini.

3. Ender Ender, makanan manis ini juga cocok untuk dibawa pulang

Tak Cuma Ledre, 6 Oleh-oleh Khas Bojonegoro yang Cocok Dibawa PulangEnder-ender makanan khas Bojonegoro. Dok Istimewa

Makanan khas Bojonegoro selanjutnya yakni Ender Ender. Makanan yang terbuat dari ubi jalar ini memiliki cita rasa manis. Di Bojonegoro sendiri makanan ini sangat digemari oleh semua kalangan baik orang dewasa maupun anak-anak. Meski harganya murah, namun panganan satu ini merupakan makanan yang kerap diburu wisatawan saat datang ke Bojonegoro.

4. Balung Kuwuk, makanan yang sudah ada sejak puluhan tahun

Tak Cuma Ledre, 6 Oleh-oleh Khas Bojonegoro yang Cocok Dibawa PulangBalung kuwuk makanan khas Bojonegoro. Dok Istimewa

Satu lagi makanan khas Bojonegoro yang juga tak kalah nikmatnya adalah Balung Kuwuk.  Meskipun bernama Balung Kuwuk, makanan ini sama sekali tak berbahan dasar tulang. Bahan utama dari pembuatan keripik ini adalah ketela pohon. Makanan yang sudah ada puluhan tahun ini awalnya dibuat oleh masyarakat setempat karena melihat banyaknya tanaman ketela pohon yang dihasilkan dari kebun para petani.

5. Unthuk Yuyu makanan khas Bojonegoro yang menyerupai gundukan tanah rumah kepiting

Tak Cuma Ledre, 6 Oleh-oleh Khas Bojonegoro yang Cocok Dibawa PulangUnthuk Yuyu. Dok Istimewa

Nama Enthuk Yuyu. Makanan yang menyerupai gundukan rumah kepiting sawah ini juga tak kalah nikmatnya lho. Makanan ini biasanya disajikan dalam acara perkawinan masyarakat di Jawa Timur.

Makanan yang berbahan dasar tepung terigu dan juga telur ini juga sangat cocok untuk dibawa pulang dan dinikmati bersama keluarga di rumah. Makanan ini juga sangat murah jadi tidak sampai membuat kantong anda bolong.

Baca Juga: Mengenal Anna, Bupati Perempuan Pertama di Bojonegoro

6. Batik Jonegoroan, batik yang diproduksi masih mengunakan cara tradisional

Tak Cuma Ledre, 6 Oleh-oleh Khas Bojonegoro yang Cocok Dibawa PulangKain batik Bojonegoro. Dok Istimewa

Selain makanan khasnya. Kabupaten Bojonegoro juga memiliki oleh-oleh yang juga wajib anda bawa pulang. Ia adalah batik Jonegoroan. Sesuai namanya batik ini memiliki motif dan corak tersendiri dibandingkan dengan batik kain pada umumnya.

Batik ini diproduksi masih mengunakan cara tradisional dan Rama lingkungan. Jadi jangan lupa ya harus jika berkunjung ke Bojonegoro mampir ke pusat oleh-oleh dan membeli makanan maupun batik asli Bojonegoro.

Baca Juga: 5 Wisata Sejarah di Bojonegoro, Ada Peninggalan Belanda Juga

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya