Comscore Tracker

Bikin Kalap, 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Wajib Dibawa Pulang

Ngawi pancen ngangeni!

Puas jalan-jalan di Kabupaten Ngawi, jangan lupa untuk beli oleh-oleh. Ada banyak sekali buah tangan yang bisa kamu bawa pulang dari kota Kartonyono ini. Mulai dari makanan, sampai cenderamata, ada semua.

Berikut adalah 9 oleh-oleh khas Ngawi yang bisa kamu bawa pulang.

1. Dodol Jambu

Bikin Kalap, 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/dodol_nonaeva

Dodol ini berbahan dasar jambu merah. Makanan yang rasanya manis dan legit tersebut dikemas dengan sangat cantik dan menarik. Harganya dibanderol mulai dari Rp10.000 per besek.

2. Ledre

Bikin Kalap, 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/endyscemilanmurah.bjn

Ledre memiliki tampilan seperti egg roll atau kue semprong. Kue ini terbuat dari tepung beras, telur, pisang raja, santan, dan gula pasir. Harganya mulai dari Rp25.000 per kemasan.

3. Ratu Menyok

Bikin Kalap, 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/richbeleys

Ratu menyok merupakan kue kekinian yang berbahan dasar singkong yang dipadukan dengan keju dan lumeran coklat. Cita rasanya lezat dan unik. Harganya dibanderol mulai dari Rp40.000 per kemasan.

4. Keripik Tempe

Bikin Kalap, 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/madeinngawi

Sebenarnya keripik tempe banyak ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Tapi, keripik tempe khas Ngawi rasanya lebih gurih dan renyah dengan bentuk irisan yang lebih tipis.

Di Ngawi keripik tempe dicetak agar bentuknya menjadi persegi atau lingkaran dan penggunaan adonan tepungnya juga sedikit. Harga keripik tempe dibanderol mulai dari Rp14.000 per 125 gram.

5. Cokelat Tempe

Bikin Kalap, 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/awicho.id

Tampilan cokelat tempe khas Ngawi tidak jauh berbeda dengan cokelat yang biasa kamu temui. Jika biasanya cokelat berisi kacang-kacangan, maka isian pada cokelat khas Ngawi ini diganti dengan tempe. Rasanya tidak kalah lezat dengan cokelat isi kacang. Harganya Rp10.000 per bungkus.

Baca Juga: 7 Kafe di Ngawi yang Family Friendly, Cocok buat Nongkrong!

6. Jenang Ketan

Bikin Kalap, 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/arifwahyudi_real

Hampir sama seperti dodol, jenang terbuat dari tepung beras ketan yang diberi tambahan gula merah dan santan. Dapat ditemukan dengan mudah di pusat oleh-oleh di Ngawi, harga jenang ketan dibanderol mulai dari Rp20.000 per besek.

7. Batik Ngawi

Bikin Kalap, 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/widinugraha_batikngawi

Batik Ngawi merupakan jenis batik tulis, sehingga dibutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Motif batik khas Ngawi menunjukkan berbagai macam kekayaan alam Ngawi. Motif yang biasa ditemui adalah bambu, padi, dan manusia purba.

Pengrajin batik banyak ditemukan di desa Munggut kecamatan Padas dan desa Banyu Biru kecamatan Ngambre. Harganya dibanderol mulai dari Rp100.000 per kain, tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan pembuatan motifnya.

8. Kaos Ngawi

Bikin Kalap, 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/up.hairstudio

Terdapat beragam desain kaos khas Ngawi yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh. Biasanya desain kaos menunjukan kekhasan Ngawi. Kaos yang dijual memiliki kualitas yang baik karena menggunakan bahan yang nyaman. Kaos Ngawi dijual dengan harga mulai dari Rp90.000.

9. Ukiran Ngawi

Bikin Kalap, 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/ukiran_custom99

Sebagai daerah yang terkenal dengan kerajinan ukiran jatinya, membeli salah satu ukiran khas Ngawi untuk dijadikan buah tangan juga bisa menjadi pilihan. Beberapa diantaranya ada hiasan dinding, furnitur, tempat makanan, tempat minuman, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp35.000 hingga Rp2.000.000 per produk.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Ngawi yang murah dan mudah dicari. Belilah sesuai dengan budget yang kamu miliki ya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Tepo Tahu di Ngawi, Enak dan Murah Meriah! 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Sinta Listiyana di IDN Times Community dengan judul 9 Oleh-oleh Khas Ngawi yang Murah dan Mudah Dicari, Bikin Kalap!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya