Comscore Tracker

Pikat Turis, Pemkot Madiun Luncurkan Tiga Bus Pariwisata 

Kendaraan itu dinamai Bus Mabur

Madiun, IDN Times – Pemkot Madiun akhirnya memiliki bus wisata yang dapat digunakan warga untuk menikmati sejumlah lokasi yang memiliki nilai historis, hiburan, dan kuliner secara gratis. Armada yang dinamai Bus Mabur atau kepanjangan dari Madiun Bus on Tour itu telah siap beroperasi sebanyak tiga unit.

Dua unit di antaranya memiliki kapasitas 28 penumpang, dan satu lainnya 18 penumpang. Kendaraan itu diluncurkan oleh Wali Kota Madiun, Maidi di halaman Balai Kota Madiun, Selasa (14/7/2020). Kegiatan itu dihadiri Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Pol Budi Indra Darmawan, jajaran Forkopimda Kota Madiun, dan para pejabat organisasi perangkat daerah Pemkot Madiun.

Baca Juga: Mau Ngopi Sambil Keliling Kota Malang? Coba Naik Bus Ini

1. Saat akan diujicoba oleh Wali Kota, bus tersebut mogok

Pikat Turis, Pemkot Madiun Luncurkan Tiga Bus Pariwisata Petugas Dishub Kota Madiun mendorong bus wisata Mabur yang sedang mogok saat di-launching, Selasa (14/7). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Wali Kota Madiun beserta tamu undangan berkesempatan mencoba bus Mabur. Namun, sesaat sebelumnya salah satu armada bus wisata itu mogok. Sejumlah petugas Dinas Perhubungan berusaha mengatasinya dengan cara mendorong di antara sejumlah kendaraan yang sedang parkir di depan Balai Kota.

Awalnya, upaya mendorong dilakukan maju. Namun, tak kunjung membuahkan hasil. Kemudian, satu unit bus yang dicat dengan warna dominasi hitam dan merah didorong mundur. Mesin bus yang ditempeli logo Peceland itu akhirnya menderu. “Kurang sajene (sesajinya),” celetuk salah seorang petugas Pemkot Madiun sembari tersenyum.

2. Wali kota tidak menanggapi serius 

Pikat Turis, Pemkot Madiun Luncurkan Tiga Bus Pariwisata Wali Kota Madiun, Maidi. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Saat dikonfirmasi terkait insiden itu, Wali Kota Madiun Maidi tidak menanggapi serius. Bahkan, ia bertanya kepada wartawan tentang unit bus Mabur yang mogok. “Yang baru atau lama. Kalau mogok biar saya sopiri,” ujarnya.

Ketiga bus Mabur baru dibeli Pemkot beberapa waktu lalu. Sedangkan, yang lama merupakan bus sekolah yang juga diikutkan dalam rombongan wali kota untuk mencoba rute pariwisata yang ditawarkan Pemkot Madiun.

“Berangkatnya dari sini (depan Balai Kota) kemudian berjalan dengan rute yang telah ditentukan. Jarak tempuhnya dibagi tiga,” ujar Maidi.

3. Meski diluncurkan, operasionalnya ditunda karena pandemik

Pikat Turis, Pemkot Madiun Luncurkan Tiga Bus Pariwisata Bus wisata Mabur siap dioperasionalkan di Kota Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Bus pariwisata akan dioperasionalkan dengan melewati sejumlah destinasi wisata, di antaranya Carrefour, Bosbow, Tugu Pendekar di Proliman, Dumilah Park, dan Pahlawan Street Center. Selain itu, Masjid dan makam Taman, Masjid dan Makam Kuncen.

“Karena saat ini masih pandemik COVID-19, untuk sementara operasionalnya kami tunda. Awalnya, sudah direncanakan untuk pembatasan jumlah penumpang setiap bus,” kata Maidi sembari menyatakan operasional bus Mabur dijalankan petugas dari Dinas Perhubungan Kota Madiun.

Baca Juga: MPLS, Sejumlah Siswa di Kabupaten Madiun Terima Bantuan Pulsa Internet

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nofika Dian Nugroho di IDN Times Community dengan judul Tarik Wisatawan, Pemkot Madiun Siapkan Bus Mabur 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya