Comscore Tracker

Tahun Baru, Semua Wisata di Banyuwangi Ditutup Sementara

Penutupan dilakukan 31 Desember - 3 Januari

Banyuwangi, IDN Times - Satgas COVID-19 Kabupaten Banyuwangi mengeluarkan sejumlah kebijakan selama masa libur tahun baru 2021 untuk menekan sebaran COVID-19. Beberapa kebijakan tersebut antara lain pembatasan jam operasional kafe dan restoran, membubarkan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Bahkan seluruh destinasi wisata juga ditutup untuk sementara.

Regulasi itu merupakan hasil rapat koordinasi (Rakor) Forpimda Banyuwangi. Beberapa poin aturan baru disampaikan dalam surat edaran Satgas COVID-19 sesuai hasil Rakor yang berlangsung Selasa (29/12/2020).

"Ada sembilan poin yang kami keluarkan sebagai upaya pencegahan COVID-19 di Banyuwangi. Intinya,  kami bersama untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kami berusaha agar masyarakat tidak terkena COVID-19," ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin, Selasa (29/12/2020).

1. Sembilan poin utama yang disepakati

Tahun Baru, Semua Wisata di Banyuwangi Ditutup SementaraSatgas COVID-19 Banyuwangi saat rapat koordinasi bersama Forpimda. IDN Times/Istimewa

Sembilan poin utama dalam surat edaran yang telah disepakati yakni penutupan seluruh destinasi wisata, karaoke, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan-mall.

Selain itu, juga dilakukan pembatasan jam operasional kafe dan tempat makan lainnya dari pukul 07.00 - 20.00. Toko-toko juga diatur buka mulai pukul 10.00 - 18.00. Seluruh peraturan tersebut berlangsung pada tanggal 31 Desember - 3 Januari 2021.

2. Hotel wajib berlakukan rapid antigen 

Tahun Baru, Semua Wisata di Banyuwangi Ditutup SementaraSatgas COVID-19 Banyuwangi saat rapat koordinasi bersama Forpimda. IDN Times/Istimewa

Selain itu, Satgas COVID-19, kata Arman juga akan melarang kegiatan yang bersifat keramaian dan perayaan pada malam Tahun Baru. Seluruh pengunjung hotel dan tempat penginapan juga wajib menunjukkan hasil negatif rapid antigen.

"Satgas akan membubarkan setiap kerumunan di malam tahun baru dan setelah tahun baru. Kami juga akan aktif melakukan operasi yustisi protokol kesehatan COVID-19 secara mobile," ujarnya.

Dandim 0825 Letkol Inf. Yuli Eko menambahkan, Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang berpotensi dikunjungi banyak orang. Pihaknya bersama Satgas COVID-19 bakal mengambil langkah lebih tegas untuk pencegahan penularan COVID-19.

“Banyuwangi jadi salah satu tujuan wisata di Jatim. Libur akhir tahun ini kunjungan wisatawan berpotensi meningkat, yang akan berpotensi menjadi kluster penularan virus. Maka satgas sepakat untuk mengambil langkah lebih tegas,” ujar Dandim.

Baca Juga: Positif COVID-19, Plt Direktur RSUD Genteng Banyuwangi Meninggal Dunia

3. Akan ada patroli lebih ketat 

Tahun Baru, Semua Wisata di Banyuwangi Ditutup SementaraIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Satgas juga akan melaksanakan kegiatan patroli dan melaksanakan imbauan kepada masyarakat. "Kalau masih masih ngeyel melanggar aturan dan protokol kesehatan, dapat dikenakan sanksi dari mulai teguran lisan hingga denda," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Mujiono mengatakan, apa yang dilakukan Satgas Banyuwangi ini berdasarkan sejumlah rekomendasi dan data peningkatan kasus COVID-19. Setiap hari, di Banyuwangi ada penambahan kasus covid-19 berkisar 30 - 70 orang.

"Ini perlu menjadi perhatian kita semua. Memang per minggu ini Banyuwangi sudah keluar dari zona merah menjadi zona orange. Namun, hal ini bukan berarti kami lebih kendor, justru harus semakin patuh pada protokol kesehatan, agar tidak kembali ke zona berbahaya,” kata Mujiono.

Mujiono menjelaskan bahwa dalam SE sejumlah poin yang diatur akan diberlakukan dari 31 Desember - 3 Januari 2021, termasuk penutupan tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

"Termasuk meniadakan aktivitas di semua ruang terbuka hijau (RTH) di semua kecamatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan," katanya.

Baca Juga: Zona Merah, Pariwisata Banyuwangi Tetap Buka saat Libur Nataru

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mohamad Ulil Albab di IDN Times Community dengan judul Libur Tahun Baru, Seluruh Wisata di Banyuwangi Ditutup Sementara

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya