Comscore Tracker

7 Kampung Surabaya dengan Produk Unggulannya

Kampung unggulan tersebar di berbagai wilayah Surabaya

Sebagai kota industri, Pemerintah Kota Surabaya tidak hanya merangkul industri dengan skala besar saja. Industri kecil dan menengah juga diperhatikan oleh pemerintah kota. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kampung yang disulap menjadi tempat warga untuk mengembangkan bisnis. Sehingga dapat menambah penghasilan warganya. Berikut adalah beberapa kampung unggulan di Surabaya.

1. Kelurahan Pakal dengan produk paving dan batako

7 Kampung Surabaya dengan Produk UnggulannyaSumber Gambar: conblock.nusantara.com

Yang pertama adalah Kampung Paving yang terletak di Kelurahan Pakal, Kecamatan Pakal, Surabaya. Mayoritas warganya merupakan seorang pengrajin paving dan batako, maka tak heran jika kampung ini disebut Kampung Paving. Mulanya terdapat dua orang warga yang menggeluti kerajinan ini, yaitu Gufron dan Munip. Selanjutnya warga kampung lainnya pun mengikuti jejak mereka berdua. Hingga kini, hampir semua warga Kelurahan Pakal mahir dalam membuat paving dan batako.

Pengrajin paving dan batako yang berada di kampung berumur  sekitar 42 tahun ini mampu memproduksi 300 m² hingga 400 m² setiap minggunya. Tidak hanya paving biasa, kalian juga bisa memesan paving dengan segala motif sesuai keinginan kalian. Untuk harga, kalian tak perlu khawatir, karena para pengrajinnya mematok harga yang cukup terjangkau dengan kualitas yang sangat baik.

Baca Juga: SNMPTN 2022, Ini Jumlah Pendaftar PTN di Surabaya

2. Kampung Handicraft mendapatkan pembinaan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya

7 Kampung Surabaya dengan Produk UnggulannyaFreepik.com

Selanjutnya terdapat Kampung Handicraft yang digagas oleh ibu-ibu kreatif dan terampil, khususnya dalam membuat kerajinan. Mulanya, kerajinan tersebut hanyalah sebuah hobi. Namun seiring berjalannya waktu, mereka menyadari bahwa kerajinan tersebut memiliki nilai jual yang tinggi. Maka dari itu, kerajinan tersebut pun diperjual belikan untuk menambah penghasilan.

Sudah dirintis sejak tahun 2004, Kampung Handicraft yang berada di Jalan Kedungsari, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Tegalsari, Surabaya ini mendapatkan pembinaan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya. Para pengrajinnya mampu menyulap karung goni dan kain blaco menjadi berbagai macam produk kerajinan, seperti tudung saji, dompet lukis, sapu tangan, dan lain-lain. Kerajinan tersebut dapat kalian pesan dalam jumlah banyak untuk souvenir pernikahan, kegiatan perusahaan, dan lain sebagainya.

3. Tas Gadukan yang dapat ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan

7 Kampung Surabaya dengan Produk UnggulannyaPinterest

Selanjutnya adalah kampung yang memproduksi berbagai jenis tas, seperti tas sekolah, tas fashion, tas laptop, dan lain-lain. Produknya seringkali disebut dengan “Tas Gadukan”. Sebab letak kampungnya berada di Daerah Gadukan, Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, Surabaya.

Kampung yang telah ada sejak tahun 1978 ini memiliki sekitar 68 unit. Sehingga pada tahun 2011 akhir mampu memproduksi sebanyak 11.400 lusin per bulan. Tas Gadukan ini dapat dijumpai di beberapa mall dan pusat grosir di Surabaya. Tak hanya di Surabaya, hasil produksinya sudah sampai ke berbagai daerah lainnya, seperti Samarinda, Balikpapan, Makassar, dan sebagainya.

4. Kampung sepatu di osowilangon ada sejak tahun 1950

7 Kampung Surabaya dengan Produk UnggulannyaPexels.com/Pixabay

Di ujung barat Surabaya, tepatnya di Jalan Tambak Osowilangon, Kecamatan Benowo, lahirlah sebuah produk sepatu yang memiliki kualitas tinggi dan harganya terjangkau. Sepatu yang diproduksi sangat beragam, seperti sepatu fashion, sepatu, wanita, sepatu anak, serta jenis sepatu lainnya.

Sejak tahun 1950, sepatu yang dihasilkan oleh pengrajin di Tambak Osowilangan ini masih eksis hingga sekarang. Diajarkan secara turun-temurun, saat ini desa tersebut memiliki pengrajin sepatu sebanyak 140 orang. Mereka dapat memproduksi ribuan kodi setiap bulannya.

5. Rungkut disebut dengan Kampung Bordir

7 Kampung Surabaya dengan Produk Unggulannyaid.carousell.com

Kampung selanjutnya terletak di Kelurahan Kedung baruk, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Kampung ini menyediakan jasa bordir untuk busana, kebaya, dan lain-lain. Kalian dapat memilih bordiran sesuai yang kalian inginkan. Sebab, para pengrajinnya memiliki berbagai pilihan motif yang banyak. Selain itu, harganya sangat terjangkau. Namun kalian tak perlu khawatir, meski harganya terbilang tidak mahal, kualitasnya tak perlu diragukan. Karena pengrajinnya termasuk berpengalaman dan ahli dibidangnya.

6. Kampung Penjahitan yang menyuguhkan banyak referensi di Kertajaya

7 Kampung Surabaya dengan Produk UnggulannyaPexels/wallace Chuck

Selain Kampung Bordir, Surabaya juga memiliki Kampung Penjahitan. Kampung ini menyediakan jasa penjahitan busana, baik untuk pria dan wanita. Para penjahitnya akan memberikan banyak referensi pada kalian jika ingin menggunakan jasa jahitnya. Kualitas jahitannya pun rapi dan bagus. Kampung ini berlokasi di Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Dan terdiri dari 11 pengrajin yang bergabung menjadi satu.

7. Sentra bed cover menawarkan pilihan kain sesuai budget konsumen

7 Kampung Surabaya dengan Produk Unggulannyailustrasi bed cover di kasur (unsplash.com/Anna Sullivan)

Yang terakhir adalah Kelurahan Ploso, Kecamatan Tambaksari, Surabaya. Daerah ini merupakan sentra bed cover. Hasil produksinya mampu bersaing dengan berbagai merk ternama lainnya.

Hal ini dikarenakan bed cover produksi daerah Ploso ini memberikan kualitas jahitan yang rapi, banyaknya motif yang ditawarkan, serta harga yang terjangkau. Untuk motifnya sangat beragam dan memiliki banyak kategori untuk anak-anak, pengantin, dan masih banyak lagi. Selain itu, daerah ini juga menawarkan beberapa pilihan kain yang dapat kalian pilih sesuai dengan budget kalian.

Baca Juga: 10 Julukan Kota Surabaya yang Kaya Makna, Yakin Kamu Sudah Tahu?

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya