Comscore Tracker

Jatim Park Dibuka, Pengelola Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Pembelian tiket dilakukan secara online

Batu, IDN Times - Transisi new normal yang diberlakukan pemerintah memberikan angin segar bagi para pengelola tempat wisata. Beberapa lokasi wisata sudah mulai kembali beroperasi meskipun dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19 yang sangat ketat. Salah satunya adalah Jawa Timur Park yang kembali beroperasi, meskipun belum seluruhnya. 

1. Pembelian tiket dilakukan secara online

Jatim Park Dibuka, Pengelola Terapkan Protokol Kesehatan KetatMeski belum banyak, wisatawan mulai banyak yang datang ke Jatim Park II. IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk tahap awal, baru tiga wahana di Jatim Park II yang kembali beroperasi yakni Secreet Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park mulai Sabtu (27/6). Untuk jam operasionalnya masih tetap normal sama seperti pandemik coroba yakni pukul 08.30 hingga 16.30 WIB. Kembali beroperasinya wahana wisata tersebut setelah mendapat lampu hijau dari pemerintah Kota Batu. Namun, pembukaan tersebut juga tetap harus mengikuti protokol pencegahan COVID-19 secara ketat. Pihak pengelola sendiri untuk sementara waktu tidak melayani pembelian tiket secara langsung. Para wisatawan yang ingin berwisata di Jatim Parak juga harus mengisi form kesehatan terlebih dahulu. 

"Untuk pembelian tiket dilakukan secara online. Lalu pengunjung juga diwajibkan mengisi form data diri juga riwayat kesehatan. Kemudian data diserahkan ke petugas jaga di pintu masuk untuk dicheck," ucap Manager Marketing & Public Relation Jatim Park Group, Titik S Ariyanto, Sabtu (27/6). 

2. Pengunjung jalani pemeriksaan ketat

Jatim Park Dibuka, Pengelola Terapkan Protokol Kesehatan KetatPengunjung wisata Jatim Park II wajib mencuci tangan dan memakai masker saat di area wisata. IDN Times/ Alfi Ramadana

Setelah menyerahkan form data diri dan riwayat kesehatan, para pengunjung tak serta merta langsung bisa masuk begitu saja. Mereka harus melewati pemeriksaan fisik mulai dari pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo scanner kemudian mencuci tangan terlebih dahulu dan harus melewati area penyemprotan disinfektan. Tidak hanya itu, pengunjung juga wajib mengenakan masker atau face shield selama di area wisata. Pengelola juga menyiapkan cukup banyak wastafel untuk mencuci tangan di bagian dalam area wisata yang bisa digunakan pengunjung. 

"Jika pengunjung dalam kondisi baik dan sehat setelah melewati serangkaian prosedur pengecekan, maka mereka baru boleh masuk ke dalam area wisata. Tetapi kalau saat pengecekan ditemukan ada pengunjung yang suhu tubuhnya melebihi 37,5 derajat, maka akan kami serahkan kepada tim gugus tugas COVID-19 yang ada di area depan untuk observasi lebih lanjut," tambahnya. 

3. Akan evaluasi setelah dua pekan

Jatim Park Dibuka, Pengelola Terapkan Protokol Kesehatan KetatPara petugas tengah memberi makan satwa di kawasan Secreet Zoo Jatim Park II. IDN Times/ Alfi Ramadana

Setelah resmi kembali beroperasi, secara bertahap nantinya prosedur pelayanan di Jatim Park II serta protokol pencegahan COVID-19 ini bakal dievaluasi secara bertahap. Hasil evaluasi juga akan menjadi pertimbangan untuk melihat apakah wahana wisata lain di lingkup Jatim Park Group bisa kembali beroperasi. Saat ini masih ada beberapa wahana wisata seperti Jatim Park I, Museum Angkut, Jatim Park III, Batu Night Spectacular hingga Predator Fun Park yang masih belum beroperasi. 

"Kami akan menunggu perkembangannya seperti apa serta melihat hasil evaluasi selama dua pekan kedepan seperti apa. Jika memang memungkinkan dan Pemerintah Kota Batu juga mengizinkan, maka wahan wisata yang lain juga akan segera buka untuk beroperasi kembali," sambungnya. 

4. Hari pertama buka masih sepi

Jatim Park Dibuka, Pengelola Terapkan Protokol Kesehatan KetatHari pertama kembali beroperasi masih belum terlalu banyak wisatawan yang datang ke Jatim Park II. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun sudah kembali beroperasi, antusiasme pengunjung yang datang berwisata ke Jatim Park II masih belum sepenuhnya ramai. Untuk hari pertama pembukaan baru ada sekitar kurang dari 200 pengunjung saja. Padahal pada hari normal pengunjung Jatim Park II bisa mencapai 1000 orang pada hari kerja dan 3000 hingga 4000 orang saat akhir pekan. Namun demikian, Titik menilai masih sepinya pengunjung tersebut bukan lantaran masyarakat tak berminat untuk berwisata, tetapi lebih kepada mereka menunggu momen yang tepat untuk kembali berwisata. 

"Ini masih hari pertama dan pengunjung masih tidak lebih dari 200 orang. Untuk pengunjung sendiri hari ini ada yang dari Malang, Yogyakarta, dan terjauh dari Pekalongan," jelasnya. 

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Jatim Park 3 Disemprot Disinfektan

5. Wisatawan tak keberatan dengan protokol pencegahan COVID-19

Jatim Park Dibuka, Pengelola Terapkan Protokol Kesehatan KetatWisatawan harus melewati area penyemprotan disinfektan sebelum masuk ke kawasan wisata Secreet Zoo, Jatim Park II. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Kota Batu, Hera Mai mengakui tak masalah dengan protokol pencegahan COVID-19 yang diterapkan pengelola Jatim Park Group. Menurutnya hal itu demi keamanan dan tentunya kenyamanan bagi wisatawan sendiri. Memang secara prosedur lebih kompleks ketimbang saat sebelum pandemik corona. Tetapi secara umum hal itu merupakan pencegahan yang efektif agar para wisatawan juga benar-benar terpoteksi dengan baik. 

"Kalau saya pribadi lebih nyaman seperti ini karena untuk proteksi juga. Apalagi saya datang dengan keluarga. Tentu dengan adanya protokol pencegahan COVID-19 ini bisa memproteksi juga," pungkasnya. 

Baca Juga: Wisata Jatim Park 1 Malang: Rute Lokasi, Harga Tiket, dan Fasilitas

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Jatim Park Mulai Kembali Beroperasi dengan Protokol COVID-19 Ketat   

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya