Comscore Tracker

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  

Kerajinan hingga kuliner lengkap tersedia

Tak hanya terkenal akan seni reognya yang unik, Ponorogo juga menyimpan puluhan wisata alam, religi, bahkan kuliner yang menarik untuk diexplore. Tak heran, kota ini selalu ramai menjadi incaran wisatawan ketika hari libur tiba. Nah, berwisata tak akan lengkap rasanya jika tak belanja oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Tak perlu bingung dan khawatir, Ponorogo sediakan beragam pilihan oleh-oleh mulai dari kerajinan hingga jajanan yang khas. Berikut 10 rekomendasi oleh-oleh khas Ponorogo favorit para wisatawan. Tertarik untuk beli yang mana, nih?

Baca Juga: 7 Kuliner Tradisional Ponorogo yang Menggugah Selera

1. Topeng Reog Mini 

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  Topeng Reog Mini (instagram.com/cintyanayurlin)

Rekomendasi yang pertama jatuh pada topeng reog mini. Seperti yang kita tahu, seni reog Ponorogo telah sangat melekat dan populer di Indonesia. Tak heran jika topeng reog mini selalu menjadi oleh-oleh incaran setiap wisatawan yang datang.

Topeng unik ini memiliki detail yang indah, dan kualitas bahan yang gak main-main. Untuk pajangan, atau mainan untuk anak-anak cocok banget, deh!

2. Gerabah Plancungan 

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  Gerabah Plancungan (instagram.com/gerabahplancungan)

Oleh-oleh terkenal khas Ponorogo lainnya adalah gerabah Plancungan. Telah menjadi warisan turun-temurun, pengrajin gerabah di desa Plancungan masih rajin mengolah tanah liat menjadi barang berdaya guna hingga kini.

Kamu bisa menemukan vas bunga, teko, kendi, hingga cangkir di sini. Tak hanya bernilai fungsi tinggi, beberapa benda yang ditawarkan juga biasa dikreasikan berwarna-warni. Tak heran, produk gerabah Plancungan juga kerap kali menjadi souvenir pernikahan khas Ponorogo. Menariknya, para pengrajin gerabah ini menerima pesanan sesuai dengan keinginan kamu, nih!

Baca Juga: Wakil Indonesia Pamerkan Kostum Nasional Bertema Reog di MGI 2022

3. Kerajinan Bambu 

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  Kerajinan Bambu (youtube.com/Jumhurul Umami)

Produk kerajinan lain yang biasa menjadi incaran wisatawan adalah kerajinan bambu. Produk kerajinan ini terkenal memiliki nilai estetika yang tinggi. Kamu bisa temukan cangkir, teko, keranjang, hingga celengan berbahan dasar bambu yang telah diukir dengan sangat indah.

Hasil ukiran yang dihasilkan biasa bermotif batik, hingga ilustrasi wajah para pahlawan Indonesia, lho! Harga yang ditawarkan juga telah disesuaikan dengan tingkat kesulitan pembuatannya, ya! Borong, yuk!

4. Rompi Reog Ponorogo 

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  Rompi Ponorogo (instagram.com/singomudhoterate)

Sudah pernah melihat langsung penampilan seni reog Ponorogo belum, nih? Ketika tampil, kamu akan melihat seorang protagonis bernama Patih Bujangganong, atau yang biasa disebut dengan ganongan mengenakan rompi khas berwarna merah ketika menari.

Menariknya, kostum unik ini juga dijual bebas sebagai oleh-oleh khas Ponorogo, lho! Harga yang ditawarkan juag sangat murah, mengingat benda ini bernilai seni tinggi. Tertarik untuk beli gak nih?

5. Jenang Mirah 

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  Jenang Mirah (instagram.com/jenangmirahponorogo)

Tak hanya produk kerajinan saja, kamu bisa memborong camilan-camilan nikmat sebagai oleh-oleh dari Ponorogo. Camilan pertama yang paling terkenal adalah Jenang Mirah. Masih populer hingga kini, siapa sangka oleh-oleh legendaris yang satu ini telah ada sejak tahun 1955.

Rasanya yang manis, dengan tekstur yang legit tak pernah berubah dari dulu hingga kini. Cocok banget untuk dibagikan pada orang tua, nih!

6. Thoring (Lentho Garing) 

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  Thoring (facebook.com/Shansiyie Olshop)

Sangat unik, thoring merupakan versi kering dari kuliner lentho yang disukai banyak orang. Memiliki tekstur krispi dan rasa yang gurih, kamu dijamin gak akan bosan deh makan kuliner yang satu ini.

Selain itu, thoring dapat dengan mudah kamu temukan di setiap pusat oleh-oleh khas Ponorogo, lho! Hanya dengan Rp15 ribu saja, kamu dapat membawa pulang camilan renyah ini.

7. Gethuk Golan 

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  Gethuk Golan (ponorogo.go.id)

Memiliki tampilan yang berbeda dengan getuk pada umumnya, gethuk golan biasa disajikan dengan ketan/jadah serta parutan kelapa dan gula cair yang sangat manis.

Sesuai dengan namanya, gethuk ini dapat kamu temukan di Desa Golan, Ponorogo. Kuliner ini telah menjadi kuliner turun-temurun di Desa Golan. Wajib banget coba, nih!

8. Serabi kuah khas Ponorogo 

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  Sabi Kuah Ponorogo (ponorogo.go.id)

Ketika mengunjungi Ponorogo, kamu pasti menemukan banyak pedagang serabi kuah di setiap sudut kota. Mulai dari perempatan Tonatan, Tambak Bayan, perempatan pasar Pon, perempatan pabrik es, bundaran timur pasar Legi, hingga perempatan Bangunsari ada. Uniknya, para pedagang surabi ini mulai berjualan sejak pukul 4 pagi. Wow! Mampir sejenak ketika perjalanan pulang, bisa banget nih.

Perpaduan rasa manis, gurih, krispi dengan sedikit aroma tanah yang berasal dari kereweng, tidak akan kamu temukan di daerah lainnya, deh!

9. Madu Mongso 

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  Ilustrasi rujak petis (instagram.com/ferry_susia)

Madu mongso adalah camilan nikmat yang dibuat dari ketan hitam yang difermentasi, lalu dimasak dengan gula dalam waktu yang lama. Menariknya, kuliner ini hanya disajikan untuk para raja saja, di kala masa Mataram Kuno.

Kini madu mongso telah dijual bebas di semua pusat oleh-oleh, dengan harga yang terjangkau, nih!  Kamu harus coba manisnya, deh! 

10. Bumbu Rujak Petis Welirang 

10 Oleh-oleh Khas Ponorogo, Paling Diburu Wisatawan!  Madu mongso (instagram.com/jajan_legendaris)

Selain berbagai camilan, Ponorogo juga khas akan kuliner rujak petis Welirang yang sangat nikmat. Tak heran, banyak wisatawan yang tertarik untuk membawa pulang bumbu racik rujak petis  ini, agar bisa membuatnya sendiri untuk keluarga di rumah.

Bumbu rujak petis ini juga bisa kamu temukan di semua pusat oleh-oleh khas Ponorogo, lho! Langsung angkut, yuk! 

 

Gak bingung lagi nih, beli oleh-oleh apa untuk keluarga tercinta. Yang mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Legendaris, Ini Dia 6 Rekomendasi Sate Ayam di Ponorogo

EGYDIA ARTAMEVIA Photo Community Writer EGYDIA ARTAMEVIA

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya