Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Alun-Alun Jombang

Alun-alun kebanggaan warga Jombang!

Jika sedang berada di pusat kota, jalan-jalan ke alun-alun bisa dijadikan salah satu pilihan. Selain tempatnya strategis, alun-alun juga menjadi tempat terbuka hijau di tengah kota, sehingga cocok untuk melepaskan penat.

Jombang, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini juga memiliki alun-alun yang ramai pengunjung, terlebih ketika akhir pekan. Untuk informasi selengkapnya, yuk simak 5 fakta menarik Alun-alun Jombang berikut ini!

1. Lokasinya strategis dan gratis tiket masuk

5 Fakta Menarik Alun-Alun JombangAlun-alun Jombang (instagram.com/alun_alun_kota_jombang)

Alun-alun Jombang berlokasi di pusat kota Jombang, tepatnya di Jalan Diponegoro No.1-3, Kaliwungu, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Alun-alun ini buka selama 24 jam. Jadi pengunjung bisa datang kapan saja. Pengunjung juga tidak dikenakan biaya untuk memasuki area alun-alun.

2. Akses mudah dengan transportasi umum dan pribadi

5 Fakta Menarik Alun-Alun JombangAlun-alun Jombang (instagram.com/alun_alun_kota_jombang)

Jika kamu berasal dari luar kota dan ingin mengunjungi Alun-alun Jombang, kamu dapat menggunakan transportasi umum kereta api dan bus. Alun-alun Jombang hanya berjarak 200 meter dari Stasiun Kereta Api Jombang, jadi kamu hanya perlu berjalan kaki untuk menuju ke lokasi. Sedangkan jika turun dari Terminal Bus Jombang harus naik ojek dulu dengan jarak 5 kilometer.

Namun jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, kamu hanya pelu mengikuti arahan di aplikasi penunjuk lokasi. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Untuk parkir kendaraan, dikenakan biaya Rp.2000-5000 saja.

3. Jadi tempat terbuka hijau di tengah kota

5 Fakta Menarik Alun-Alun JombangAlun-alun Jombang (instagram.com/alun_alun_kota_jombang)

Alun-alun Jombang menjadi salah satu tempat terbuka hijau di tengah kota. Di alun-alun ini banyak ditanami tumbuhan dan pepohonan hijau, yang membuat udaranya menjadi sejuk.  Jika ingin melepaskan penat dan tak ingin jauh-jauh dari pusat kota, bisa banget mampir ngadem di Alun-alun Jombang, loh. Bisa ngadhem sekaligus foto-foto!

Selain itu, pengunjung anak-anak juga bisa bermain di area alun-alun ini karena tempatnya yang luas. Terdapat permainan skuter hingga perosotan. 

Tak hanya berfungsi menjadi tempat terbuka hijau, lahan luas di Alun-alun Jombang ini juga sering dijadikan lokasi untuk berbagai acara. Mulai dari acara musik atau konser, pertunjukan wayang, hingga beragam pameran.

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Jombang, Ada yang Jadi Favorit Artis Hingga Presiden

4. Miliki fasilitas yang lengkap

5 Fakta Menarik Alun-Alun JombangAlun-alun Jombang (instagram.com/alun_alun_kota_jombang)

Sebagai tempat terbuka untuk publik, Alun-alun Jombang tentunya memiliki sejumlah fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjungnya. Terdapat kamar mandi dan toilet, area parkir kendaraan, tempat duduk untuk bersantai, hingga area khusus untuk pedangang.

Alun-alun Jombang kian ramai ketik malam hari. Banyak para pedagang yang berjualan makanan hingga mainan berjajar rapi di sini. Untuk pengunjung muslim, tak perlu khawatir kalau mau melakukan ibadah salat. Pasalnya, di dekat alun-alun terdapat Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.

5. Bisa mengunjungi Pendopo Agung Kabupaten Jombang

5 Fakta Menarik Alun-Alun JombangPendopo Agung Jombang (jombangkab.go.id)

Selain mengunjungi alun-alun, kamu juga bisa mengunjungi Pendopo Agung Kabupaten Jombang yang masih satu lokasi dengan alun-alun. Pendopo ini memang dibuka untuk umum oleh pemerintah setempat. Di sini kamu dapat melihat arsitektur pendopo yang unik, yaitu berbentuk joglo atau rumah adat Jawa.

Pendopo juga sering digunakan untuk menggelar acara-acara kabupaten seperti peringatan hari jadi. Selain digunakan oleh pemerintah, pendopo ini juga terbuka untuk digunakan masyarakat. Jika sedang beruntung, kamu juga bisa melihat masyarakat sedang berlatih menari, teater hingga kegiatan seni lainnya di pendopo ini.

 

Alun-alun seolah telah menjadi ikon dari suatu kota atau kabupaten. Terbukti dengan adanya alun-alun di setiap daerah kota atau kabupaten di Indonesia. Jika sedang berada di Jombang, jangan lupa untuk mengunjungi Alun-alun Jombang, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warung Iwak Kali di Jombang

Fika Febriana Photo Community Writer Fika Febriana

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya